Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN


19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Kota Jambi adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi, Indonesia. Kota Jambi dibelah oleh sungai yang bernama Batanghari, kedua kawasan tersebut terhubung oleh jembatan yang bernama jembatan Aur Duri.

banyak hal menarik yang dapat anda lakukan di kota jambi ini dari mencicipi kuliner khas jambi sampai bersantai di tempat wisata populer. selain itu juga anda dapat mempelajari kebudayaan yang ada di kota jambi ini.
sebagai ibu kota provinsi tentunya kota jambi menyimpan banyak sekali tempat wisat menarik untuk dikunjungi. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba merekomendasikan beberapa tempat wisata di kota jambi untuk anda.

TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI

berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di kota jambi untuk anda semua.

1. Taman Rimba Zoo Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Taman rimba merupakan satu-satunya taman wisata fauna yang menjadi kebanggan warga jambi. Memiliki lokasi yang tak jauh dari area bandara menjadikan taman ini menjadi tampak beda. Setiap wisatawan yang berkunjung dari luar daerah setiap harinya apabila hendak pergi atau pulang menuju bandara maka akan melintasi taman ini.  Saat ini Taman Rimba menjadi salah satu daftar kunjungan wisata bagi para warga jambi. Keragamaan hewan yang terdapat disini menjadi alasan bagi para orang tua membawa anak-anaknya untuk mengenalkan secara langsung hewan apa saja yang berada disini.
Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan yang berada disana dengan memberikan makanan kepada meraka. Hal ini dipanatau langsung oleh petugas, serta hewan yang diizinkan untuk diberikan makan hanya hewan-hewan tak membahayakan bagi keselamatan manusia. Selain itu bukan hanya kumpulan hewan yang terdapat disini. Namun di tempat yang berbeda namun dalam satu lingkungan Taman Rimba berdiri 7 Rumah adat dari beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. Sehingga para wisatawan dapat berfoto-foto mengabadikan moment pada saat berkunjung ke jambi. Serta terdapat area luas yang digunakan untuk jogging pada sore hari. Dan jika pada minggu pagi maka area ini akan dipenuhi oleh warga jambi untuk berolahraga dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat lainnya.
Jika anda berencana mengunjungi tempat ini maka anda bisa langsung menuju area bandara tak jauh dari sana ada plank yang bertuliskan taman rimba.
Alamat: Talang Bakung, Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi.

2. Danau Sipin
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Masih menjadi mitos atau memang kenyataan bahwa pusatnya Jambi Tanah Pilih Pusako Betuah berada di titik Danau Sipin. Danau ini berada tepatnya di belakang Kantor Dinas Gubernur Provinsi Jambi. Banyak aktifitas yang dilakukan di danau ini selain aktifitas para nelayan danau ini juga digunakan sebagai latihan dayung oleh para atli.
Jika anda berkunjung ke jambi maka ini bisa menjadi pilihan kunjungan anda. Disini anda bisa melihat riuhnya air, burung-burung indah yang beterbangan, dan keindahan sunset pada sore harinya. Anda juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu nelayan.
Alamat: Jl. Ade irma Suryani Nasution, Telanaipura, Legok, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

3. Taman Wisata Kampoeng Radja
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Kampung Raja merupakan tempat yang menyediakan wahana permainan. Sedikitnya terdapat 16 wahana permainan antara lain Seperti Gokart, Mobil Buggi, Jasmine Water Park, paintball, Outbound regular flaying fox, outboand ekstreem flaying foox, Sepeda air, Kiddy land, confoy bus, sepeda layang, Bumper boat, kereta api, Istana balon, Ombang-ambing, kolam pamancingan dan mutar-mute.  Kampung raja terletak di  Alamat. Jln. Lingkar Barat. No. 108 Kenali Besar. Simp. Rimbo Jambi Telp. (0741) 584059 Fax: 58406. Kampung Raja buka setiap hari dari jam 09.00 -17.00. Harga tiket yang masuk di kampung raja Rp.45.000 per orang. Gratis 10 wahana permainan dan mendapatkan 1 botol soft drink.
Taman hiburan dengan wahana dan taman rekreasi air, dengan kolam renang, serta perahu dan ATV sewaan.
Alamat: Jl. Lkr. Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

4. Menara Gentala Arasy
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Menara Gentala Arasy sendiri memiliki tinggi sekitar 85 meter, dan di atas puncaknya terletak sebuah jam besar_mirip dengan Jam Gadang di Kota Padang. Para wisatawan diperbolehkan naik ke atas untuk menikmati panorama Sungai Batanghari serta kota Jambi. Lantai dasar Menara Gentala Arasy diperuntukan sebagai museum yang menceritakan tentang sejarah bagaimana islam bisa masuk dan tersebar di wilayah Jambi.
Menurut petugas di Menara, nama “Gentala Arasy” diberikan oleh budayawan Jambi H.Junaidi T Noor. Yang artinya “lonceng pengatur waktu yang menjulang tinggi”, sedangkan kata “Arasy” adalah singkatan dari Abdurrahman Sayuti. Yaitu, nama salah seorang Mantan Gubernur Jambi yang berasal dari Seberang Kota Jambi.
Alamat: Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi.

