Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

20 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru

20 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru

Letak geografis Kabupaten Muara Enim berada di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan, termasuk posisi yang sangat strategis karena akses ke Kabupaten lainnya cukup mudah. Di bagian barat Kabupaten Muara Enim termasuk bagian Bukit Barisan yang merupakan dataran tinggi. Dilihat dari potensi wisata, Kabupaten Muara Enim memiliki destinasi menarik untuk dikunjungi yang memungkinkan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan, karena letak geografisnya yang berada di tengah-tengah. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa kamu temukan di Kabupaten Muara Enim.

Wisata di Muara Enim

1. Air Panas Gemuhak

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Air Gemuhuk
Membutuhkan stamina yang prima ketika kamu ingin mengunjungi Air Panas Gemuhak, karena memang lokasinya cukup jauh dari desa terdekat, sekitar 6 km atau membutuhkan perjalanan setidaknya 2 jam. Tapi jangan khawatir, pesona alamnya begitu menggoda yang sangat layak untuk dinikmati dan kamu tidak akan terasa melakukan perjalanan sejauh 6 km dengan berjalan kaki. Berada di kawasan hutan lindung dan juga di Bukit Umang, selama perjalanan akan diselimuti udara yang sangat sejuk dan juga pemandangan pepohonan yang besar dan menjulang tinggi akan selalu mengiringi perjalanan kamu. Yang cukup unik di tempat wisata di Sumatera Selatan ini adalah ada spesies bunga anggrek yang mirip dengan kalajengking, yang dinamakan Bunga Gemuhak oleh warga sekitar. Air panas dengan tempertaur 100 derajat Celsius ini ada beberapa titik dan sering menyemburkan gletser. Menjadi pemandangan yang begitu mempesona sembari berendam di sungai Ogan yang tidak jauh dari sumber air panas. Lokasinya berada di Desa Gunung Tiga, dan di dalam Kecamatan Semendo.

2. Air Terjun Bedegung

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Bedegung
Tempat wisata di Sumatera Selatan inilah yang menjadi andalan Kabupaten Muara Enim. Air Terjun Bedegung yang juga dikenal dengan sebutan Curup Tenang Bedegung oleh masyarakat sekitar. Cukup menyenangkan perjalanan menuju lokasi air terjun, melewati persawahan dan juga melihat pepohonan yang besar menjulang tinggi yang diselimuti udara sejuk khas pegunungan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat dan medan yang dilalui memang cukup menanjak tapi ada tangga yang memudahkan kita untuk melewatinya. Eksotismenya sungguh terlihat air terjun dengan ketinggian 99 meter yang diapit tebing nan tinggi dengan hijaunya pepohonan di setiap sisinya. Kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Bedegung di jembatan besi tepat di depannya atau sembari menikmati segarnya air di aliran sungainya yang begitu banyak spot untuk berendam. Lokasi Air Terjun Bedegung ini berada di Desa Bedegung dan berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

3. Air Terjun Bemban

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Benbam
Meskipun tidak setinggi induknya Air Terjun Bedegung, Air Terjun Bemban memiliki keunikan tersendiri, yakni bentuk tebing air terjunnya yang seperti undakan bebatuan alami. Bebatuan dengan warna alami semakin menambah eksotisme Air Terjun Bemban. Air terjun yang cukup lebar dan juga deras ibarat shower alami ketika kamu berada tepat di bawah air terjun. Guyuran airnya yang sangat segar seakan melunturkan segala persolaan yang ada di kepala. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini berada di dalam Kecamatan yang sama dengan Air Terjun Bedegung, yakni di Kecamatan Tanjung Agung.

4. Air Terjun Curup Bali

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Bali
Masih belum begitu banyak traveler yang mengunjungi Air Terjun Curup Bali, karena memang lokasi dan medannya cukup membutuhkan stamina yang cukup untuk melihat keindahan air terjun yang masih sangat alami ini. Air Terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini memiliki debit air yang cukup besar, serta kolamnya yang bakal memikat siapapun untuk nyebur. Airnya yang sangat jernih, pepohonan yang rindang, serta perpaduan bebatuan alama yang tertata alami menjadi sajian utama di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Jarak air terjun dari Kota Muara Enim sekitar 45 km, dan dari Desa Lebak Budi yang masih di wilayah Kecamatan Tanjung Agung membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan dengan sedikit mendaki dan menyibak lebatnya hutan.

