Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang

Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang

destinasi wisata pulau kemaro
Destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang

1. Pulau kemaro Palembang

Pulau kemaro adalah salah satu objek wisata yang patut dikunjungi jika anda berkunjung ke kota Palembang atau kota pempek ini, yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera Ikon dari kota palembang ini sendiri atau lebih tepatnya masih terletak di delta Sungai Musi. Nama Pulau Kemaro sendiri diberikan penduduk setempat karena tempat ini selalu kering dan tidak pernah berair bahkan ketika air pasang, yang menjadikan pulau ini sebagai pulau terapung.
Bagi para etnis Cina lokal yang tinggal di kota Palembang Pulau Kemaro sendiri adalah tempat yang sangat spesial. Hal ini dikarenakan di pulau ini, terdapat pagoda dan kuil-kuil yang menjadi bukti sejarah keberadaan dari etnis cina di negeri sriwijaya ini. Selain itu pulau ini juga sangat berkaitan erat dengan sebuah legenda yang mengatakan bahwa tempat ini muncul sebagai bukti cinta Putri Siti Fatimah (putri Raja Sriwijaya) dengan kekasihnya.  Mungkin Kisahnya mirip dengan Romeo dan Juliet.

Legenda Yang Ada Di Pulau Kemaro Palembang

https://suara1996.blogspot.com
Legenda pulau kemaro

Legenda ini dimulai pada akhir abad ke-14 ketika seorang pangeran dari Cina, Tan Bu An, datang ke Palembang untuk belajar. Setelah tinggal di sini selama beberapa waktu, ia jatuh cinta dengan putri Siti Fatimah. Dia kemudian datang ke istana untuk melamarnya. Orangtua Siti Fatimah memberikan persetujuan namun dengan satu syarat; Tan Bu An harus memberikan hadiah. Tan Bu An kemudian mengutus bawahannya untuk kembali ke China dan meminta semacam hadiah dari ayahnya untuk diberikan kepada Raja. Segera setelah itu, utusan itu kembali dengan sayuran dan buah-buahan. Tan Bu An terkejut dan marah karena ia berharap ayahnya memberikan guci Cina, keramik dan uang.
Dia melemparkan muatan kapal tersebut ke Sungai Musi, dia tidak tahu bahwa sebenarnya  ayahnya menaruh uang di dalam sayuran dan buah-buahan tersebut. Karena dia malu setelah mengetahui tentang kesalahannya, dia mengumpulkan yang telah dibuangnya ke sungai dan Tan Bu An tidak pernah kembali lagi karena ia tenggelam bersama dengan sayuran dan buah-buahan tersebut.

Ketika Siti Fatimah mendengar tentang tragedi itu, dia berlari ke sungai dan menenggelamkan diri untuk mengikuti kekasihnya. Sebelum itu, dia meninggalkan pesan: "Jika Anda melihat sebuah pohon tumbuh di sebidang tanah di mana aku tenggelam, ini akan menjadi pohon cinta kita".
Sang putri kemudian tenggelam dan kemudian sebidang tanah muncul di permukaan sungai. Masyarakat setempat percaya bahwa ini adalah makam pasangan kekasih tersebut dan karena itu, mereka menyebutnya "Pulau Kemaro" yang berarti meskipun air pasang di Sungai Musi, pulau ini akan selalu kering.
Etnis Tionghoa setempat percaya bahwa nenek moyang mereka, Tan Bun An, tinggal di pulau ini. Oleh karena itu, daerah ini selalu ramai selama Tahun Baru Cina. Pada tahun 2006, pagoda dibangun sebagai tempat ibadah dan untuk acara lainnya. Pagoda ini memiliki 9 tingkatan. Oleh masyrakaat lokal pulao kemarau menjadi destinasi wisata yang cukup unik dan eksis apalagi di kalangan para remaja lokal. Hal ini dikarenakan adanya sebuah pohon yang dipercayai bisa membuat hubungan menjadi langgeng. Pohon tersebut oleh masyarakat lokal diberi nama pohon cinta.

