Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mengurangi Rasa Gugup disegala Situasi

5 Cara Mengurangi Rasa Gugup disegala Situasi

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
Cara mengurangi rasa gugup

Buat anda yang sering gugup ketika anda akan berpresentasi atau bicara di depan panggung atau pun mungkin ingin menembak gebetan, tapi anda gugup juga. Disini ada beberapa tips untuk anda, termasuk bagi yang ingin berpresentasi, closing dengan klien, closing customer sering kali anda masih gugup. Sering kali jantung anda terasa berdegup lebih kencang, tidak seperti biasanya, mungkin anda berpikir kenapa ya kok saya bisa seperti ini bahkan disegala situasi?.

Ada 5 Tips Agar Anda Bisa Menghindari Rasa Gugup

1. Atur Pola Pernapasan Anda

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Yang pertama ialah atur pola napas anda. Dengan cara melatih napas anda, tarik napas, buang napas, tarik napas, buang napas itu sangatlah penting. Karena dengan menarik napas secara dalam ( take a deep breath) akan membuat anda menjadi lebih rileks. Membuat anda akan lebih tenang secara perlahan namun pasti akan menghilangkan rasa gugup. Selain menarik napas lebih dalam anda juga harus membuang napas anda dengan lebih teratur Kalau perlu buang napas anda dengan sekuat tenaga. Hal ini akan juga akan menghilangkan gugup anda. Mengapa bisa demikian? Karena dengan cara seperti ini akan membuat anda tenang dan rilek yang akan menumbuhkan rasa percaya diri anda menjadi lebih baik serta membantu menghilangkan gemetar, tangan dingin, keringat yang berlebihan yang disebabkan rasa gugup. Oleh karena itu sebaiknya sebelum tampil didepan panggung atau pun dalam situasi apapun untuk selalu mengatur pernapasan anda. Itu adalah tips yang pertama jika anda ingin menjadi pembicara yang profesional. Atau pun hanya sekedar melakukan prensentasi biasa. Hal ini ialah hal pertama yang saya lakukan ketika akan tampil membawakan presentasi apalagi bagi pemula seperti kita ini yang tidak memilik banyak pengalaman berbicara didepan panggung ataupun orang banyak. Saya jadi teringat ketika saya masih SMA menyampaikan sebuah Tausiah Agama saya gugup setengah mati. Saya membacakannya dengan terbata-bata, terpatah-patah sehingga apa yang saya sampaikan menjadi tidak jelas. Diperlukan banyak waktu bahkan bertahun-tahun untuk mengubahnya dari orang yang penakut, pemalu, mudah gugup, hingga akhirnya saya tidak bisa menjadi pembicara yang baik.
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Tetapi percayalah banyak komunikator atau pembicara yang baik itu awalnya adalah orang yang tahu tentang bagaimana mengatasi rasa gugup.
Dengan melakukan hal ini juga dapat mengurangi rasa panik anda. Jika rasa panik anda hilang semua pekerjaan anda akan terselesaikan dengan baik. Maka dari itu jangan lupa anda melakukan tips ini menarik napas, membuang napas berkali-kali. Dengan demikian anda akan mengurangi rasa gugup anda.
Contohnya anda dapat melihat pertandingan. Anda akan Banyak melihat atlet sukses yang menarik napas dan membuang napas seperti ini.

2. Afirmasi atau Auto Sugestion 

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Yang kedua ialah Auto Sugestion Positif (sugesti) yang dilakukan setiap hari.
"Saya cinta diri saya, saya bahagia, saya pasti bisa" lakukanlah sugesti ini setiap hari dan ulangi lagi. Hal ini akan membuat anda menjadi lebih positif. Anda pun bisa menggunakan kata-kata sugesti lainnya yang akan membantu anda menjadi lebih positif. Yang penting dan paling simpel menurut saya sebelum melakukan pembicaraan di depan banyak orang ialah " Saya Pasti Bisa" ucapkanlah kata ini 5 kali. Maka rasa gugup itu akan perlahan berkurang. Jika anda melakukan sugesti positif seperti ini maka niscahaya kalimat "saya tidak bisa" ataupun rasa takut itu akan hilang dan pikiran anda akan berganti menjadi saya pasti bisa.