5. Air Terjun Jernihan

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Untuk destinasi wisata berikut ini memang bagi para traveler yang memiliki jiwa petualang. Memang untuk medannya bisa dibilang cukup berat melalui jalan setepak melewati kebun dan juga menyibak lebatnya hutan. Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dengan melewati sungai kecil yang mengalirkan air yang cukup jernih. Meskipun tergolong berat tapi tetap menghadirkan pesona alam yang begitu sedap dipandang mata. Air Terjun Jernihan memang cukup landai hampir seperti sungai biasa, tapi adanya kolam dan juga di dekatnya menjadi spot bermain air yang cukup menggoda. Rindangnya pepohonan seakan menjadi apyung alami di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Letak Air Terjun Jernihan ini berada di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul.

6. Air Terjun Lemutu

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Lemutu
Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Muara Enim. Keindahaan dari Air Terjun Lemutu ini benar-benar menggoda dengan ketinggian dan juga debit airnya yang cukup besar menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi dengan 2 air terjun yang hanya terpisah tebing yang ada pepohonan nan hijau di tengahnya membuatnya semakin terlihat cantik. Meskipun lokasinya tergolong sangat jauh dan mengharuskan wisatawan untuk berjalanan kaki sejauh 2 km tidak mengurungungkan niat wisatawan untuk mengunjunginya. Hal ini karena memang pesonanya begitu sempurna dengan keasrian alam sekitarnya yang begitu menghijau penuh dengan pepohona yang menjulang tinggi. Lokasinya berada di Desa Pagar Dewa, yang juga masih di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

7. Air Terjun Napal Carik

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Napal Carik
Meskipun hanya memiliki ketinggi 5 meter saja, Air Terjun Napal Carik ini cukup eksotis karena di bawahnya terdapat ebberapa undakan bebatuan yang menjadi spot pancuran untuk wisatawan. Lebatnya pepohonan di setiap samping air terjun dan alirannya menambah pesona indah tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk semenatra menuju lokasi air terjun memang tergolong cukup sulit untuk kendaraan bisa masuk. Jadi memang harus berjalan kaki, tapi pesona alamnya akan mengiringi perjalanan kamu dan tidak akan membuat kamu terasa lelah. Lokasinya berada di Desa Muara Emil, dan terletak di dalam Kecamatan Tanjung Agung.

8. Air Terjun Napal Lintang

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Napal Lintang
Perjalanan yang cukup menyenangkan akan kamu nikmat ketika mengunjungi Air Terjun Napal Lintang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong masih baru, dan mungkin saja belum begitu banyak traveler yang mengetahuinya. Jadi pesona alamnya masih begitu asri dengan banyaknya pepohonan liar yang seakan menutupi Air Terjun Napal Lintang. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan, dan sangat memungkinkan untuk para wisatawan yang ingin mendaki hingga ke atas air terjun. Untuk menuju lokasi membutuhkan setidaknya 30 menitan, karena jaraknya cukup jauh sekitar 3 km dari desar terdekat, yakni Desa Lubuk Nipis, yang berada di di dalam Kecamatan Tanjung Agung.

9. Air Terjun Selingsing

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Selingsing
Inilah air terjun yang memiliki julukan Niagara Kecil dari Muara Enim, Air Terjun Selingsing yang terletak di Dusun III, tepatnya di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung. Air terjun yang dari sungai ini memang cukup lebar dengan ketinggian tidak lebih dari 10 meter. Yang membuat wisatawan suka ketika berada di Air Terjun Selingsing adalah kolamnya yang cukup lebar dan juga dalam. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk memacu adrenalin dengan terjun dari atas air terjun. Untuk akses menuju ke lokasi air terjun ini tergolong tidak terlalu sulit, karena kendaraan roda dua bisa masuk ke lokasi Air Terjun Selingsing.

10. Arung Jeram Sungai Enim


20 Tempat Wisata di Muara Enim
Arung Jeram Sungai Enim
Tidak begitu jauh dari obyek wisata yang juga menjadi andalan Kabupaten Muara Enim, yakni Air Terjun Bedegung. Sungai Enim memang memiliki arus yang cukup derasa, dengan rintangan bebatuan di tengah dan di pinggir sungai dan juga melewati gugusan tebing dari Bukit Barisan. Tidak hanya pesona alamnya saja yang mampu membuat wisatawan terperanga, tapi aliran sungai yang memiliki Grade III untuk olahraga Arung Jeram. Jadi memang Arung Jeram Sungai Enim tidak untuk para pemula, tetapi jangan khawatir tetap bisa menggunakan pemandu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sering digunakan sebagai spot untuk Kejuaran Nasional Arung Jeram. Untuk start arung jeram bisa dimulai dari Desa Bedegung, yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.

