Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN


DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN
DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN
DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN

Pengertian PMP DIKDASMEN

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari website pemetaan mutu pendidikan PAUD dan Dikmas Kemdikbud, Peningkatan Mutu Pendidikan merupakan sebuah komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang diterapkan melalui berbagai peraturan perundangan terkait sistem pendidikan nasional. Salah satu kebijakan yang telah diambil adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Thun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.
Berikut ini 8 Standar Nasional Pendidikan :
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Kompetensi Lulusan
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e. Standar Sarana dan Prasarana
f. Standar Pengelolaan
g. Standar Pembiayaan
h. dan Standar Penilaian Pendidikan

Tujuan PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN

Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah bertujuan menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Fungsi PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN ATAU PMP

Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Download Aplikasi PMP 2020
DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN

Memasuki tahun pelejaran baru saat ini yaitu tahun pelajaran 2020 maka aplikasi Penjaminan mutu pendidikan (PMP) kembali akan menggunakan aplikasi PMP yang versi terbaru di tahun 2020 yaitu aplikasi PMP 2020.
Pada aplikasi PMP 2020 ini anda yang bertugas sebagai operator sekolah yang menangani urusan aplikasi PMP maka dapat mengerjakan kuesioner PMP di aplikasi PMP 2020 dengan menggunakan 2 cara yaitu menggunakan cara online dan dapat juga dengan menggunakan cara offline.
Selain itu pada aplikasi PMP tahun 2020 ini anda dapat mengerjakan pengisian kuesionernya melalui 3 cara yaitu :
a. Menggunakan HP Android
b. Menggunakan iOS
c. menggunakan komputer
Sebelum anda mendownload aplikasi PMP Versi 2020 dan melakukan proses pengisian kuesionernya maka hendaknya anda terlebih dahulu melihat dan membaca isian dari kuesioner yang harus di jawab pada aplikasi PMP veri 2019, sehingga ketika anda akan mengisi nantinya anda telah paham apa-apa saja yang akan anda isi pada pengisian kuesioner PMP tersebut.
Bagi anda yang belum memiliki Perangkat Instrumen PMP Versi 2020 maka pada postingan ini saya telah menyediakan 4 Jenis perangkat instrumen PMP versi 2020 yaitu instrumen untuk jenjang SD, instrumen jenjang SMP, instrumen jenjang SMA dan instrumen jenjang SMK.
Untuk anda yang membutuhkan perangakt instrumen pengisian PMP Versi 2020 maka anda dapat mendownload instrumen PMP tersebut di bawah ini:

a. PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN TAHUN 2020 SD

b. PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN TAHUN 2020 SMP

c. PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN TAHUN 2020 SMA

d. PERANGKAT INSTRUMEN PEMETAAN TAHUN 2020 SMK

Bagi anda yang sudah pernah melakukan pengisian kuesioner pada aplikasi PMP maka tentunya tidak akan lagi bingung dengan proses penginputan data-data kuesioner pada aplikasi PMP versi terbaru nanti sebab cara pengerjaannya tentunya tidak akan jauh beda antara aplikasi PMP yang terdahulu dengan aplikasi PMP yang akan rilis terbaru nantinya.
Hanya saja memang terdapat beberap perubahan pada proses pengisian khususnya pada pengisian instrumen PMP 2020 dimana jumlah pengisian kuesioner telah di kurangi dan tidak lagi sebanyak seperti pada pengisian kuesioner PMP yang sebelumnya.
Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mendownload aplikasi PMP 2020 ini dia linknya.