5. Jembatan Gentala Arasy
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Gentala Arasy merupakan jembatan yang berkonsep sebagai pendestrian bagi pejalan kaki yang kini menjadi ikon baru bagi warna jambi. Jembatan dengan panjang 503 meter dan lebar 4.5 meter ini berada di atas sungai batanghari yang mengubungkan kota jambi dengan kota seberang. Gentala Arasy yang berarti Genah Tanah Lahir Abdurahman Sayuti dibangun pada tahun 2012 pada saat pemerintah Hasan Basri Agus. Letaknya tepat di depan rumah dinas Gubernur Jambi.
Berada di pusat kota menjadikan Gentala Arasy menjadi pilihan bagi pengunjung untuk menikmati kota jambi. Ditambah lagi lokasinya bersebelahan dengan Mall Ramayana dan WTC menjadi lokasi gentala arasy sangat strategis. Jika anda berminat untuk berkunjung maka anda bisa berkunjung kapan saja tanpa ada batasan waktu. Jika anda berkunjung pada malam hari maka ini waktu yang tepat. Anda bisa melihar keindahan lampur warna-warni yang menghiasai sepanjang sisi jembatan. Selain itu banyak juga tersedia berbagai macam menu makanan yang bisa anda nikmati dengan keluarga anda.
Alamat: Kasang, Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi.

6. Tugu Keris Siginjai Kota Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Tugu ini merupakan pemugaran dari bangunan sebelumnya yang dikenal dengan Tugu Jam atau Tugu Monas.
Tugu ini diresmikan pada 31 Desember lalu, tepatnya saat malam pergantian tahun baru di 1 Januari 2018 oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. Tugu Keris Siginjai ini berada di pusat pemerintahan Kota Jambi, tepatnya di Kota Baru di bundaran depan Kantor Wali Kota Jambi.
Alamat: Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

7. Sipin lake
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Mencari tempat hiburan yang bernuansa alami bisa terbilang cukup sulit dikawasan Kota Jambi ini. Akan tetapi kalau memang berkeinginan mencari suasana yang alami bisa kita temui di kawasan danau sipin. Dikawasan ini terdapat salah satu tempat hiburan wisata yang bersuasana alami yakni dikenal dengan “Sipin Lake”.
Alamat: Legok, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

8. Taman Tanggo Rajo
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Liburan ke Kota Jambi, Provinsi Jambi, tak akan lengkap tanpa mengunjungi lokasi satu ini. Ancol, begitu masyarakat Jambi menyebut tempat tersebut. Kalau pemerintah sih memberikan nama Taman Tanggo Rajo. Ancol atau Taman Tanggo Rajo ini tempatnya sebenarnya sangat sederhana. Jangan bayangkan saat ke Ancol Jambi sama dengan Ancol yang di Jakarta ya.
Ancol ini letaknya di tepian Sungai Batanghari, berada tepat di rumah dinas Gubernur Jambi. Tidak tahu pasti ni mengapa disebut Ancol, yang pasti sebutan ini sudah puluhan tahun, dan melegenda di pikiran masyarakat lokal.
Apa saya yang bisa dinikmati di sini? Pada dasarnya Ancol merupakan tempat untuk bersantai, cocok dinikmati sore hingga malam.
View yang ditawarkan adalah pesona Sungai Batanghari dengan segala aktivitas menari di atasnya. Duduk sembari memandangi kapal-kapal kecil yang lalulalang di sana. Selain itu juga lokasi ini sebagai lokasi wisata kuliner. Makanan khas yang ditawarkan adalah es tebu dan jagung bakar.
Alamat: Jl. Sultan Thaha No.15, Kasang, Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi.

