Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya
Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019. Terdapat beberapa pembaruan yang cukup besar pada versi baru ini. Berikut ini informasi terkait beberapa pembaruan yang dimaksud:


A. SARANA PRASARANA
Seiring pemanfaatan data Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk program pendidikan, kebutuhan informasi Sarpras semakin berkembang. Pembaruan data Sarpras diharapkan dapat mendukung evaluasi dan perumusan kebijakan serta transaksional yang menggunakan data Sarpras. Pembaruan pada data Sarpras ini paling signifikan. Data Sarpras akan lebih dirinci dan dibagi dalam tiga submenu, yaitu:

1. Tanah & bangunan
Pendataan Sarpras yang sebelumnya mendata ruangan-ruangan yang ada di sekolah kini akan lebih berkembang. Sekolah diharapkan dapat memberikan informasi tambahan berupa data tanah serta bangunan yang digunakan oleh ruangan tersebut.
    •  Tanah
Data tanah yang sebelumya ada pada menu sekolah, kini akan berpindah pada menu Sarpras. Selain data luas tanah yang telah diisi sebelumnya, informasi terkait tanah diharapkan dapat memuat ukuran serta dokumen kepemilikan.

    •  Bangunan
Data bangunan akan dikelompokkan berdasarkan lokasi tanah. Pada data bangunan diharapkan dapat memuat informasi jumlah lantai pada sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.

2. Ruang
Menu Ruang memuat data prasarana pada aplikasi versi sebelumnya. Pada menu ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana diharapkan akan diketahui jumlah ruangan pada sebuah bangunan. Selain informasi kondisi ruang, informasi tambahan yang diharapkan diisi dari sekolah adalah ukuran dari setiap komponen bangunan.

3. Alat, Angkutan dan Buku
Menu ini berisi data sarana yang dikelompokkan menjadi 3 komponen utama yaitu:
    •  Alat
Menu alat berisi data peralatan pendidikan yang berada pada setiap ruang. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis alat dan diharapkan diketahui berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.
    •  Angkutan
Pembaruan data sarana salah satunya yaitu pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk operasional sekolah. Informasi yang diminta adalah berupa jenis angkutan serta kepemilikan dan dokumen kendaraan.
    •  Buku
Referensi buku baik jenis buku teks dan buku non-teks semakin diperkaya. Sekolah diharapkan dapat mengisi dengan lengkap informasi buku, jumlah, status kelaikan serta lokasi buku berada.


B. PESERTA DIDIK
Pembaruan selanjutnya pada menu Peserta Didik, yaitu ada penambahan atribut baru dan mengingatkan kembali informasi terkait prosedur mutasi dan kelulusan.
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar peserta didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Peserta Didik Tidak Lulus
Sesuai informasi sebelumnya bahwa proses kelulusan untuk peserta didik tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Bagi peserta didik yang tidak lulus, prosedur yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan data peserta didik yang tidak lulus tersebut melalui Manajemen Dapodikdasmen untuk Dinas Pendidikan.
3. Peserta Didik Mutasi
Untuk peserta didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi pada Dapodik dilakukan setelah Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan sudah melakukan sinkronisasi dengan versi baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemetaan siswa mutasi ke dalam rombel.


C. GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)
Pembaruan selanjutnya adalah pada menu GTK, yaitu adanya penambahan atribut baru berupa:
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.



Demikian informasi yang kami sampaikan. Setiap satuan pendidikan diharapkan dapat menyiapkan dokumen-dokumen dan data yang dibutuhkan untuk selanjutnya diinput oleh petugas pendataan untuk kelancaran proses pendataan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Semester 2 sudah berjalan kurang lebih 1 bulan sejak Januari 2019, seiring pergantian Tahun Ajaran dari semester ganjil ke semester genap, maka Aplikasi Dapodik juga akan mengalami pembaharuan ke yang lebih baik. Rilies Aplikasi Dapodik Versi 2019.c.
Sebelumnya rilies Aplikasi Dapodik versi 2019.b yang mana masih adanya bug seperti data siswa double, siswa yang sudah di mutasi kembali muncul ke aplikasi dapodik. Maka dari itu rilies aplikasi terbaru versi 2019.c yang gunanya untuk memberikan kualitas yang lebih baik lagi. Beberapa pembaharuan dalam aplikasi dapodik versi 2019.c diantaranya kapasitas server dapodikdasmen yang akan ditingkatkan, pada tanggal 4 Februari 2019 pukul 24.00 wib akan ada penutupan server, hal ini akan diberitahukan mengenai Pemberitahuan / pengumuman setelah semua pembaharuan selesai dan di uploud pada website :