11. Bukit Kendi

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Bukit Kendi dan Danau Cinta
Jalan yang sama dan juga berdekatan dengan destinasi wisata Danau Cinta. Memang untuk menuju ke Bukit Kendi cukup berat kamu harus berjalan kaki setidaknya membutuhkan waktu 45 menitan dengan medan yang cukup terjal. Tapi setelah samapi di lokasi kamu akan terpukau dengan panorama alamnya yang sangat indah. pesona indah dari Danau Cinta sangat terlihat jelas di Bukit Kendi. Tak jarang juga tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi favorit anak-anak muda untuk memburu spot selfie terbaik dengan background Danau Cinta. Lokasinya berada di Desa Darmo dan masih berada di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

12. Candi Bumi Ayu

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Candi Bumi
Merupakan Kompleks Candi satu-satunya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yang terletak di Desa Siku, Kecamatan Rambang Dangku. Candi Bumi Ayu merupakan candi peninggalan Hindu yang berjumlah sekitar 11 buah candi di dalam satu Kompleks percandian dan baru sekitar 4 buah candi yang baru selesai dipugar. Hampir keseluruahan candi dibuat dengan menggunakan batu bata dan juga ada beberapa arca seperti Arca Siwa Mahaguru, Arca Argastya, dan beberapa arca lainnya. Cagar budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Muara Enim ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup ramai dikunjungi wisatawan dan juga para peneliti.

13. Danau Cinta

Destinasi wisata di Muara Enim ini seperti menceritakan sebuah percintaan karena namanya Danau Cinta. Dinamakan Danau CInta karena bentuknya yang lebih mirip Love Shape jika dilihat dari atas. Lokasi danau ini berada di areal pertambangan batubara dan cukup menarik memang dijadikan sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul. Di Danau CInta ini kamu bisa menikmati keindahannya sembari bersantai di pinggir danau atau bisa juga memancing ikan di pinggiran danau, atau kamu juga bisa nge-camp di areal Danau Cinta. Di area danau ini juga ada spot selfie terbaik yakni di Bukit Kendi yang juga tidak jauh dari Danau Cinta.

14. Danau Deduhuk

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Danau Deduhuk
Luasnya sekitar 12 hektar yang dikelilingi perbukitan nan hijau dipenuhi pepohonan semakin tampak jelas begitu asrinya tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Air danau yang terlihat membiru semakin menambah eksotisme Danau Deduhuk. Kamu bisa bersantai di pinggiran danau atau menikmati keindahan danau dengan menggunakan rakit untuk berkeliling tidap sudut danau. Atau kamu bisa mencoba sensasi strike ikan tawar yang menghuni Danau Deduhuk yang ukurannya cukup besar-besar. untuk menuju lokasi danau memang tergolong tidak mudah terutama akses jalannya yang cukup buruk tetapi pesona alamnya tidak akan membuat bosan perjalanan kamu yang selama 4 jam jika dari pusat Kota Muara Enim. Lokasi Danau Deduhuk ini berada di Desa Rantau Dedap, dan masih di wilayah Kecamatan Semende Darat Ulu.

15. Desa Wisata Muara Tenang

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Muara Tenang
Jika sudah bosen dengan pesona kecantikan air terjun, mungkin kamu harus mencoba melihat lebih dekat tentang kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Muara Enim. Desa Muaran Tenang yang berada di wilayah Kecamatan Semendo ini memiliki pesona alam pedesaan yang begitu asri. Apalagi dengan melekatnya adat dan budaya setempat yang bertahan hingga kini, seperti benar-benar menyatu dengan alam. Terlihat dengan lokasi rumah yang mengelilingi muara sumber air yang ada di Desa Muara Tenang. Di sini kamu bisa menemui rumah adat yang usianya di atas ratusan hingga dua ratusan tahun. Namun sayang promo tentang tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat kurang jadi banyak para traveler yang belum mengetahuinya. Padahal Desa Muara Tenang ini termasuk desa kuno yang ada di Kabupaten Muara Enim.

