Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

kip-kuliah.kemdikbud.go.id INI DIA 10 SOLUSI MASALAH KIP KULIAH YANG TERKENDALA

kip-kuliah.kemdikbud.go.id INI DIA 10 SOLUSI MASALAH KIP KULIAH YANG TERKENDALA
kip-kuliah.kemdikbud.go.id INI DIA 10 SOLUSI MASALAH KIP KULIAH YANG TERKENDALA


Solusi permasalahan saat mendaptar kip kuliah di situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps. seperti kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terdaptar, mengirim ulang email, kode akses masuk kip kuliah, contoh detail ayah, contoh detail ibu, kolom no kip dan kss tidak bisa di klik.



kesalahan NIK NISN NPSN

Apabila ada kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, Silahkan koordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ 
Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan

Kirim Ulang Email

https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email

pendaptaran KIP KULIAH

  1. https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  2. masukan nomor induk kependudukkan (NIK)
  3. ISI NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN)
  4. ISI NOMOR POKOK SEKOLAH NASIONAL (NPSN)
  5. ISI EMAIL AKTIF ANDA
  6. KLIK PROSES SELANJUTNYA.
  7. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasiNIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah;
  8. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akseske alamat email yang didaftarkan;
  9. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri);
  10. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi;
  11. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Pendaftaran juga dapat dilakukan secara mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

PERSYARATAN PENERIMA KIP KULIAH KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahunsebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodidengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

verifikasi kip kuliah

verifikasi kip kuliah Dilakukan dengan cara melihat kelayakan peserta kip kuliah berhak atau tidak dengan membuktikan dengan surat keterang tidak mampu.

kode akses kip kuliah

kode akses kip kuliah hanya diberikan kepada peserta yang telah lolos validasi kip kuliah melalui email aktif.

kolom No. KIP dan No. KKS di KIP Kuliah Biodata tidak bisa diisi

Solusinya adalah dengan melakukan update data Dapodik Siswa, Setelah melakukan pembaruan data dapodik. Kalian kembali login KIP Kuliah dan lakukan sinkronisasi ulang lagi. Jika sudah maka akan muncul nomor No. KIP atau No. KKS yang telah diinput di dapodik.

contoh detail ayah dalam kip kuliah

Detil Ayah - Detil ayah : ceritakan tentang ayah kalian mulai hal pekerjaan, kesehatan (sakit atau sehat), kehidupan sehari-hari, kerja dimana, penghasilan dll secara singkat yang mencerminkan kondisi ayah anda. Jika sudah meninggal tambahkan keterangan meninggal.
ayah saya pekerjaan nya sehari-hari sebagai buruh tani setiap hari ia bekerja ke sawah milik tetangga saya. penghasilan dari ayah saya ini terkadang tidak cukup untuk makan sehari-hari. penghasilannya pun tidak menentu dari buruh tani. ditambah lagi ayah saya ini mempunyai penyakit asma yang membuat ia kesulitan bernafas ketika bekerja.

contoh detail ibu dalam kip kuliah

ibu saya bekerja sebagai tukang cuci pakaian tetangga, ibu saya harus mengurus saya dan adik saya yang masih kelas 4 SD. penghasilan ibu saya sebagai tukang cuci pakaian tidaklah menentu tergantung dari tetangga yang ingin mencuci pakaiannya. penghasilannya sekitar 30 ribu sehari jika banyak cucian.

alasan pengajuan koreksi data

kondisi ekonomi keluarga sekarang, tanggungannya berapa, hutang berapa, beban yang sedang dihadapi, dll".  Kenapa sih kok muncul kolom ini? karena anda masuk dalam desil >4 sepertinya.
contoh ekonomi keluarga sedang memburuk tanggungan orang tua anda punya 3 orang anak satu sedang sekolah smp. dan keluarga anda memiliki hutang yang besar untuk membiayai pendidikkan dan kebutuhan sehari-hari dimana penghasilan keluarga anda tidak cukup. misalkan penghasilan ayah anda hanya 1.000.000 sedangkan kebutuhan sehari-hari dan pendidikkan bisa mencapai 1500.000. isikan juga cicilan rumah kontrak anda yang belum dibayar.
baca juga TERKENDALA NISN JALUR SNMPTN SBMPTN AJUKAN VALIDASI LULUSAN.

muncul pemberitahuan informasi sosial ekonomi anda belum terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial dtks kemensos

itu berarti NIK atas nama kalian belum terdaftar di DTKS kemensos sebagai penerima BDT. Lakukan pendataan ke kantor dinas sosial setempat.

SELAIN ITU ADA BANYAK MASALAH LAIN SEPERTI Gagal karena NIK tidak terdaftar, NPSN SALAH, BAHKAN KESALAHAN PENULISAN NAMA.

1 comment for "kip-kuliah.kemdikbud.go.id INI DIA 10 SOLUSI MASALAH KIP KULIAH YANG TERKENDALA"

  1. Mohon bantuannya pak/Bu setelah kita terdaftar KIP secara online apa perlu lagi pak di ajukan Surat rekomendasi ke kantor lurah setempat
    Terima kasih pak/Bu

    ReplyDelete