Dikutip dari laman resminya dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pemutakhiran data untuk semester 2 ( Genap ) Tahun Ajaran 2018/2019 akan dilakukan menggunakan aplikasi Dapodik versi baru 2019.c yang rencananya akan dirilies pada akhir bulan Februari silahkan tunggu sampai aplikasi tersebut diluncurkan.
Pada Semester 2 ( Genap ) Tahun Ajaran 2018/2019 harus memasukkan data NIK ( Nomor Induk Kependudukan ), kenapa sekarang harus menyiapkan data NIK, pastinya Para Operator sudah banyak yang tau bahwa untuk selanjutnya NISN siswa sudah tidak menjadi kewajiban dalam hal input data siswa, melainkan sudah diganti dengan NIK ( Nomor Induk Kependudukan ). Sudah banyak yang membahas di media sosial dan website mengenai hal itu.
Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

Dalam pendataan Dapodikdasmen versi 2019.c Kepala Sekolah harus berperan aktif dalam memimpin dan mengawal dalam proses pendataan sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 5749/D/R/2018 tentang masalah pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 bahwa pihak kepala sekolah mempunyai kewajiban dalam mengawal proses input dan output Dapodikdasmen sekaligus memperhatikan akurasi masing-masing entitas data.

Prefill Dapodik versi 2019c

berikut pernyataan dan himbauan kepada seluruh operator dan kepala sekolah yang dikutip dari halaman resmi diatas.
Sebagai persiapan menjelang dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen versi baru tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah sebagai berikut:
Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

1. Kapasitas Server Dapodikdasmen akan ditingkatkan

Sehubungan dengan proses peningkatan kapasitas server ini, maka akan dilakukan maintenance terhadap server Dapodikdasmen. Aktivitas sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen akan ditutup mulai Tanggal  04 Februari 2019 pukul 23.59 WIB sampai dengan pemberitahuan/pengumuman lebih lanjut.

2. Persiapan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru

Pemutakhiran data untuk Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019 dilakukan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru (Versi 2019.c) yang direncanakan akan dirilis pada akhir Februari 2019 (akan diumumkan pada laman ini)

3. Persiapan data-data Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019

Sekolah untuk mempersiapkan kelengkapan data di Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019, dan salah satu kelengkapan data agar menjadi perhatian untuk dipersiapkan adalah : NIK (Nomor Induk Kependudukan)

4. Kepala Sekolah berperan aktif memimpin dan mengawal proses pendataan
Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5749/D/R/2018 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 bahwasannya Kepala Sekolah berkewajiban mengawal proses input dan output Dapodikdasmen sekaligus memperhatikan akurasi masing-masing entitas data.
Jadi segera persiapkan diri anda dan kelengkapan berkas baik itu data siswa maupun data sekolah anda sambil menanti keluarnya update dapodik versi 2019c ini.

UPDATE TELAH DIRILIS DAPODIK 2020 SILAKAN ANDA DOWNLOAD
Untuk mendownload aplikasi dapodik versi 2020 silakan anda pantau terus di halaman ini http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
JIKA ALAMAT DIATAS TIDAK BISA DIAKSES ANDA BISA LANGSUNG KEMARI ARTIKEL INI. LINK ALTERNATIF DAPODIK 2019C TERLENGKAP DAN BARU.
KARENA DI ARTIKEL DIATAS TELAH SAYA UPDATE KUMPULAN LINK UNDUHAN DAPODIK 2019C BESERTA PREFIIL DAPODIK 2019C DAN PANDUANNYA.

3 comments for "Update rilies Aplikasi dapodikdasmen 2020 Jangan sampai Terlewatkan ini waktunya"

  1. PANDUAN CARA MENGISI DATA PLT KEPALA SEKOLAH DARI JENIS PTK KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI APLIKASI DAPODIK VERSI 2019C

    ReplyDelete
  2. cara menyiapkan rombel untik siswa mutasi masuk bagaimana ya?

    ReplyDelete
  3. Bagaimana kalo aplikasi lambat diperbaharui atau sdh terlewatkan versi 2019 c ke 2019 d ???

    ReplyDelete