Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Tips Mencari Advokat Yang Baik

10 TIPS DALAM MENCARI ADVOKAT / PENGACARA YANG BAIK

10 tips mencari advokat yang baik
Tips mencari advokat yang baik

Dalam hal menangani suatu masalah anda tentu saja masih dapat menyelesaikannya sendiri, akan tetapi jika permasalahan itu telah berlarut-larut apalagi menyangkut persoalan hukum kita tentunya membutuhkan bantuan dari seorang pengacara atau advokat. Dalam memilih seorang advokat saudara harus tau dan memperhatikan hal berikut ini. Agar anda tidak merasa kecewa dengan advokat anda dalam menangani persoalan anda.

1. Telusurilah terlebih dahulu bidang kekhususan/keahlian advokat anda

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik

Ya memang benar anda harus menelusuri terlebih dahulu bidang keahlian advokat anda, apakah sudah sesuai dengan persoalan hukum yang anda hadapi? Jika iya sudah sesuai maka tentu anda sudah memilih dengan benar jika tidak anda dapat mencari jasa advokat lainnya yang sesuai dengan persoalan dan kebutuhan anda.
Ada Beberapa advokat dapat bekerja secara baik di luar dari keahlian mereka, namun demikian banyak yang tidak mengetahui dengan baik nuansa pada bidang hukum lainnya hanya terfokud pada satu bidang atau beberapa bidang hukum saja.  Oleh karena itu, seandainya Anda membutuhkan advokat di bidang kontrak/perjanjian, janganlah anda menggunakan jasa advokat diluar bidang kontrak ataupun perjanjian.

2. Tinjau terlebih dahulu tarif atau harga dari jasa advokat tersebut.

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik


Cukup banyak client yang mengeluh apabila diminta tarif atau uang yang sangat besar hal ini dimungkinkan karena  Anda lalai untuk meninjau tarif/biaya jasa advokat ini sebelum menyetujui untuk menggunakan jasa advokat tersebut. Tanyakan terlebih dahulu tarifnya berapa apakah bisa dinegosiasikan? Jika tidak bisa ataupun terlampau tinggi dan tidak bisa anda bayar. Silakan mencari advokat lainnya yang lebih terjangkau dengan keuangan dan ekonomi anda.

Untuk lebih jauh mengenai tarif advokat silakan anda cari referensi baik di google maupun langsung bertanya ke advokat yang bersangkutan ataupun saudara anda yang paham mengenai hal ini. Seandainya jika ada advokat yang sejak awal sudah menyinggung tarif untuk biaya lainnya misalkan sogok, sebaiknya langsung Anda hindari advokat tersebut. Karena kode etik sudah melarang advokat membebankan biaya yang tidak perlu kepada klien.

3.Pilihlah advokat karena dia suportif/mendukung/bersimpati serta mempunyai keahlian dibidangnya.

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik

Advokat yang bersimpati terhadap situasi Anda dengan advokat yang dapat memenangkan kasus Anda atau menangani perkara bisnis Anda cukup memiliki perbedaan, semuanya itu anda butuhkan dan perlukan untuk menangani kasus anda baik itu simpati maupun kemampuan dari advokat itu. Anda Janganlah hanya melihat pada dukungan/simpati yang diberikan, tapi juga perhatikanlah keahlian advokat tersebut. Seorang advokat yang baik menurut saya ialah yang bersimpati sekaligus mempunyai keahlian untuk memenangkan kasus anda. Hal ini dikarena adanya perlu kepercayaan antara seorang advokat dengan clientnya. Jika anda belum menemukan advokat yang bersimpati dan keahlian untuk menyelesaikan persoalan anda silakan anda cari lagi terlebih dahulu ke lembaga bantuan hukum lainnya yang lebih berkompeten.

