Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS


40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Kabupaten Berau dikenal sebagai daerah wisata alam bawah laut, tidak hanya oleh wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan adalah terutama Pulau Derawan, Pulau Maratua dan gugusan-gugusan pulau kecil disekitarnya. Bertambahnya akomodasi tidak diiringi dengan bertambahnya kunjungan wisatawan. Pada tahun 2017, terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang signifikan sebesar 165,98 persen dari tahun 2016, baik dari tamu asing maupun domestik. Jumlah tamu di Kabupaten Berau pada tahun 2017 mencapai 207.780 orang yang terdiri dari 4.376 orang tamu asing dan 203.404 orang tamu domestik.

Salah satu obyek wisata yang sudah terkenal dan mendunia adalah Pulau Derawan, keindahan pemandangan bawah lautnya menjadikan pulau ini salah satu tujuan pada diver dari seluruh penjuru dunia. Selain Pulau Derawan, destinasi tujuan wisatawan lainnya adalah Pulau Maratua yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menyimpan berbagai macam pesona alam yang berbeda untuk setiap pulaunya. Salah satunya adalah Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau yang dipenuhi ubur-ubur tidak berbisa.
Pembangunan sektor pariwisata diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dalam struktur perekonomian. Selain itu, dengan semakin berkembangnya daerah wisata, akan menciptakan lapangan kerja serta kesempatan berusaha bagi masyarakat di sekitarnya sehingga pendapatan masyakarakat juga meningkat. Sektor pariwisata Kabupaten Berau sangatlah potensial dan dapat menjadi daerah utama tujuan wisata di Kalimantan Timur. Beberapa tempat dan jenis wisata di Kabupaten Berau yang menjadi daya tarik wisata saat ini terdiri dari wisata alam, sejarah dan budaya.

WISATA BERAU

berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di kabupaten berau yang cocok dijadikan tempat nongkron santai bersama keluarga, teman maupun pasangan.

1. Taman Wisata Alam Pulau Sangalaki
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Sangalaki adalah sebuah pulau nan indah seluas 15,9 ha di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan berkilau dengan lebar sekitar 12-15 meter serta perairan sekitarnya terdapat Taman Laut yang dikenal sebagai Wisata Selam (diving) dengan biota laut yang sangat beragam dan keberadaan Ikan Pari Manta akan menjadikan liburan Anda takkan terlupakan sepanjang hidup. Pasir pantai di sekitar pulau ini berwarna putih bersih, dan pasirnya terasa halus di kaki. Garis pantai Pulau Sangalaki juga begitu landai, sangat nyaman untuk bermain air ataupun berenang.
Bila mengelilingi Pulau Sangalaki hanya butuh waktu 30 menit, Anda dapat menyaksikan berbagai satwa liar diantaranya ketam kelapa, biawak, elang bondol, burung gosong Filipina, kuntul karang and burung laut lainnya. Saat penyu naik ke daratan untuk bertelur pun menjadi pemandangan yg ditunggu para wisatawan. Pulau Sangalaki jg merupakan tempat bertelur utama bagi penyu hijau di kawasan Asia Tenggara. Pada malam hari bisa ditemui puluhan penyu yg datang kesini. Setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yg mampir ke pulau ini.
Di perairan Pulau Sangalaki ini biasanya Anda juga bisa bertemu dengan gerombolan ikan Pari Manta yang sedang meliuk-liuk indah di dalam laut. Pari manta yang berbentuk seperti layang-layang ini bisa mencapai lebar 7 m. Saat malam tiba ditemani rembulan malam yang sangat indah, Anda dapat menyaksikan sekumpulan Ikan Pari Manta yang menuju pulau ini. Hewan air yang semakin langka ini suka berkeliaran disekitar Pulau Sangalaki karena disini banyak tersedia makanan mereka yang berupa Plankton.
Selain itu keberadaan panorama bawah laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia. Mereka akan merasakan surga dunia bawah laut Pulau Sangalaki dengan beberapa titik spot yang sangat menakjubkan seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue,Eel Ridge,Lighthouse dan The Rockies. Buat Anda yang ingin mengeksplorasi seluruh eksotisme alam di Pulau Sangalaki tentu saja snorkeling dan diving adalah hal yang wajib dilakukan.
Di Pulau ini juga tersedia Resort Sangalaki Dive Lodge yang mempersiapkan sarana penginapan dan perlengakapan penyelaman. Pulau satu ini jg memiliki keindahan saat senja mulai menjemput. Anda bisa menikmati keindahan sunset di Sangalaki. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan, Anda bisa menggunakan Pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Atau anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan.
Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Sementara speed boat yang ada di Pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp 400.000 untuk menuju ke Pulau Sangalaki. Tidak seperti Pulau Derawan yang setiap jumat disinggahi oleh Kapal Cepat, Pulau Sangalaki tidak mempunyai fasilitas ini. Jadi satu-satunya cara adalah menggunakan speed boat sewaan.
Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

