Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI

BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI
BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI
BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona
BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI

Infeksi virus Corona bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.
Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

1. Demam

2. Batuk

3. Sesak napas.

Menurut penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona.
dikutip dari https://www.alodokter.com/infeksi-virus menyatakan bahwa nfeksi virus adalah kondisi ketika virus masuk ke dalam tubuh seseorang, kemudian menyerang sel tubuh dan berkembang biak. Terdapat banyak ragam infeksi virus, tergantung organ tubuh yang terkena. Meskipun tidak semua, tetapi kebanyakan infeksi virus menular dari orang ke orang, contohnya flu, herpes, dan HIV. Sedangkan beberapa jenis infeksi virus lain menular melalui gigitan hewan atau benda yang terkontaminasi virus.

Jadi benarkah infeksi virus corona dapat menyebar melalui barang impor maupun smartphone?
BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI

terlebih lagi indonesia merupakan salah satu negara yang mengimport barang dari negara cina. selain barang indonesia juga mengimport bahan mentah dan makanan. nah yang mengkhawatirkan saya yakni bagaimana jika virus corona juga dapat tersebar melalui makanan. fakta nya negara indonesia sendiri mengimport bahan komoditas pangan dengan jumlah besar seperti bawang putih, cabai segar, cabai kering, dan bahkan tembakau. walaupun belum ada laporan penyebaran virus corona melalui makanan ada baiknya kita waspada dan hati-hati.
Baru-baru ini banyak sekali beredar didunia maya baik itu facebook,twitter, instagram maupun whatsapp isu tentang penyebaran virus corona lewat barang import dan yang lebih anehnya lagi lewat smartphone maupun internet. dikutip dari https://www.suara.com/news/2020/01/27/163437/kemenkes-virus-corona-tak-menular-lewat-barang-impor-dari-china Kementerian Kesehatan RI meluruskan isu yang beredar di masyarakat jika virus corona bisa menyebar melalui barang-barang impor dari China. Isu tersebut dipastikan salah. Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto menjelaskan virus corona tidak akan pernah bisa hidup jika menempel di benda mati sehingga masyarakat tidak perlu takut menggunakan barang-barang dari China.
"Virus ini hanya bisa hidup di sel hidup, oleh karena itu terkait dengan barang-barang dan sebagainya sudah dengan tentu ini bukan sel hidup, sehingga ini juga akan mati sehingga sangat tidak memungkinkan kalau ini menular melalui barang-barang, pakaian atau produk apapun sehingga ini juga harus kami jelaskan ke masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait itu," kata Achmad dalam konferensi pers di Kemenlu, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).
Namun, dia tetap meminta masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup bersih agar terhindar dari virus apapun temasuk corona.

bagaimana cara penyebaran virus corona?
BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa coronavirus juga menular dari manusia ke manusia.
Seseorang dapat terinfeksi coronavirus melalui berbagai cara, yaitu:
1. Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus Corona.
2. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita.
3. Kontak jarak dekat dengan penderita, seperti bersentuhan atau berjabat tangan.
Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi lebih berisiko menyerang orang tua, serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh lemah.

Komplikasi Virus Corona

Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius berikut ini:
1. Pneumonia
2. Infeksi sekunder pada organ lain
3. Gagal ginjal
4. Acute cardiac injury
5. Acute respiratory distress syndrome
6. Kematian

Penyebaran virus corona didunia

Hingga Jumat (31/1/2020) siang, setidaknya 21 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus virus 2019-nCoV di wilayahnya. Negara yang baru saja mengonfirmasi penemuan kasus virus ini yaitu Italia, Filipina, dan India. Banyaknya korban meninggal dunia juga meningkat menjadi 213 orang. Total penemuan kasus positif terjangkit virus corona pun bertambah cepat, dari 7.864 kasus pada Kamis (30/1/2020), menjadi 9.816 kasus pada Jumat (31/1/2020). Lantas, negara mana saja yang mengonfirmasi penemuan kasus di
wilayahnya?
1. China
2. India
3. filifina
4. italia
5. uni emirat arab
6. malaysia
7. jepang
8. kore selatan
9. taiwan
10. thailand
11. australia
12. singapura
13. amerika serikat
14. nepal
15. kamboja
16. kanada
17. prancis
18. srilangka
19. vietnam
20. jerman
21. finlandia
walaupun sudah diterangkan oleh kementerian kesehatan bahwasanya penyebaran virus corona tidak bisa melalui benda-benda mati namun ada baiknya kita sementara waktu untuk tidak membeli produk cina terlebih dahulu itupun demi keselamatan anda sendiri. terutama jika itu masalah pangan seperti bawang putih maupun cabai ada baiknya kita langsung membeli dari hasil petani kita sendiri. jika perlu anda tanam sendiri selain hemat biaya kesegaran dan kesehatan pangan tersebut bisa terjamin.

Post a Comment for "BENARKAH VIRUS CORONA MENYEBAR MELALUI MAKANAN, BARANG, PAKAIAN DARI CINA ANDA HARUS WASPADA 21 NEGARA TERINFEKSI"