a. Aplikasi PMP Online Versi 2020

Untuk Win XP / Vista / 7 / 8 / 10

b. Aplikasi PMP Android Versi 2020

c. Aplikasi PMP iOS Versi 2020

d. Aplikasi PMP Offline Versi 2020

(Masih dalam tahap pengembangan)
Untuk itu secara teknis terdapat beberapa aplikasi utama pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen Tahun 2019 yang dapat dibuka pada tautan di bawah ini:

a. Laman baru PMP Dikdasmen: 

pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
(Sebagai portal resmi informasi seputar Pemetaan Mutu Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah)

b. PMP Online (EDS Daring): 

pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745
(Login menggunakan akun Dapodik Sekolah)

c. Manajemen PMP:

 pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019
(Login menggunakan akun Dapodik Dinas dan LPMP)

d. Supervisi Mutu PMP: 

pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:8881
(Login khusus akun Pengawas menggunakan NIP)

cara login PMP 2020

Cara Login Ke PMP daring adalah dengan mengakses laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/ kemudian masukan username dan password. Username dan Password PMP daring untuk Operator adalah Username dan Password yang digunakan diaplikasi Dapodik. Untuk kepala sekolah, Guru, siswa dan komite (bukan oparetaor) menggunakan Username dan Password yang diberikan oleh Operator PMP Daring atau menggunakan Username dan Password yang sudah diinput di dapodik namun terlebih dahulu dipilih sebagai Kandidat Responden oleh Operator Sekolah.
Agar kepala sekolah, guru, siswa dan komite bisa segera mengisi PMP daring diharapkan para operator segera login ke laman PMP daring. Namun terlebih dahulu harus sudah sinkronisasi Dapodikdasmen Versi 2020.  Caranya atau Langkah-langkah:
1. Akses laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/ Beranda Isi Username dan Password menggunakan Username dan Password yang digunakan diaplikasi Dapodik. Maka Anda akan melihat laman seperti di bawah ini
DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2019.09.01 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN

2. Kemudian Pilih Tahun Pendataan = Tahun Pendataan 2020
DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2019.09.01 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN
3. Klik Menu Pengaturan Isi Manajemen Pengguna, bisa tinggal memilih Kandidat Responden dan/atau Menambah Pengguna

Menu PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN 2020

Berikut adalah menu yang ada di PMP 2020.
a. menu beranda
b. menu pengaturan terbagi menjadi Profil Pengguna, Manajemen Pengguna, dan Tukar Penguna.
c. Kuesioner yang memiliki Submenu Isi Kuesioner dan Pengecekan Akhir.
d. Menu Peringkat Nilai.
e. Ada Menu Rapot mutu yang berisi submenu Hitung Rapor Mutu, Hasil Rapor Mutu, dan Pakta Integritas.
f. Menu VERVAL dan Supervisi yang memiliki submenu Hasil Verval dan Hasil Supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah. Selain itu terdapat pula menu Notifikasi, Pusat Unduh dan Laporan dan Saran.

CEK PROGRES PENGIRIMAN PMP DIKDASMEN

Setelah anda melakukan segala akses di aplikasi Dikdasmen, selanjutnya perlu dilakukan pengecekan. Pengecekan ini sangat penting dilakukan karena untuk langkah awal bila terjadi kendala saat pengiriman. Berikut tahapan pengecekan PMP yang bisa anda lakukan.
1. Pertama buka situs resmi kemdikbud di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Upayakan koneksi internet anda dalam keadaan stabil supaya bisa diakses secara lancar.
2. Apabila telah membuka laman resmi kemdikbud di atas, selanjutnya akan tampil beberapa menu. Nah, jika anda ingin melakukan pengecekan maka pilih dan klik menu Progres Kirim atau Progres Data.
3. Tunggu sampai laman menu Progres Kirim atau Progres Data tampil secara menyeluruh. Kemudian akan terlihat progress kiriman secara nasional atau berdasarkan wilayah sekolah. Anda bisa cek pengiriman PMP sekolah dengan klik pada kolom Nama Provinsi, Nama Kabupaten, dan Nama Sekolah yang tersedia di laman. Dengan menuliskan beberapa kolom di atas, data informasi sekolah yang anda cari akan tampil secara detail.

Post a Comment for "DOWNLOAD PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PMP DIKDASMEN 2020 LENGKAP PENGISIAN DAN CARA LOGIN"