2. Wisata Mangrove Tanjung Batu
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Wisata mangrove akan menjadi alternatif tujuan wisata baru bagi pengunjung yang selama ini biasanya hanya melewati pelabuhannya untuk dapat menuju Pulau Derawan. Lokasi wisata yang berada di pinggir pantai ini menyajikan pemandangan yang luar biasa. Perpaduan keindahan dalam hutan mangrove dan pantai Tanjung Batu, akan menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Apalagi wisata seperti ini juga baru bagi masyarakat Kabupaten Berau pada khususnya, dan masyakarat luas pada umumnya.
Rute untuk menuju lokasi wisata ini pun mudah dijangkau. Berjarak sekitar 200 kilometer dari pusat kabupaten yakni Tanjung Redeb, hutan mangrove bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam 51 menit perjalanan. Jalanan mulus beraspal juga semakin memudahkan pengendara atau pengunjung yang hendak menuju ke sana.
Selain memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alamnya, wisata ini juga menawarkan sesuatu yang cukup menarik, yakni dengan adanya jogging track (lintasan joging). Bagi pengunjung atau wisatawan yang hobi berolahraga, pastinya ini menjadi tantangan baru untuk dapat menaklukkan lintasan joging yang digadang sebagai jogging track terpanjang di Indonesia ini.
Tj. Batu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

3. Danau Labuan Cermin 
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Bukan pantai bukan pula pegunungan, tempat ini merupakan danau yang memiliki keindahan yang membuat berdecak kagum siapa saja yang mengunjunginya. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.
Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal 200.000 untuk perjalanan pulang-pergi, dan akan lebih murah jika Anda datang bersama rombongan. Sesampainya di sana dijamin pengunjung akan dibuat terpana oleh kecantikan danau ini. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut inipun bisa terlihat dengan jelas. Mengapa dinamakan Labuan Cermin? Ini dikarenakan Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.
Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari. Konon bupati setempat memang mengembangkan Labuan Cermin sebagai destinasi wisata diawali dengan menetapkan kawasan ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung, setelah itu akan dilengkapi sarana penunjang yang akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan danau sejuk yang memiliki dua rasa ini.
Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya. Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.
Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.   

4. Wisata Air Panas Biatan
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Obyek wisata Air Panas Asin Pemapak di Kampung Biatan Bapinang, Kecamatan Biatan, Kab. Berau dinilai memiliki potensi yang sangat bagus untuk dijual dan dikembangkan. Namun disayangkan, kondisinya dianggap masih memprihatinkan dengan pengelolaan yang masih sangat tradisional, sehingga belum layak dijual.
Mata air panas atau sumber air panas adalah mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air yang keluar suhunya di atas 37 °C (suhu tubuh manusia), namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih. Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra.
Biatan Bapinang, Biatan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

5. Danau telaga biru
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Bumi Batiwakal Berau menyimpan potensi wisata yang tak ada habisnya. Teranyar, adalah Telaga Biru. Bisa dikata tempat wisata yang oleh warga setempat disebut Tulung Ni'Lenggo ini adalah Danau Labuan Cermin versi air tawar.telah tersedia perahu dayung, serta wahana flying fox melintasi telaga. Pengunjung juga bisa berenang santai sambil snorkling dengan pemandangan dasar telaga yang menakjubkan.
Tembudan, Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6. Taman Wisata BBL
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Taman wisata Bumi Bangun Lestari terletak di Kecamatan Sambaliung, desa Trans Bangun. Letaknya sekitar 5 km dari pusat kota, Tanjung Redeb. Taman wisata ini baru saja dibuka awal Juli 2017.
Begitu memasuki kawasan taman, Travel Lovers akan mendapati hutan karet yang asri. Terdapat banyak zona nyaman untuk bermain bersama buah hati. Aneka ayunan dari tali, bambu, dan ban bekas bergelantungan di sekitar area taman.
Taman wisata Bumi Bangun Lestari juga menyuguhkan arena outbound untuk anak. Beberapa sepeda disediakan untuk mengarungi rute sepeda yang sudah ada. Jaring tali untuk memanjat, serta rumah pohon yang paling banyak diminati.
Tak hanya itu, taman ini memiliki beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk melepas lelah atau menikmati makanan.  Bagi umat muslim, tersedia fasilitas musala untuk menunaikan kewajiban.
Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