4. Advokat harus bersedia memberikan kesediaan waktu buat anda.

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik

Seandainya Anda menggunakan jasa advokat yang tidak memiliki cukup waktu untuk menangani kasus Anda, kebutuhan hukum Anda dapat terabaikan bahkan akan menyebabkan masalah anda menjadi berlarut. Pastikan bahwa Anda telah membicarakan kepada advokat anda untuk menjadwalkan waktu pertemuan dan membahas permasalahan anda serta membuat hubungan kepercayaan. Oleh karena itu carilah advokat yang dapat memenuhi kebutuhan waktu tersebut sehingga permasalahan anda dapat diselesaikan dengan baik tanpa  mengeluh.

5. Janganlah anda memilih advokat pertama yang ditemukan.

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik


Sama halnya Saat ingin membeli rumah, Anda tentunya tidak membeli rumah pertama yang Anda lihat, anda perlu membandingkan dengan rumah berikutnya. Apakah harganya sudah pas?, apakah anda nyaman dengan rumah tersebut?, apakah lokasi rumah tersebut strategis dan baik? Bahkan masih banyak hal lainnya yang perlu anda pertimbangkan. Begitu juga dengan mencari advokat. Anda harus mencari terlebih dahulu referensi baik nama, keahlian advokat itu, kualitasnya, bidangnya dan lain sebagainya. Barulah kemudian anda pilih secara bijak dengan pertimbangan yang sudah matang.

6. Usahakan bertemu secara langsung dengan advokat tersebut.

10 tips mencari advokat yang baik
10 tips mencari advokat yang baik

Telah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan hal biasa saja saat ini untuk melakukan komunikasi bisnis hanya melalui e-mail dan telepon. Menurut saya Hal ini tidaklah bagus untuk menjalin hubungan yang penting seperti antara Anda dengan advokat Anda. Anda perlu bertemu dengan advokat tersebut secara langsung untuk membicarakan permasalahan anda lebih intens. Jika dimungkinkan pilihlah lokasi advokat anda sesuai dengan tempat tinggal anda. Agar lebih mudah berkomunikasi.

7. Tidak asal memilih haruslah dengan melakuan penelusuran terhadap advokat.


Carilah referensi, pergi ke perpustakaan hukum setempat dan carilah informasi mengenai advokat, baik secara online, atau menelepon asosiasi advokat setempat. Jangan memilih advokat tanpa menelusuri latar belakangnya terlebih dahulu. Berbincang dengan orang lain yang pernah bekerja dengan advokat akan memberikan keuntungan/pandangan lebih. Tanyakan latar belakang advokat tersebut, perilaku, kompetensi/kemampuan, dan 

8. Usahakanlah bahwa advokat tersebut yang menangani persoalan anda bukan orang lain.

Ini ialah sesuatu hal yang sangat penting untuk diPastikan bahwa advokat yang Anda temui akan menangani persoalan-persoalan Anda dan tidak mengalihkannya pada advokat lainnya yang masih belum berpengalaman.

9. Pilihlah advokat bukan berdasarkan hubungan keluarga.

Hanya karena keponakan Anda atau saudara ipar dari saudari tetangga Anda adalah seorang advokat, tidak berarti orang ini adalah orang terbaik untuk menangani kebutuhan hukum Anda. Belajarlah untuk menolak tawaran-tawaran semacam itu dengan sopan. Coba anda telusuri terlebih dahulu latar belakangnya, bagaimana dengan kasus yang pernah ditanganinya? Apakah selesai atau masih ngambang? Hanya untuk bahan rujukan anda dalam memilih advokat. Jika advokat yang masih keluarga anda tersebut memang kemampuannya sudah bagus maka tidak apa bagi anda untuk memilihnya. Apabila tidak usahakan anda menolak tawaran itu dengan baik dan tetap menjalin silahturahmi antar keluarga.

10. Datanglah dengan kesiapan yang cukup matang.

Waktu adalah uang, terutama ketika bekerja dengan advokat yang menagih Anda dengan tarif per-jam. Jika Anda datang tanpa persiapan untuk meeting/rapat, Anda hanya dapat menyalahkan diri sendiri pada akhirnya. 

Post a Comment for "10 Tips Mencari Advokat Yang Baik"