Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI


8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI
8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

Anda sebagai pemilik kendaraan sudah menjadi suatu kewajiban bagi anda untu mencuci sepeda motor anda. Bersihnya sepeda motor anda juga sendiri mencerminkan bahwa anda peduli dan sayang terhadap kendaraan anda.
Namun demikian juga banyak sekali orang mungkin juga termasuk anda pemilik sepeda motor yang malas sekali mencuci dan membersihkan sepeda motor dalam kondisi kotor baik di bagian bodi, kaki-kai maupun mesinnya.

KOMPONEN INI MUDAH RUSAK

Padahal harus anda ketauhi bahwa jika sepeda motor anda bersih juga mempengaruhi usia komponen yang dimiliki sepeda motor anda. Sebaliknya jika jarang dibersihkan komponen sepeda motor anda akan cepat sekali rusak.
Terlebih lagi jika itu pada musim hujan anda akan sangat malas sekali untuk mencuci sepeda motor anda. Anda akan beranggapan bahwa mencuci sepeda motor di musim hujan itu pekerjaan yang sia-sia saja karena motor anda nantinya akan kotor dan terkena air hujan lagi.
Tak sepenuhnya anggapan anda itu saya salahkan, namun sebenarnya itu perkara yang salah besar karena jika motor anda tidak segera anda cuci ketika terkena air hujan. Motor anda nantinya akan mengalami beberapa masalah. Hal ini terjadi karena air hujan juga banyak sekali mengandung garam yang dapat merusak komponen sepeda motor anda.

KOMPONEN YANG AKAN RUSAK JIKA MOTOR JARANG DIBERSIHKAN
8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

Berikut ini adalah beberapa komponen yang akan rusak jika sepeda motor anda jarang sekali anda bersihkan.

1. RANTAI DAN GEAR

Jika anda jarang sekali mencuci sepeda motor terlebih ketika anda baru sudah menerjang hujan komponen rantai dan gear yang ada di sepeda motor anda akan cepat sekali rusak.
Rantai dan gear sepeda motor yang tidak dicuci terlebih lagi ketika terkena air hujan yang mengandung air garam pastilah nantinya rantai dan gear tersebut akan sangat mudah berkarat dan juga molor atau aus.
Anda pun tahu bahwa komponen rantai dan gear ini sangat vital bagi sepeda motor, jadi tentunya anda harus lebih sering membersihkannya.

2. SHOCKBREAKER
8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

Sepeda motor yang jarang dicuci akan menyebabkan usia shockbreaker anda menjadi berkurang dan mudah sekali rusak. Jika kondisinya cukup parah debu ataupun kotoran yang menempel bisa membuat as shockbreaker sepeda motor anda tergores sehingga nantinya mau tidak mau harus menggantinya dengan as yang baru.
Tak hanya itu shockbreaker atau spring belakang per bisa berkarat dan akan mengurangi kekuatannya.

3. MESIN

Jika sepeda motor jarang sekali dicuci tentu saja kotoran ataupun debu akan menempel pada bagian mesin. Jika hal ini anda biarkan berlarut-larut maka nantinya akan menyebabkan performa mesin akan berkurang.
Tak hanya itu pembuang panas dari mesin pun akan terganggu jika anda jarang sekali mencuci sepada motor anda. Sehingga nanti nya kinerja dari sepeda motor anda semakin berat.

4. BEARING ATAU LAKER
8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

Tak hanya pada mesin jika sepeda motor anda jarang sekali dibersihkan juga akan berpengaruh pada bearing atau laker yang terdapat pada kaki-kaki sepeda motor.
Penyumbatan kotoran ataupun debu pada bearing atau laker akan menyebabkan performa komponen tersebut tidak akan maksimal.

5. BODY MOTOR

Untuk bagian motor ini akan terlihat dengan jelas sekali dampak nya jika sepeda motor anda jarang sekali anda cuci. Kotoran ataupun debu yang menempel di sepeda motor jika jarang dibersihkan nantinya akan membuat debu ataupun kotor itu melekat dan sangat sulit dibersihkan.
Tak hanya itu jika terlalu lama tidak dibersihkan body motor anda akan berjamur. Jika sudah demikian untuk membersihkannya pun akan menjadi lebih sulit.

6.  KAMPAS REM
8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI

Komponen rem yang terkena hujan dan tidak segera dicuci akan terus menerus menimbun kotoran. Jika kotoran tersebut tidak segera anda bersihkan nantinya akan menimbulkan bunyi decitan ketika roda motor berputar. Tak hanya itu kotoran pun bisa merusak piringan cakram rem dari sepeda motor anda.

7. SUSPENSI

Sepeda motor yang jarang sekali dicuci terlebih lagi ketika hujan akan menyebabkan suspensi dari sepeda motor anda akan ada suara decitan yang tidak enak didengarkan.
Hal ini bisa terjadi ketika air hujan akan melarutkan pelumas yang ada di suspensi sepeda motor anda. Oleh karena itu segeralah anda bersih dan lap.

8. TUTUP BUSI

Jika sepeda motor anda jarang sekali anda bersihkan komponen lainnya seperti busi juga akan mengalami gangguan. Gangguan pada busi ini terutama akan menyebabkan kelistrikkan sepeda motor akan terganggu.
Anda pun sudah tahu sendiri bahwasanya komponen tutup busi ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Tak hanya sebagai penyambung antara kabel koil ke busi fungsi juga sebagai menghilangkan kebocoran arus antar sambungan busi serta menjaga resistensi internal yang tinggi.
Bagaimana dengan adanya ulasan diatas masihkah anda tidak mau mencuci sepeda motor anda sesering mungkin. Terlebih lagi jika itu musim hujan.

Post a Comment for "8 KOMPONEN INI MUDAH RUSAK JIKA MOTOR JARANG DICUCI"