Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN


7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN
7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

Kita mungkin sama berpendapat bahwa hujan itu merupakan berkah dari yang Maha Kuasa. Namun bagi anda yang harus bekerja maupun pergi sekolah, saya rasa hujan ini menjadi momok yang menakutkan. Terutama bagi anda yang hanya mempunyai kendaraan roda dua sepeda motor. Mau tidak mau anda harus tetap berangkat menerjang derasnya hujan.

CARA AMAN BERKENDARA


Anda pun sudah tahu bahwa resiko berkendara ketika hujan itu semakin meningkat terlebih lagi jika jalan yang anda lalui licin dan tergenang air hujan. Jalanan berlubang dan tergenang air seringkali membuat terjadi kecelakaan. Terutama bagi anda yang tidak berhati-hati siap saja terkena musibah ini.

Licinnya jalan ini tak hanya disebabkan air hujan saja melainkan adanya debu yang menempel di jalanan. Ketika hujan debu jalanan ini akan bercampur dengan air sehingga jalanan pun menjadi licin.
Saya sarankan bagi anda ketika hujan untuk berhenti terlebih dahulu dan menepi mencari tempat berteduh. Barulah setelah hujan reda anda melanjutkan perjalanan.

CARA BERKENDARA DIKALA HUJAN
7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

Namun bagi anda yang masih nekat karena harus pergi bekerja ataupun ke sekolah. Anda bisa menyimak cara aman berkendara motor saat hujan berikut.

1. PAKAILAH JAS HUJAN

Saat anda berkendara ketika hujan sebaiknya anda menggunakan jas hujan. Rekomendasi dari saya gunakanlah jas hujan mode single, jangan anda menggunakan jas mode tandem yang tidak terlalu efektif. Selain itu jas hujan mode tandem ini akan membuat anda kesulitan berkendara.

2. KURANGI KECEPATAN
7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

Agar anda aman dalam berkendara motor ketika hujan terlebih ketika jalannya licin. Sangatlah saya sarankan untuk tidak pernah memacu kecepatan sepeda motor seperti biasanya. Walaupun pada saat  itu anda harus cepat berangkat kerja maupun kesekolah.
Kurangilah kecepatan sepeda motor anda saat hujan dan jalan licin. Hal ini anda lakukan agar anda bisa waspada akan bahaya di jalanan seperti jalan tergenang air yang ada lubangnya.

3. GUNAKAN REM PERLAHAN
7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

Bagi anda yang sedang berkendara ketika hujan turun usahakan anda tidak melakukan pengereman mendadak. Pengereman mendadak yang anda lakukan bisa meningkatkan resiko kecelakaan. Hal ini terjadi karena kondisi ban anda menjadi selip pada saat jalan licin.
Gunakan teknik pengereman yang baik pada saat hujan yakni dengan melepaskan tuas gas secara perlahan-lahan dalam jarak aman kemudian secara perlahan-lahan anda menekan rem.  Anda juga harus mengkombinasikan rem depan dan belakang. Untuk jalanan licin berpasir sebaiknya anda mengurangi penekanan pada rem depan dan menekan juga rem belakang seperti biasa. Tidak saya sarankan untuk menggunakan rem depan saja karena hal ini bisa menyebabkan anda terbalik.
Jika memang sangat diperlukan gunakan juga engine brake yang di motor anda. Engine brake ini akan sangat membantu anda dalam melakukan pengereman saat jalan licin.
Selain itu aturlah juga jarak aman anda dengan kendaraan lain agar anda terhindar dari pengereman mendadak yang membahayakan.

4. NYALAKAN LAMPU MOTOR

Agar anda aman dalam berkendara pada saat hujan maupun mendung nyalakanlah lampu pada sepeda motor anda. Terlebih lagi pada saat hujan jarak pandang anda akan menjadi berkurang. Tak hanya itu kondisi disekitar anda pun akan sedikit menjadi lebih gelap dari biasanya.
Jika anda tidak menghidupkan lampu motor anda akan sangat susah melihat kondisi jalanan.  Penggunaan lampu motor ini juga sebagai pertanda kepada pengendara lainnya agar anda terlihat oleh mereka.
7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN

5.  TINGKATKAN KEWASPADAAN

Ketika anda berkendara sepeda motor pada saat hujan sebaiknya anda lebih meningkatkan kewaspadaan. Terlebih lagi kondisi jalanan yang licin serta adanya banyaknya genangan air yang mungkin dijalanan tersebut berlubang ataupun rusak.
Selain itu anda juga harus lebih waspada saat berkendara sepeda motor pada malam hari terlebih lagi pada saat hujan tengah berlangsung.

6. TEKNIK MENIKUNG

Pada saat anda berkendara dan ingin menikung di jalanan licin sebaiknya anda sudah menurunkan kecepatan laju sepeda motor anda. Selain itu jangan lah anda memiringkan sepeda motor anda terlalu miring saat menikung karena akan menyebabkan bahaya kecelakaan yang tinggi.

7. STOP

Jika hujan menjadi lebih deras dan jarak pandang anda terganggu sebaiknya anda stop terlebih dahulu melanjutkan perjalanan anda. Selain terhindar dari bahaya kecelakaan anda juga bisa menjaga kondisi tubuh anda karena masih ada hari esok yang menanti anda.
Bagaimaana setelah mendapatkan tips cara aman berkendara sepeda motor pada saat hujan jalanan licin diatas apakah anda masih takut berkendara di kala hujan. Jika anda masih takut anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun bisa menaik ojek online.

Post a Comment for "7 CARA AMAN BERKENDARA MOTOR SAAT HUJAN JALAN LICIN"