9. Taman Hutan Kota Muhammad Sabki Mayang Kota Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Alamat: Kenali Asam Bawah, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

10. World Of Water Waterpark
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Masih bingung memilih tempat wisata? Tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke World of Water Citraraya City, di Mendalo, Kabupaten Muarojambi.
World of Water Citraraya City menyediakan wahana umum untuk bermain air. Bukan hanya berenang, tapi di sini juga menyediakan paket birthday party, gathering dan sebagainya.
Tempat ini juga merupakan salah satu wisata air yang direkomendasikan Jambi Tourism Community (JTC).
Dengan kawasan seluas 10 hektare, setiap harinya World of Water Citraraya City selalu dipenuhi pengunjung. Bahkan saat liburan pernah membeludak hingga 3.800 orang. Angka ini melebihi kapasitas sekitar 2.000 orang.
Alamat: Citraraya City, Mendalo Darat, Jambi Luar Kota, Jambi City, Jambi.

11. Taman Kongkow Kota Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Tempat ini terdapat arena fitness outdoor, taman bermain anak, serta spot foto yang tampak kekinian. Arena fitness didominasi warna kuning dan merah, taman bermain anak dipenuhi oleh anak-anak dan ibu yang menjaganya.
Selain itu ada beberapa gajebo dan bangku taman untuk pengunjung beristirahat. Taman ini cukup luas dan tampak asri karena ada banyak tanaman disetiap tempat.
Karena ini taman terbuka maka cuaca panas akan sangat terasa. Banyak yang memilih duduk di bawah pohon atau gazebo yang tersedia. Sebaiknya datang saat sore-sore sekali atau pagi-pagi sekali.
Alamat: Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

12. Taman Anggrek Sri Sudewi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Jika anda berkunjung ke Jambi maka tak ada salahnya untuk mampir ke Taman Anggrek Sri Soedawi. Terletak di jantung kota yang berhadapan dengan komplek perkantoran gubernur menjadikan taman ini sangat mudah untuk diakses oleh para pengunjung. Dengan luas 2,5 Ha Taman ini memiliki koleksi tanaman anggrek lebih dari 60 jenis. Sehingga pada saat berkunjung kesini, maka mata akan disuguhkan warna-warna bunga anggrek dan semerbak wangi yang berasal dari tanaman tersebut.
Kesejukan dan keasrian taman ini menjadikan pengunjung betah berada disini. Fasilitas gazebo dan air mancur pun tak kalah menghiasi taman ini. Khusus yang hobi foto-foto maka taman ini menjadi pilihan tepat, karna banyak lokasi yang bisa dijadikan backround untuk mengabadikan moment indah anda.
Alamat: Jl. A. Yani, Telanaipura, Jambi, Kota Jambi, Jambi.

13. Taman Hutan Pinus PAL X
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Sebagai kota yang berada di daratan rencah, sebenarnya agak sulit menemukan hutan pinus yang dapat ditumbuh di kota jambi. Sebab kita banyak menemukan hutan pinus tumbuh di daratan rendah dengan suhu yang sejuk. Namun ternyata kota jambi memiliki hutan pinus yang berjajar rapid an menjulang tinggi. Terletak di jalan Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam Bawah, tepat berada di gerbang perbatasan Kota Jambi – Kab Muaro Jambi. Taman ini awalnya adalah tempat pembudidayaan tanaman Pinus, yang mulai dibangun pada tahun 1964 dan kemudian berkembang menjadi Taman. Jika anda berada dijambi maka tak ada salahnya mampir kesini. Hutan dengan luas kurang lebih 10 Ha dengan ditumbuhi berbagai jenis pohon yang bukan hanya pinus, namun ada pula pohon seperti bulian, tembesu, dan gahar yang tidak kita temui ditempat lain. Berbagai macam varietas burung serta kupu-kupu dan serangga lainnya juga banyak ditemukan disini. Tak perlu khawatir jika anda ingin mengekplore hutan pinus ini tak perlu melewati semak-semak belukar seperti hutan lainnya. Melainkan pengunjung sudah disediakan jalan setapak (Conblok) yang menjadikan penjelajah anda semakin menyenangkan.
Jika anda berencana berlibur bersama keluarga maka Candi Muaro Jambi bisa menjadi pilihan liburan anda. Candi Muaro Jambi merupakan situs sejarah peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu (11M). Candi Muaro jambi terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Jarak dari pusat kota cukup dekat, yaitu sekitar 26 km kearah timur dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.
Alamat: Jalan Palembang - Jambi, Kenali Asam Bawah, Kota Baru, Kenali Asam Bawah, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

14. Masjid Agung Al-Falah
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Masjid Agung Al-Falah merupakan masjid terbesar di Jambi, Indonesia. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid 1000 Tiang, meskipun jumlah tiangnya hanya 256 buah. Masjid ini dibangun pada tahun 1971 dan selesai pada tahun 1980. Sebenarnya jumlah tiang tak sampai jumlahnya 1.000 melainkan hanya berjumlah 232. Namun karna banyaknya tiang yang menjulang tinggi dan berjejer dengan rapi maka mesjid ini lebih dikenal warga dengan mesjid 1000 tiang. Bukan hanya itu disekliling mesjid terdapat kola yang banyak berisi ikan. Jika anda kesana bersama keluarga maka selain beribadah anda juga dapat bergembira dengan anak dengan sekedar memberi makan ikan disana.
Alamat: RT.01/RW.No.60, Jl. Sultan Thaha, Legok, Telanaipura, Jambi City, JambI.