7. Taman Sanggam
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Taman pada hakikatnya adalah ruang terbuka yang ditanami dengan tumbuhan seperti halnya bunga. Dapat juga dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul masyarakat. Berau sendiri memiliki sebuah taman kebanggan yang dibangun pada 2011 yaitu Taman Sanggam, berlokasi di Jalan Milono, Kel. Bugis, Kec Tanjung Redeb, Karang Ambun, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur 77312.
Taman Sanggam dahulu juga tempat berkumpul, karena merupakan pasar tradisional yang disebut Pasar Gayam. Namun, pada 2007 silam, si jago merah melahap seluruh bangunan maupun kios pedangang. Nama taman tersebut diambil dari sebutan Kecamatan Tanjung Redeb. Sanggam itu merupakan kepanjangan Sehat Anggun Gairah Aman Manusiawi. Kata tersebut juga berarti indah, elok maupun bersih.
Taman Sanggam memiliki fasilitas seperti perpustakaan umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mencari pengetahuan sembari menghabiskan waktu di taman tersebut. Bagi orangtua yang membawa anaknya, juga tidak perlu khawatir. Fasilitas tempat bermain bagi anak-anak turut disediakan.
Jalan Milono, Kel. Bugis, Kec Tanjung Redeb, Karang Ambun, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

8. Taman Cendana
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

namanya Taman Cendana yang terletak tak berapa jauh dari kompleks Kantor Gurbernur Berau. Taman ini agaknya diperuntukkan bagi wisata keluarga, terutama bagi keluarga yang mempunyai anak balita. Selain aneka tanaman yang menarik, di taman ini juga disediakan kursi-kursi taman untuk bersantai.
Jalan APT Pranoto, Berau, Karang Ambun, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

9. Air Terjun Ladujjang
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Merancang Ilir, Gn. Tabur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

10. Kakaban Island
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Kakaban yang hampir 80 persen wilayahnya merupakan danau dengan air jernih berwarna kehijauan, terletak di Desa Payung-payung Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Danau Kakaban yang berada di tengah-tengah pulau ini dihuni oleh ribuan ubur-ubur. Jangan khawatir, Teman Traveler bisa berinteraksi dengan ubur-ubur di Danau Kakaban yang tidak menyengat.
Meski begitu, pastikan mematuhi aturan-aturannya, ya. Pertama, tidak boleh mengenakan sunblock atau krim apapun, karena kandungan zat kimianya bisa mencemari habitat ubur-ubur. Kedua, tidak menggunakan alat bantu renang seperti kaki katak karena dikhawatirkan akan melukai ubur-ubur. Ketiga, dilarang mengangkat ubur-ubur keluar air. Bisa-bisa hewan ini kehilangan keseimbangan. Keempat, kalau masuk ke danau tidak boleh melompat, harus tenang. Agar tidak mengenai ubur-ubur bahkan hingga membunuhnya.
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

11. Pantai Gusung Leppasan, Maratua Teluk Alulu   

Tlk., Tlk. Alulu, Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

12. Mangrove Intepretation Trail
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Tj. Batu, Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

13. Kehe Daeng
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Goa ikan atau kehe daing ini salah satu spot wisata yang wajib di kunjungi jika berlibur di Kepulauan Derawan berbentuk danau. Di spot ini wisatawan bisa bersnorkeling ataupun berenang di air yang biru layaknya kolam pribadi. Wisatawan asal surabaya, Indah menuturkan snorkeling dan berenang di kehe daing memiliki sensasi tersendiri. Terlebih lagi pemandangan di danau yang memiliki air berwarna biru yang jernih. “Seru mas, apa lagi kalau kita foto – foto pasti fotonya ciamik,” tuturnya.
Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati serunya melewati goa karst yang memiliki panjang kurang lebih 7 meter yang berada disisi danau. Di goa ini, wisatawan harus menunduk jika melewatinya. Wisatawan juga bisa berfoto di dalam goa yang juga banyak terdapat telur ikan ini. “Telusur goa nya juga seru walaupun kita harus menunduk bahkan merangkat melewatinya,” serunya.
Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan snorkeling di depan goa tersebut. Wisatawan juga dapat melihat karang – karang cantik serta ikan berwarna – warni yang berenang bebas di karang tersebut. “Banyak sekali ikan yang cantik – cantik mas,” tambahnya.  
Payung-Payung, Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