16. Desa Wisata Segamit

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Segamit
Sedikit berbeda dengan Desa Wisata Muara Tenang, yang menghadirkan rumah adat yang berumur ratusan tahun. Ketika kamu mengunjungi Desa Wisata Segamit kamu akan mengunjungi perkebunan strawberry yang ketika musimnya panen, wisatawan bisa memetiknya sendiri. Di selimuti dengan kabut dan juga udara nan sejuk, membuat desa ini semakin sering dikunjungi wisatawan. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini wisatawan bisa melihat dan juga belajar bagaiamana cara menanam strawberry dengan kualitas terbaik dan juga cara memanennya. Agrowisata strawberry ini tepatnya berada di Desa Segamit dan berada di dalam wilayah Kecamatan Semendo Darat Ulu.

17. Kebun Binatang Sriwijaya

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Kebun Binatang
Cukup banyak koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Sriwijaya yang lokasinya berada di Desa Talang Taling, dan di dalam wilayah Kecamatan Gelumbang. Mulai dari koleksi reptile, beragam unggas, harimau Sumatera, dan juga Gajah Sumatera. Yang paling menarik adalah, kamu bisa berkeliling Kebun Binatang Sriwijaya sambil menaiki gajah. Memang sangat cocok tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi destinasi wisata keluarga yang ada di Kabupaten Muara Enim. Setidaknya bisa menjadi edukasi bagi anak-anak untuk pengenalan satwa yang ada di Kebun Binatang Sriwijaya.

18. Lubuk Putih

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Lubuk Putih

Ingin menikmati indahnya aliran sungai yang berpadu dengan tebing yang menjulang tinggi? Datang saja ke Lubuk Outih yang terletak di Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung. Inilah salah satu destinasi favorit wisatawan yang ada di Kabupaten Muara Enim. Selain aksesnya yang mudah untuk dijangkau pesona alamnya benar-benar instagramable banget. Yang paling menarik ketika kamu berada di sini adalah bisa selfie di atas perahu milik warga, atau bisa juga keliling sungai menikmati indahanya alam pedesaan. Dan yang pasti menikmati segarnya air Lubuk Putih sudah menjadi kewajiban para traveler yang mendatangi tempat wisata di Sumatera Selatan ini.

19. Masjid al Baniah

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Masjid Kubah Pelangi
Kebanyakan masjid yang berdiri adalah masjid yang dibangun oleh pemerintah atau sebuah yayasan keagamaan, tapi sepertinya bukan untuk Masjid Al Baniah. Masjid ini disinyalir menelan biaya sekitar 10 miliar yang dibangun pribadi oleh pemiliki perusahaan PT. Baniah Rahmat Utama, yakni M Teguh. Yang sangat unik dengan masjid ini sehingga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi adalah adanya 5 kubah yang berwarna-warni. Jumlah 5 kubah yang menggambar kewajiban sholat 5 kali dalam sehari dipadukan dengan warna putih pada dinding masjid tampak begitu cantik untuk dilihat. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa dan Kecamatan Ujanmas.

20. Taman Adipura

20 Tempat Wisata di Muara Enim
Taman Adipura
Taman Adipura Muara Enim yang berada di Kolam Retensi Jalan Lintas Sumatera Muara Enim saat ini menjadi tempat favorit dan destinasi wisata baru bagi masyarakat Muara Enim untuk menghabiskan waktu senggangnya sambil berolah raga, bermain, dan bahkan nongkrong serta makan-makan di lokasi tersebut. Dengan banyaknya masyarakat berkunjung ke lokasi tersebut menimbulkan giat perekonomian baru di Bumi Serasan Sekundang. Tampak dari pantauan media ini banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh masyarakat sekitar buat para pengunjung untuk menghabiskan waktu senggangnya di sore hari ataupun hari libur seperti permainan anak-anak, pusat Jajan, fasilitas jogging, dan bahkan lokasi untuk berphoto selfie bagi para remaja.
20 Tempat Wisata di Muara Enim

Selain Taman Adipura ada juga Taman Ribang Gale. Muara Enim, Muara Enim Sub-District, Muara Enim Regency, South Sumatra 31313, Indonesia.

jika anda lagi berada diPalembang atau akan berkunjung ke Palembang dan lagi lapar pada saat malam hari saya ada rekomendasi tempat makan nih di Pecel Lele 7 Bersaudara Tempatnya diPlaju

3 comments for "20 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru "

  1. Tau agen tour wisata untuk anak2 sekolah tidak mau ke daerah muara enim ini tolong di balas secepatnya

    ReplyDelete