Fasilitas di Pulau Kemaro Palembang

destinasi wisata pulau kemaro
Klenteng hok tjing rio pulau kemaro

Ada beberapa fasilitas yang berada di kawasan wisata pulau delta Musi ini, diantaranya ada Pagoda 9 lantai. Pagoda dengan 9 lantai ini dibangun pada tahun 2006 dan merupakan salah satu bagian dari klenteng.
Selain itu ada bangunan Klenteng Hok Tjing Rio yang usianya sudah sangat tua. Klenteng ini dibangun pada tahun 1962 dan merupakan klenteng Tionghoa yang sering disebut Klenteng Kuan Im.
Di depan klenteng, ada makam dari pangeran Cina yang bernama Tan Bun An dan makam putri raja yang bernama Siti Fatimah. Kedua orang ini yang namanya tersemat sebagai legenda pulau tersebut. 

Cara Menuju ke Pulau Kemaro di Palembang

destinasi wisata pulau kemaro
Naik perahu atau ketek kepulau kemaro

Pulau Kemaro terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Untuk menuju ke Palembang, Anda dapat mengambil penerbangan ke bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, yang terletak di jalan Tanjung Api-Api. Bandara ini bahkan dapat diakses dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Cina, dan Thailand. Jarak antara bandara dan Sungai Musi adalah sekitar 6 km. Anda dapat naik taksi atau mobil sewaan dari bandara.
Bagi Anda yang ingin memakai jasa taksi, nomor telepon taksi Blue Bird di Kota Palembang adalah 0711 – 36 1111 atau 0711 – 36 6450. Ataupun anda juga dapat memesan jasa layanan ojek online yang sudah tersedia di kota palembang seperti grab ataupun gojek untuk menuju ke pusat kota. 
Di Pusat Kota, ada 9 sarana transportasi publik termasuk tujuh bus kota dari berbagai tujuan yang dapat membawa Anda ke Ampera dengan biaya kurang lebih hanya Rp5.000,00. Ataupun angkot. Untuk rute perjalanan angkot bisa anda lihat agar tidak tersesat.
Dari Pasar 16 ataupun benteng kuto besak, Anda dapat menggunakan perahu atau menyewa perahu cepat atau ketek yang akan memakan waktu sekitar 30 menit dari Jembatan Ampera menuju pulau kemarau ini. Harga sewa perahu motor tersebut sekitar Rp 150 ribu pp. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
Ada juga sebagian wisatawan bisa mendapatkan harga sewa perahu yang lebih murah. Semua tergantung dari kepandaian Anda dalam menawar harga. Satu perahu motor dapat mengangkut kurang lebih 10 orang. Sambil menunggu keberangkatan anda dapat menikmati kuliner makanan yang ada di sepanjang sungai musi ini yang rasanya enak dan beragam, ataupun bisa belanja terlebih dahulu. Selama perjalanan anda dapat menikmati pemandangan yang ada. Jangan lupa abadi kan kenangan anda. Apalagi pada saat kita berada di perahu atau ketek dengan backgroud jembatan ampera dibelakang kita pasti akan terlihat lebih indah.
destinasi wisata pulau kemaro
Bersama teman lebih asik

Hal yang harus diperhatikan jika berkunjung kepulau kemaro Palembang

1.Sebaiknya wisatawan membawa payung untuk berjaga-jaga jikalau hujan turun.

2.Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

3.Di Pulau Kemaro tidak terdapat mesin ATM, oleh karena itu bawalah uang tunai secukupnya untuk bertransaksi atau hanya sekedar untuk melepaskan dahaga di salah satu warung sederhana yang berada di pulau ini.

4.Cobalah makanan yang enak terdapat di pulau kemarau ini. Atau pun jika ingin lebih hemat bisa membawa bekal terlebih dahulu.

5.Lebih asik jika ke pulau kemarau ini bersama-sama teman maupun orang tersayang.

6.Dipulau kemarau ini juga bagus sebagai sarana tempat diskusi atau family gathering yang cukup nyaman baik bagi komunitas maupun organisasi.

7.Dan yang paling penting ialah buanglah sampah pada tempatnya.

destinasi wisata pulau kemaro
Admin di Pulau Kemaro

Akhir kata

Itulah dia mengenai destinasi wisata pulau kemaro yang ada di kota palembang sumatera selatan.

2 comments for "Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang"

  1. Iya kalo main ke Palembang tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Apalagi bagi etnis cina dan lainnya. Menyajikan pemandangan yang tak akan anda lupakan. Selain itu juga jangan lupa untuk memakan khas kota palembang pempek kapal selam.

    ReplyDelete
  2. Iya apalagi tentang kisah cinta nya yang membuat kita terharu dari pengorbanan mereka ditambah lagi pemandangan nya yang menarik. Ada juga pohon yang dipercaya dapat menyatukan cinta seseorang loh.

    ReplyDelete