14. Danau Kakaban Ubur Ubur Emas
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Hal istimewa yang bisa kamu temukan di Pulau ini adalah keberadaan ubur-ubur tanpa sengat di Danau Kakaban. Ubur-ubur tanpa sengat hanya bisa kamu temui di sini atau di Pulau Palau, bagian Kepulauan Mikronesia, Samudra Pasifik.
Dibandingkan dengan Danau Ubur-Ubur di Palau, Danau Kakaban memiliki setidaknya dua. Pertama, dari segi ukuran, Danau Kakaban lebih luas ketimbang Danau Ubur-Ubur di Palau. Luasnya mencapai 390 ha dengan kedalaman maksimal 11 meter. Kedua, Danau Kakaban memiliki lebih banyak jenis ubur-ubur. Palau hanya mempunyai satu jenis ubur-ubur tanpa sengat, yakni Mastigias yang populer dengan sebutan golden jellyfish alias ubur-ubur emas.
Pulau Kakaban, Payung-Payung, Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

15. Manimbora Beach
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Manimbora mungkin belum terlintas dalam benak Anda. Jika berada di Kalimantan Timur, pastilah Pulau Derawan yang lebih dulu Anda tuju. Padahal, Pulau Manimbora memiliki pesona yang bisa membuat Anda lupa berkedip.
Bagaimana tidak, dari kejauhan saja dapat dilihat Pulau Manimbora begitu cantik, dengan pantai pasir putih yang masih bersih, teduh ditumbuhi banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi melambai-lambai, dan langit cerah dengan awan-awan putih berarakan. Siapa yang bisa menolak untuk mampir ke pulau ini?
Meskipun berukuran kecil, Pulau Manimbora memiliki pantai yang cukup luas. Berada di pulau yang juga dijuluki Pulau Spongebob ini, para traveler bisa menjelajahi pantai dengan jalan kaki santai, sambil merasakan hangat matahari, semilir angin bertiup lembut menyentuh pipi, hingga mendengar desir ombak yang menghampiri pantai. Selain berjalan kaki, para traveler juga bisa berenang, bermain air, santai di atas pasir, dan fotografi.
Ampen Medang, Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

16. Pantai Gusung Buaya
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Tlk. Alulu, Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

17. Pantai Ulingan
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pantai Ulingan ini merupakan salah satu investasi dari pengusaha Indonesia yang tertarik untuk membuat pantai ini menjadi lebih terawat dan bisa dinikmati oleh para wisatawan.
Walaupun belum 100 persen rapi, tempat ini juga sudah ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Masih banyak sekali yang harus dibenahi dari Pantai Ulingan ini.
Menyajikan pemandangan pantai yang sangat luar biasa dengan hamparan pasir putih yang membuat Pantai Ulingan ini terlihat semakin indah.
Walaupun terbilang masih sangat baru, nyatanya akses untuk menuju pantai ini sangatlah mudah. Pantai Ulingan juga diyakini bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan pada tahun 2017 ini.
Untuk bisa sampai ke Pantai Ulingan ini, kamu akan menempuh jalur darat yang menghabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam lamanya dari ibukota Kabupaten.
Untuk saat ini, kamu tidak di pungut biaya sama sekali untuk bisa menikmati pemandangan dan berkeliling di Pantai Ulingan.
Cara menuju Pantai Ulingan ini mungkin akan sedikit membingungkan. Karena, belum ada petunjuk arah yang memberi tahu arah untuk menuju ke lokasi.
Supaya lebih mempermudah datang ke Pantai Ulingan, kamu bisa memberi patokan pada gapura selamat datang yang berada di Kampung Tanjung Barat.
Sesampainya di gapura, nanti kamu akan bertemu dengan jalan perkebunan kelapa sawit dan tak jauh dari sana, akan dengan sangat mudah menemukan Pantai Ulingan Kalimantan Timur.
Tj. Batu, Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

18. Kakaban Aquatic
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Kolam renang ini terletak di Jl. Gatot Subroto. Suatu kebanggan buat saya sebagai anak berau karna dibuatnya kolam renang yang dibuat untuk ajang renang Nasional yaitu PON. Kolam renang Kakaban Aquatic ini dibangun diatas tanah sebesar 4 Ha.kolam renang ini bisa menampung kurang lebih 600 pengunjung dan Kakaban Aquatic memiliki lahan parkir yang cukup luas 6..781 meter persegi untuk menampung kendaraan pengunjung 100 untuk roda empat dan 250 untuk roda dua.
Terlihat dari tampak depan terdapat beberapa pilar-pilar yang tinggi itu memberikan aksen dan arti sebagai itu sebuah kolam ditambah warna biru dari atap yang menandakan itu sebuah kolam. 
Kolam ini memiliki 3 kolam yaitu kolam pemanasan,rekreasi dan kolam utama.
Kolam renang utam ini yang digunakan sebagai lomba Nasional. selain ketiga kolam itu ada fasilitas tambahan yaitu Water boom dan kolam loncat indah. Kolam Utama ini memiliki panjang dan lebar 25x50 m, dan kolam ini digunakan sebagai kolam lomba dan latihan para atlet.  Tetapi sesekali ada pengunjung yang berenang ke kolam ini.
Kolam ini memiliki kedalaman 4 m, pada kolam utama terdapat sebuah tribun penonton dan pada bagian bawah tribun terdapat kantor pengurus kolam dan ruang-ruang yang digunakan untuk para atlet berifing dan memperisapkan diri sebelum lomba / latihan.
Tlk., Rinding, Tlk. Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timu.

