Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya


6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya

Hukum merupakan sebuah aturan dalam sebuah wilayah/negara yang harus ditaati. Setiap warga harus mematuhi aturan hukum yang berlaku. Tentu hukum di tiap negara bisa berbeda-beda. Indonesia menetapkan UUD 1945 sebagai dasar hukumnya. Selain itu tujuan hukum secara umum adalah menegakkan keadilan dan memberikan perlindungan bagi masyarakat.

Hukum juga memiliki unsur-unsur tertentu yang menjadi ciri khas hukum itu sendiri. Apa sajakah unsur dan ciri-ciri hukum yang ada? Kali ini akan kami bagikan info mengenai unsur-unsur hukum beserta contoh dan penjelasan lengkapnya.

Unsur-Unsur Hukum

Secara umum terdapat 4 unsur-unsur hukum yang meliputi :

1. Peraturan yang mengatur tingkah laku dalam pergaulan masyarakat

Hukum merupakan sebuah peraturan yang mengatur segala tingkah laku dalam interaksi dan pergaulan masyarakat. Secara umum, fungsi hukum memang bersifat mengatur hal-hal yang berkaitan tentang aktivitas manusia. Hukum memang bertujuan untuk menata segala aspek kehidupan dalam bermasyarakat.
Contohnya adalah jika ada seseorang yang melakukan tindakan kriminal seperti merampok atau membunuh, maka akan dikenakan hukum pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya

2. Peraturan diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib

Hukum hanya berhak dibuat oleh lembaga dan badan resmi yang berwenang. Artinya tidak semua orang atau organisasi boleh membuat hukum. Peraturan hukum hanya boleh dibuat oleh pihak-pihak yang berwenang dengan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.
Contohnya adalah hukum KUHP dibuat oleh negara, dalam hal ini adalah DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat. Artinya lembaga swasta tidak berwenang membuat dan meresmikan KUHP.

3. Peraturan itu bersifat memaksa

Pada umumnya peraturan itu bersifat memaksa. Sifatnya yang memaksa inilah yang merupakan unsur pembeda antara hukum dengan norma-norma lainnya yang berlaku di masyarakat. Masyarakat harus menaati peraturan yang ada dan jika melanggar akan disanksi sesuai aturan hukum.
Contohnya dalam aturan Undang-Undang pengendara motor wajib mengenakan helm. Jika ada pengendara yang tidak memakai helm maka harus ditilang meski pengendara menolaknya.
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya

4. Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas

Pelaggar hukum akan dikenakan sanksi yang tegas. Sanksi yang diberikan telah diatur pada hukum perundang-undangan sebelumnya dan telah disepakati. Sanski yang diberikan bisa berupa hukuman pidana/penjara, denda atau sanksi sosial lainnya, bahkan ada juga yang sampai hukuman mati.
Contohnya adalah tersangka kasus korupsi maka akan mendapatkan sanksi berupa hukuman pidana/penjara. Sanksi akan divonis berdasarkan putusan peradilan.
Unsur Unsur Hukum lainnya yaitu terdiri atas unsur hukum idiil dan unsur hukum riil.

5. Unsur Hukum Idiil

adalah unsur yang terletak pada bidang yang sangat abstrak. Unsur ini terdapat dalam diri setiap pribadi manusia, yaitu terdiri atas beberapa unsur, yaitu :
a. Cipta, harus diasah yang dilandasi logika kognitif. Unsur ini menghasilkan ilmu mengenai pengertian (begrippen).
b. Karsa, harus diasah, yang dilandasi tika dan berorientasi pada aspek konatif.
c. Rasa, harus diasah dan dikembangkan dengan landasan estetika dan beraspek afektif dalam perspektif aksiologi yang melahirkan asas-asas (beginselen).
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya

6. Unsur Hukum Riil

adapun unsur hukum riil karena sifatnya konkret, bersumber dari kehidupan manusia, seperti tradisi, norma sosial, pembawaan alamiah manusia semenjak dilahirkan dan lainnya. Unsur hukum idiil bersumber pada perasaan sehingga sifatnya berubah-ubah dan sukar dievaluasi.
Unsur Hukum Idiil mencakup hasrat susila dan rasio manusia. Hasrat menghasilkan asas asas hukum (Contohnya : tidak ada hukuman tanpa kesalahan). Rasio manusia menghasilkan pengertian hukum (Cotohnya : subjek hukum, hak dan kewajiban).
6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya

Unsur Hukum Riil terdiri atas manusia, kebudayaan materiil dan lingkungan alam. Unsur hukum riil menghasilkan tata hukum. Adapun unsur hukum idiil menghasilkan kaidah kaidah hukum melalui filsafat hukum yang berperan dalam pembentukan tata hukum. Unsur hukum riil melahirkan ilmu mengenai kenyataan. Unsur ini mencakup aspek ekstern-sosial dalam pergaulan hidup masyarakat. Oleh karena itu, unsur riil berkaitan dengan kehidupan manusia, masyarakat dan hukum.
Apa saja unsur unsur hukum?
Secara umum terdapat 4 unsur-unsur hukum yang meliputi :
Peraturan yang mengatur tingkah laku dalam pergaulan masyarakat.
Peraturan diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib.
Peraturan itu bersifat memaksa.
Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas.
Apa itu ciri ciri hukum?
Ciri Ciri Hukum
Peraturan dimonitor oleh badan berwenang. Peraturan bersifat memaksa. Sanksi tegas terhadap para pelanggar. Berisi perintah atau larangan terhadap sesuatu.
Apa arti dari hukum?
Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum perdata dan lain-lain.
Apa yang dimaksud dengan hukum dan contohnya?
Pengertian Hukum adalah suatu sistem peraturan yang di dalamnya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, serta mencegah terjadinya kekacauan.
Hukum dibagi menjadi berapa?
Macam Macam Hukum. Berdasarkan bentuknya hukum terbagi menjadi 2 yaitu hukum tertulis dan hukum tidak tertulis. Hukum tertulis adalah hukum yang ditulis dalam perundang-undangan. Contohnya: hukum pidana yang dicantumkan di KUHP pidana dan hukum perdana yang dicantumkan di KUHP perdata.
Adakah pengertian hukum yang berlaku umum?
Pengertian Umum Hukum adalah. ... Berikut Pengertian hukum menurut para ahli yang dapat dilihat dibawah ini : Prof. Mr. E.M. Meyers.Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat, dan menjadi pedoman bagi penguasa negara dalam melaksanakan tugasnya.
Apa fungsi dari hukum?
Fungsi dari hukum secara umum adalah : Hukum berfungsi untuk melindungi kepentingan manusia; Hukum berfungsi sebagai alat untuk ketertiban dan keteraturan masyarakat; Hukum berfungsi sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial (lahir batin).
Apa pengertian hukum menurut para ahli hukum?
Definisi hukum menurut para ahli hukum indonesia. ... Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib.
Apa yang dimaksud dengan hukum pokok?
Yang termasuk dalam hukuman pokok yaitu hukuman mati,hukuman penjara,hukuman kurungan,hukuman denda. Yang termasuk hukuman tambahan yaitu:pencabutan beberapa hak tertentu,perampasan barang yang tertentu,pengumuman keputusan hakim.
Apa saja hukum yang tertulis?
Pengertian Hukum Tertulis
Hukum Tertulis adalah hukum yang telah ditulis dan di cantumkan dalam peraturan perundang-undangan Negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. Contoh hukum Tertulis : hukum perdata tertulis dalam KUH Perdata, hukum pidana dituliskan dalam KUHPidana.

Nah itulah artikel hukum mengenai unsur-unsur hukum beserta contoh, penjelasan dan ciri-cirinya lengkap.

Post a Comment for "6 unsur-unsur hukum yang ada di indonesia beserta contohnya"