3. Berlatih

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Yang ketiga ini menurut saya sangat sangat penting sekali. Tidak ada namanya rasa gugup jika anda sudah berlatih. Semua orang itu bisa karena terbiasa. Ingat kata-kata saya ini dan simpan dipikiran anda orang bisa karena terbiasa. Dan tidak ada orang yang bisa itu tanpa berlatih. Masalahnya sekarang tergantung pada anda sendiri. Apakah malas berlatih atau tidak?. Jika anda tidak mau gugup disetiap pertandingan maka anda harus banyak berlatih. Itulah kenapa sparring latih tanding itu penting bagi pesilat. Karena dengan berlatih tanding anda akan terbiasa dan secara otomatis akan mengurangi rasa gugup anda nantinya pada saat pertandingan yang sesungguhnya. Itulah juga bedanya antara pemain amatir dengan profesional. Pemain amatir mungkin jarang berlatih dan jam terbang atau pengalamannya kurang  sehingga mudah gugup. Tetapi dengan seringnya anda berlatih dan mendengarkan motivasi positif, sering memberikan auto sugestion positif niscahaya anda akan menjadi orang yang kuat dan sukses dalam menjalani hidup anda. Seringnya berlatih akan membuat anda menjadi kuat terbiasa dan akan membuat diri anda lebih mendekati sempurna.

Dengan sering berlatih apapun rasa gugup anda akan hilang. Baik anda akan melakukan pertandingan mauapun anda akan berbicara didepan orang banyak, entah itu melakukan presentasi ke klien, customer, bos atau bertemu siapapun. Bahkan ketika ingin mengajukan Ta (skripsi) kedosen. Semua berlaku anda perlu berlatih.

4. Bersiaplah untuk yang terburuk 

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Tidak ada kesukesan tanpa adanya "PERSIAPAN.
Jika anda menjadi pembicara atau mengisi seminar biasakan datang 1 jam atau 2 jam lebih awal. Anda akan menguasai panggung, menguasai audience. Anda akan menguasai seluk beluknya. Nanti anda mau melakukan apa saja itu? Itu sangat lah penting. Dengan adanya persiapan maka otomatis akan mengurangi rasa gugup anda.
Seringkali rasa gugup itu timbul ketika anda melakukan persiapan. Ketika anda menjadi pembicara, audience sudah datang semuanya. Anda baru menyusun ini, menyusun itu. Akan membuat anda menjadi terlihat tidak profesional.

Jadi sama coba anda lihat klub-klub Sepak bola setengah jam ataupun satu jam sebelum bertanding melakukan warming up, Ada pemanasan. Jangan begitu main langsung bertanding. Itu tim yang tidak profesional. Begitu juga dengan anda, pasti butuh persiapan.
Memang persiapan tidak akan menjamin anda tampil sempurna tetapi minimal menimalisir rasa gugup anda dengan adanya persiapan ini. Dari pada tidak ada persiapan sama sekali. Sama halnya ketika anda akan mengikuti ujian. Jika sebelumnya anda sudah belajar dan mempersiapkannya dari jauh hari akan sangat berbeda dengan anda yang langsung mengikuti ujian tanpa persiapan sama sekali yang akan menyebabkan anda gugup tergesa-gesa.

5. Berdoa

5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi
5 cara mengurangi rasa gugup segala situasi

Dan yang terakhir ini sangat-sangat penting tidak boleh anda tinggalkan begitu saja. Berdoalah dengan agama dan kepercayaan anda. Niscahaya akan mengurangi rasa gugup anda.
Kita harus menyertakan yang maha kuasa disetiap usaha kita apapun itu. Karena rencana yang begitu sempurna pun akan bisa mengalami kegagalan. Sebaik-baiknya rencana ialah rencana yang Maha Kuasa. Semoga apapun yang kita usahakan akan lancar dan tidak kurang satu apapun.
Itu saja tips untuk mengurangi rasa gugup anda disituasi kondisi apapun. Jika anda melakukan semua tips ini, niscahaya rasa gugup anda akan jauh berkurang.

Post a Comment for "5 Cara Mengurangi Rasa Gugup disegala Situasi"