19. Air Terjun Tembalang
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Untuk lokasinya sendiri terletak di Kampung Tepian Buah dan masih di dalam wilayah Kecamatan Segah. Namun untuk menuju air terjun kamu harus menempuh selama 2 jam dengan berjalan kaki sembari menikmati indahnya alam pedesaan. Tapi dijamin kamu tidak akan kecewa setelah melihat keindahan Air Terjun Tembalang. Sudah pasti nyebur ke kolam air terjunnya menjadi hal yang sangat wajib kamu lakukan. Selain itu kamu juga bisa menyusuri sungai yang ada di lokasi air terjun dengan menggunakan ban pelampung. Tempat wisata di Kaltim ini juga sangat pas untuk berkemah sembali memancing di Sungai Tembalang yang tak jauh dari lokasi Air Terjun Tembalang.
Lokasi: Tepian Buah Segah – Berau – Kalimantan Timur

20. Pulau Maratua
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang berada di Pemerintah Berau. Suka sama pantai berpasir putih dan berair tosca? Maratua tempatnya! Terkenal dengan water cottage yang harganya cukup mahal, tapi pemandangan pantainya gak kalah sama Maldives. Bangun tidur langsung nyebur asik juga lho! Tapi hati – hati sama Stingray ya!

21. Pulau Kaniungan-besar
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau ini bernama Pulau Kaniungan yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tak mudah untuk menjangkaunya. Karena itu pula, pulau yang sebenarnya terbagi jadi dua, Kaniungan Besar dan Kecil itu, masih terjaga keasriannya. Tak banyak sentuhan tangan manusia yang telah menjamahnya. Kedua buah pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah.Pulau yang luasnya hampir menyerupai Pulau Derawan ini, selain dikenal akan keindahan pasir putihnya, rupanya juga menjadi surga tersembunyi bagi pencinta foto macro underwater photography. Anda dapat menyempatkan snorkeling di sini. Terumbu karangnya sangat beragam dan berwarna warni. dan satu lagi Soft coral dan hard coral menghiasi taman bawah laut Pulau Kaniungan. Pulau ini pun dihuni oleh beberapa masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan beberapa dari mereka juga yang memproduksi minyak goreng yang berasal dari kelapa (kopra).
Dua pulau itu juga jadi tempat penyu bertelur. Aktivitas manusia yang masih terbilang minim di tempat indah tersebut, menjadikan hewan yang jadi simbol Berau itu tetap lestari. Selain itu anda dapat menikmati keindahan bawah lautnya, pulau yang masih alami dengan rindangnya pepohonan kelapa, menambah suasana semakin mengasyikkan. Bahkan jika beruntung, Anda bisa pun menikmati kawanan lumba-lumba dan paus kecil yang sering menampakkan diri dan tengah asik bermain.ersedia 2 resort yang bisa disewakan untuk para pengunjung, khususnya yang sedang honeymoon. Untuk dapat menuju pulau ini, kini cukup mudah, dimulai dari menempuh perjalanan darat selama 5 jam dari Tanjung Redeb, serta menyewa kapal penyeberangan milik nelayan setempat sebesar Rp 500 ribu untuk pulang pergi (isi 1 penumpang atau lebih), Anda sudah bisa menuju pulau yang berada tepat di ujung selatan Kabupaten Berau ini.
Lokasi: Pesisir Selatan Berau, Kecamatan Biduk-Biduk, Berau.

