Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2020

Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2020

Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2018
Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2020

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah salah satu dokumen penting yang biasanya digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan/CPNS, beasiswa, atau yang mau mencalonkan diri sebagai anggota legislatif maupun calon kepala daerah.

buat SKCK muara enim 2020

Di artikel kali ini, saya akan berbagi pengalaman kepada anda semua tentang pembuatan SKCK di Polres Muara Enim. Setelah sebelumnya dibikin bingung sama syarat syarat bikin SKCK karena ada yang bilang harus pakai surat pengantar dari desa dan yang lain bilang gak usah. Akhirnya beberapa waktu lalu, saya dan kakak saya datang ke Polres Muara Enim untuk bikin SKCK, tanpa pakai surat pengantar.

Persyaratan SKCK Baru Di Polres 

Karena ini adalah SKCK pertama saya, maka syarat pembuatannya pun agak  berbeda dengan perpanjangan SKCK. Adapun syarat untuk membuat SKCK baru  adalah :

1. Pas foto 4x6 sebanyak 5 lembar dengan latar belakang warna merah
2. Fotocopy kartu keluarga
3. fotocopy kartu kelahiran
4. Fotocopy KTP
5. Map warna biru
6. Biaya Pembuatan 30 ribu kalo belum berubah

Prosedur Pembuatan SKCK di Polres 

Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2018
Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2018

Prosedur pembuatan SKCK di Polres Muara Enim sebenernya gak terlalu susah sih. Pertama, saat datang, kunjungi area pelayanan yang terletak di dekat gerbang masuk. Jika gak tau sebaiknya anda bertanya. Lebih bertanya dari pada nanti kita sesat dan tak tau arah.
Di loket pelayanan, serahkan dokumen pelengkap yang sudah ditaruh di dalam map. Petugas akan memeriksa sebentar lalu kamu akan diberi sebuah map yang berisi form yang cukup banyak buat kamu isi. Form tersebut berisi pertanyaan tentang identitas pribadi, nama orang tua dan alamat, riwayat pendidikan serta tahun lulus. dan banyaaak pertanyaan lain. Tenang aja, udah ada contoh pengisian formulirnya kok disamping kiri. Anda tinggal mengikuti tata cara pengisiannya sesuai dengan identitas anda. Saran saya persiapkanlah dokumen seperti ktp, ijazah untuk melihat tahun lulus, data lengkap keluarga agar mempermudah anda nantinya mengisi form tersebut.
Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2018
Form yang harus diisi dalam Membuat SkCK Baru

Satu lagi form yang penting yaitu kartu TIK. Form ini khusus buat yang baru bikin SKCK. Kalo kamu cuma memperpanjang gak akan dikasih form ini kok. Di dalamnya ada daftar pertanyaan tentang ciri ciri wajah, rambut, bentuk mata, bentuk telinga, bibir, dan cacat fisik (kalau ada). Kemudian tahap yang paling penting yaitu pembuatan rumus sidik jari. Jadi setelah selesai isi form , kumpulkan form di atas meja petugas yang khusus bikin rumus sidik jari. Jangan tegangnya mbak sama mas yang melayaninya baik dan ramah kok. Setelah itu mereka akan manggil nama kita buat bikin cap jari yang akan ditempelin di kolom khusus sidik jari.
Udah selesai? belum. Petugas akan memproses rumus sidik jari yang kita bikin baru setelah itu kita serahkan lagi ke petugas yang memproses pencetakan SKCK kita sekaligus membayar biaya pembuatan sebesar 30 ribu rupiah. Tunggu nama dipanggil, ambil SKCK dan fotocopy sebanyak yang kamu perlukan lalu minta legalisir. Untuk biaya legalisir gratis kok, tapi cuma sebanyak 10 lembar kalo saya kemarin. Kalo lebih dari itu? mungkin kamu bisa langsung tanya sama  petugasnya apakah ada biaya tambahan.

Itulah pengalaman aku bikin SKCK di Polres Muara Enim. Ternyata, bikinnya gampang kok selama persyaratannya lengkap, gak ada yang ketinggalan, ataupun kuranh. Petugasnya juga ramah ramah dan cair+ ganteng-ganteng dan cantik-cantik loh. Well, Gak usah takut kalo suasananya tegang gara gara kita bikin di kantor polisi, hehe :) Kalo kamu baru pertama kali ke Polres Muara Enim  dan gak tau dimana loket pembuatan SKCK nya, tanya aja sama petugas petugas yang ada di sana. Mereka dengan senang hati akan nunjukin tempatnya. Jika perlu tanya sama tukang ojek pasti anda langsung dianter ketempat tujuan dengan selamat. 
Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2018
Punya Admin Sudah Jadi nih SKCK nya


Saran saya lengkapi lah persyaratan anda. Jangan seperti saya yang harus sedikit gelabakan mengurusnya. Karena kurangnya foto. Jadi harus nyuci foto lagi padahal untuk diwilayah sekitar di Polres Muara Enim sendiri untuk tempat cuci foto tidak ada.  
Untuk tempat fotokopi ataupun mau beli perlengkapan lainnya bisa beli di depan RSUD Dr. H. M Rabain Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia.

So, sekarang jangan bingung lagi ya gimana caranya bikin SKCK di Polres Muara Enim. Gampang kok, tempatnya juga nyaman. Kalo kamu mau bikin SKCK Polres, silakan datang aja ke jalan Jl. Jenderal Sudirman No.80, Muara Enim, Sumatera Selatan. Satu hari selesai kok. Tapi kalo mau ditinggal dulu juga bisa. Asalkan sudah rekam sidik jari. Untuk pembuatan skck di wilayah sumatera selatan Polres lainnya kurang lebih sama. Sekarang tidak perlu lagi buat surat pengantar dari desa. Bisa langsung saja ke sentra pelayanan Pembuatan SkCk di Polres Masing-masing.

Jangka Waktu Berlakunya SKCK 

SKCK ini berlaku 6 bulan dari tanggal pembuatan. Jika sudah habis masa berlaku dan kurang dari 1 tahun, kalian bisa melakukan perpanjangan. Namun jika habis masa berlaku lebih dari 1 tahun, kalian harus membuat SKCK baru.

4 comments for "Cara Pembuatan SKCK di Polres Muara Enim Dan Sumatera Selatan 2020"

  1. Jadi sekarang nggak usah minta penghantar dari desa dan polsek dulu ya kalau mau buat skck?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lansung saja ke polres. Oh ya mapnya warna biru itu bukan merah.
      Maaf belum saya update. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Gk pakek surat pengantar dr kades sm polsek setempat ya min

    ReplyDelete
  3. Min klo bkn penduduk sini masih bisa gk buat skck
    Ktp saya sumbar sebab ny min
    Mohon bntuan ny min

    ReplyDelete