22. Pantai Batu Berdiri
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Ada satu lokasi yang wajib disambangi, yaitu Pantai Batu Berdiri. Terletak di ujung selatan Berau, tepatnya di Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-Biduk. Di pantai ini juga ada resort unik bernama Lamin Guntur.
Satu-satunya resort di Berau yang berkonsep eco lodge atau penginapan dengan wawasan ekologi dan bernuansa alam. Fasilitas yang ada pun berasal dari limbah-limbah lingkungan sekitar. Enggak heran kalau Lamin Guntur jadi favorit para traveller dunia yang singgah di Berau. Selain nyaman, harganya pun ramah di kantong. Untuk harga sewa satu lodge berkapasitas 6 orang, cukup bayar Rp500 ribu per malam.
Menuju lokasi pantai Batu Berdiri bisa dengan dua akses dari kota Tanjung Redeb. 4 jam lewat jalur air dengan kapal cepat, atau bisa juga dengan 8 jam lewat jalur darat dengan mobil. Di pantai ini ada 9 spot diving yang terdaftar, sedangkan spot lainnya masih terus di-explore.
Keindahan bawah lautnya jangan ditanya deh, engga kalah sama kepulauan Derawan. Untuk sekali menyelam dikenakan biaya Rp250ribu. Jika menyewa perahu kelotok maka tambah Rp500ribu. Kalau beruntung kamu bisa melihat terumbu karang jenis elkhron. Peneliti dari Reef Guardian Thailand dan Malaysia bahkan temukan terumbu karang jenis ini di tahun 2015. Elkhron adalah satu dari 10 jenis terumbu karang yang terancam punah.
Lokasi: kecamatan Biduk-Biduk, Berau, Kalimantan Timur.

23. Air Terjun Jenum
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Desa Wisata Kampung Merasa memang menjanjikan sebuah suguhan yang begitu sempurna. Tidak hanya tradisi serta budaya yang masih mereka pegang hingga kini, namun memiliki alam yang masih sangat alami menjadi nilai tambah bagi Kampung Merasa. Alamnya yang masih terjaga memungkinkan begitu banyak objek wisata di dalamnya, dan salah satunya adalah Air Terjun Jenum. Kamu akan disuguhi keindahan alam yang begitu indah ketika mengunjungi Air Terjun Jenum. Kamu bisa menggunakan kapal kelotok dengan jarak tempuh selama 1 jam. Tidak hanya hutan saja, tetapi Pegunungan Nyapa seakan menemani perjalanan kamu, serta Tebing Putih yang menjulang tinggi juga akan menjadi suguhan indah selama perjalanan. Air Terjun Jenum memiliki ketinggian sekitar 20 hingga 30 meteran, serta kolamnya yang cukup luas meskipun dangkal tetap saja bisa buat berendam sembari menikmati alam hutan.
Lokasi: Kampung Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

24. Goa Mulut Besar
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Perjalan dari Tanjung Redeb menuju Gua Mulut besar ini ditempuh selama kurang lebih 1 setengah jam.. menuju arah jalan menuju kampung merasa, gua ini terletak sebelum masuk kedalam jalur jalan kampung merasa, disebelah kiri jalan ada jalan kecil, disitulah letak gua ini, sekitar kurang lebih jalan kaki selama 15 menit menuju mulut gua, gua ini masih belum terlalu di ketahui banyak masyarakat berau atau belum tereksplor, namun sayang beberapa sisi gua ada bekas coretan-coretan nama-nama yang merusak keindahan gua ini, yuk guys tetap jaga segala objek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak bagian-bagiannya.
Lokasi: Kampung Merasa, Berau.

25. Pantai Biduk-Biduk
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan nama biduk-biduk, biduk-biduk sendiir sebenarnya merupakan nama kecamatan yang ada di Berau, Kalimantan Timur.
Kampung ini berada di bagian pesisir kaimantan Timur. Untuk akses menuju pantai ini, bisa anda tempuh menggunakan pesawat yaitu dari Bandara Sultan Aji Muhammad yang ada di Balikpapan dan menuju Bandara Kalimarau yang ada di Tanjung Redeb yang merupakan ibu kota dari Kab. Berau.
Dari ibu kota, anda bisa menempuh perjalanan selama 7 jam hingga sampai ke ibu kota kecamatan. Setelah itu perjalanan di  lanjutkan hanya sekitar 3 km atau dapat ditempuh kurang lebih selama 10 menit perjalanan. Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju berau-berau.
Meskipun terbilang cukup jauh, namun kampung biduk-biduk ini memiliki pemandangan alamnya yang sangat indah. Ada beberapa pantai cantik dan salah satunya yaitu pantai biduk-biduk.
Mengenal Pantai Biduk-Biduk
Dapat dikatakan jika pantai biduk-bidukini masih terbilang sepi, sehingga bagi anda yang menginginkan tempat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan maka pantai biduk-biduk ini bisa menjadi pilihan. Karena masih belum banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, maka suasana di sekitar pantai masih begitu asri dan perawan.
Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang putih serta air lautnya yang berwarna biru jernih makin membuat keeksotisan yang ada di pantai biduk-biduk. Meskipun terbilang sepi, namun anda masih bisa menemukan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman. Sehingga jangan khawatir untuk merasa lapar maupun haus.
Lokasi: Pantai Biduk-Biduk, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

26. Teluk Sulaiman
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Teluk Sulaiman adalah salah satu tempat terbaik di Biduk-biduk untuk menyaksikan matahari tenggelam. Sembari menunggu waktu senja, para pengunjung bisa berinteraksi dengan warga dan nelayan lokal. Pantainya berpasir putih dengan dermaga yang menjorok ke laut.
Saat siang hari, mata kita dimanjakan oleh camar yang meliuk-liuk diatas permuakaan laut. Bagi wisatawan yang datang ke sini, salah satu alternatif wisata disini adalah menyusuri hutan bakau.
Lokasi: Teluk Sulaiman, kecamatan Biduk-Biduk, Berau, Kalimantan Timur.

27. Pantai Asmara Talisayan
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Lokasi: Pantai Asmara, Kecamatan Talisayan, Berau, Kalimantan Timur.

28. Air Terjun Pahlawan
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Obyek wisata air terjun Pahlawan Besar layak untuk dijadikan tujuan wisata setelah melihat tiga aspek yaitu aksesibilitas, amenitas dan atraksi.
Untuk menjadikan air terjun Pahlawan Besar sebagai salah satu wisata unggulan dibutuhkan kepedulian dan partisipasi dari semua pihak. Masyarakat Kecamatan Tabalar berperan sebagai tuan rumah harus mampu memberikan perlindungan dan kerja sama yang baik dengan pihak swasta yang memiliki area kerja di kawasan tersebut dan harus berpartisipasi langsung baik dalam pemetaan alur tracking, pembenahan dan pemandu bagi wisatawan.
Dalam pengelolaan wisata, masyarakat harus mengutamakan keberlanjutan dan kelestarian yang ada dalam tujuh sapta pesona yaitu, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan untuk wisatawan, dengan begitu akan menjadikan Air Terjun Pahlawan Besar menjadi objek wisata unggulan di Kecamatan Tabalar.
Lokasi: Tabalar, Kecamatan Tubaan, Kebupaten Berau, Kalimantan Timur.

29. Gua Haji Mangku
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Buat Walkers yang ingin memacu adrenalin disarankan banget mengunjungi goa yang satu ini. Lokasinya dekat dengan Pulau Maratua. Untuk mencapai goa ini, Walkers harus berjalan sekitar 5 menit. Jalurnya mudah kok!
Setelah sampai lokasi, Walkers bisa langsung memilih level ketinggian untuk lompat, bisa di 3 meter atau 5 meter, lalu menikmati segarnya berenang disini. Pintu keluarnya menyerupai goa, jadi ketika air pasang dan menutupi pintu keluar, terpaksa Walkers tidak bisa mengunjungi goa ini. Pilih jam surut ya!
Oh iya, untuk Walkers yang kurang berani lompat dari ketinggian tapi tetap ingin merasakan segarnya berenang disini, Walkers bisa masuk melalui ‘pintu keluar’ yang jaraknya gak jauh dari tempat lompat.
Lokasi: Kepulauan Maratua, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

30. Bumi Bangun Lestari

Lokasi: Jl. Sadewa, Trans Bangun, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

31. Danau Nyadeng
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Danau Nyadeng
Dasar danau terpapar jelas saat terpapar sang mentari, laksana cermin menampilkan rona wajah, sementara ikan-ikan sebesar telapak tangan bersiliweran berenang bebas diantara tenangnya air danau, laksana tarian yang larut dalam semburat warna hijau tosca.
Danau Nyadeng di Kampung Merabu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tidaklah seramai Labuan Cermin atau danau-danau lainnya di negeri ini. Juga tak seberapa luasnya bahkan boleh dibilang mini. Nyadeng, sebuah nama yang tersembul diantara rimbunnya belantara hutan dengan latar indah gunung-gunung karst, menjadi magis baru bagi para penyaksi untuk mengagumi indahnya mahakarya dari Sang Agung.
Danau Nyadeng, ibarat seorang putri yang beranjak dewasa, siap menerima cinta dari para pengagumnya untuk menikmati riak dan cipratan bening airnya, merasakan sensasi segar dan dingin airnya, dan untuk berenang bersama para penari air yang bersiliwean pada beningnya air dengan nuansa hijau tosca. Walau letaknya nun jauh di pelosok sana, kini.
Danau Nyadeng mulai bersolek untuk menyambut siapapun yang datang dan merasakan sensasi air danaunya yang bersumber langsung dari pori-pori pegunungan Karst Merabu pada latarnya. Danau Nyadeng menyatu dalam hamparan warna hijau tosca, ibarat cermin di tengah belantara.
Memaparkan warna alam dengan latar indah hutan dan gunung karst pada permukaannya, seolah menjadi pelepas dahaga jiwa bagi siapapun untuk merasakan sensasi alam yang menawan di tengah pelosok rimba, pada sebuah kampung bernama Merabu, tepat di ujung paling selatan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Lokasi: Desa Merabu, Kelay, Kebupaten Berau, Kalimantan Timur.

32. Pulau Nabucco
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau kecil yang terletak di kepulauan Derawan ini emang cantik, tapi lebih mahal untuk didatangi. Letaknya emang deket ma pulau Maratua (cek di peta), tapi kalo naik speedboat memutari luar pulau Maratua lumayan jauh, bensin super mahal disana cuyyy. Lebih ngirit kalo lewat dalam pulau Maratua. Jadi skenarionya naik ojek dari pulau Maratua minta anter ke dermaga yang menuju penyeberangan ke pulau Nabucco.
Lokasi: Kepulauan Nabucco, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

33. Tanjung Redeb
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Lokasi: Tanjung Redeb, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

34. Keraton Kesultanan Sambaliung
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Lokasi: Sungai Kelay, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

35. Museum Gunung Tabur
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Lokasi: Jl. Manunggal, Gn. Tabur, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

36. Puncak Ketepu
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Puncak Ketepu cocok buat Sobat yang suka berpetualang di alam dengan jalur yang menantang. Lokasinya berada di pengunungan karst yang tak jauh dari Danau Nyadeng.
Wisatawan yang sudah puas bermain di Danau Nyadeng biasanya melanjutkan perjalanan ke tempat dengan ketinggian ±400 mdpl ini dengan berjalan kaki selama sekitar 1 jam.
Sobat harus terus mendaki dengan kemiringan 40-70 derajat. Sebelum sampai di puncak, Sobat akan tiba di mulut goa sebagai tempat peristirahatan.
Dari sini, kalian hanya butuh 5 menit untuk mencapai Puncak Ketepu dimana kalian bisa menikmati sunset yang indah. Saat perjalanan turun, Sobat juga bisa berkunjung lagi di Danau Nyadeng untuk menyegarkan tubuh.
Alamat      Kampung Merabu, Kec. Kelay.

37. Pulau Gusung Sanggalau
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Gusung Sanggalau merupakan hamparan pasir putih yang membentang di tengah laut.
Pulau ini hanya muncul ketika air laut sedang surut dan akan tenggelam ketika air laut sedang pasang. Unik, bukan? Hamparan pasir putih ini dikelilingi oleh laut toska yang sangat indah.
Sobat hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja dari Pulau Derawan untuk sampai di tempat ini dengan speedboat. Setetibanya di sini, dijamin Sobat ingin mengabadikannya dengan kamera.

38. Pulau Semama
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Pulau Semama terletak di sebelah tenggara Pulau Derawan. Pulau memiliki hutan mangrove yang tidak lebat dan disebut sebagai Pulau Burung karena menjadi habitat burung layang-layang sehingga dijadikan sebagai suaka margasatwa.
Sobat juga dapat menikmati keindahan airnya yang sangat jernih. Bahkan, Sobat dapat melihat terumbu karang dari atas permukaan airnya.

39. Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Masjid Agung Baitul Hikmah merupakan masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Berau, dan tentu saja menambah khasazah deretan masjid masjid megah di provinsi Kalimantan Timur, sebut saja diantara yang lainnya adalah Masjid Agung Nurul Falah di Tanah Grogot Kabupaten Paser dan Masjid Islamic Center Samarindah yang ketiga tiga memiliki kemiripan arsitektur.
Alamat: Karang Ambun, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

40.Lamin Guntur Ecolodge
40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS

Dengan berani membuat program Desa Sadar Wisata, otomatis membuat Teluk Sumbang wajib memperkaya spot-spot wisata dan tempat menginap. Wisatawan mancanegara dan domestik yang semula hanya mengenal Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, sedikit demi sedikit mulai bergeser ke Teluk Sumbang.
Wisatawan pun mulai memilih tempat penginapan yang nyaman yang memberikan layanan wisata lengkap. Mulai dari paket menginap, menyelam, snorkeling, memancing dan wisata hutan. Lamin Guntur, namanya. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk dapat menginap di dalamnya. Menginap di Lamin itu, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah laut dan pantai dengan pasir putih.
Lokasi Lamin Guntur berada di Pantai Lamin, Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Pengunjung yang ingin berwisata ke pantai Lamin Guntur, dapat menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil pribadi atau jasa kapal sewa dan ditempuh dalam waktu 30-50 menit.
Alamat: Tlk. Sumbang, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
itulah dia daftar rekomendasi tempat wisata di berau.

Post a Comment for "40 WISATA BERAU YANG MENAWAN COCOK UNTUK SEMUA AKTIITAS"