15. Museum Perjuangan Rakyat Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Bangunan Museum Perjuangan Rakyat Jambi merupakan perpaduan gaya rumah Tradisional Jambi dengan arsitektur modern. Bangunan museum terdiri dari tiga lantai yang menyimpan koleksi berupa replika Pesawat Catalina RI-001, selempang merah, kampilan (senjata tradiional), diorama perjuangan rakyat jambi, alat komunikasi industri, pakaian dan perlengkapan perang, religi, numismatika, alat rumah tangga, foto-foto pejuang dan replika. Total koleksi dari Museum Perjuangan Rakyat Jambi berjumlah 438 buah.
Pendirian Museum Perjuangan Rakyat Jambi diprakarsai oleh Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD-45) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jambi yang saat itu dipimpin Drs. H. Abdurrahman Sayoeti. Tujuannya untuk menghimpun dan melestarikan benda-benda beserta kelengkapan yang digunakan para pejuang Jambi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Peletakan Batu pertama pembangunan Museum Perjuangan Rakyat Jambi dilakukan oleh Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia, Letjen Achmad Tharir pada tanggal 6 Juni 1993. Peresmian Museum ini dilakukan oleh Presiden Indonesia H.M Soeharto bersamaan dengan pembukaan MTQ Nasional ke XVIII di Jambi pada tanggal 10 Juli 1997. Sejak Saat itu Museum Perjuangan Rakyat Jambi dibuka untuk umum.
Alamat: Jl. Sultan Agung, No. 12, Lap. Banteng, Murni, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

16. Museum Siginjai Jambi
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Museum Siginjei mulai di bangun pada tanggal 18 Februari 1981 oleh Gubernur Jambi, Masjchun Sofwan, SH. Diresmikan oleh Menteri Pendidikan Prof.Fuad Hasan pada tanggal 6 Juni 1988 dengan nama Museum Negeri Provinsi Jambi kemudian pada tanggal 30 Oktober 2012 berganti nama menjadi Museum Siginjei. Bentuk bangunan bercorak arsitektur tradisional Jambi yaitu Rumah Kajang Lako dan Rumah Larik (Panjang) yang disesuaikan dengan keperluan teknik permuseuman. Bentuk Rumah Kajang Lako dituangkan pada bangunan gedung induk dan auditorium, sedangkan bentuk Rumah Larik (Panjang) dituangkan pada gedung administrasi, gedung storage, dan gedung konservasi/preparasi. Museum yang dibangun diatas tanah seluas 13.350 meter persegi, dengan luas bangunan 4.000 meter persegi ini menyimpan beraneka ragam benda peninggalan sejarah dan budaya Jambi. Koleksi yang terdapat dalam Museum dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, seperti: biologika, geologika, arkeologika, etnografika, numismatika, heraldika, dan keramalogika. Keistimewaan koleksinya berjumlah sekitar 2.855 buah.
Alamat: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

17. Taman Remaja
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Taman remaja atau biasa dikenal orang TR merupakan taman yang disediakan untuk para muda mudi. Letaknya yang sangat strategis di pusat perkantoran, gedung olahraga, dan kuliner menjadikan taman ini ramai dikunjungi. Setidaknya jika anda sudah lelah berjalan jalan disekitar taman maka anda bisa langsung ke sisi kiri maka ada hidangan kuliner lezat disana yaitu mie ayam ceker dan es bidadari. Anda perlu mencobanya

18. Taman Jomblo
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Taman jomblo merupakan pendestrian yang dipersembahkan oleh pemerintah kota kepada warga jambi. Terletak di sekitaran kompleks perkantoran pemerintah kota jambi Kota Baru menjadikan taman ini tak pernah sepi. Setiap harinya banyak masyarakat yang hanya sekedar duduk-duduk dan menikmati keramaian kota bersama keluarga maupun kerabat. Jika anda sedang berkunjung ke jambi maka bisa mampir ke taman ini. Setiap minggunya lokasi ini dijadikan sebagai Car Free Day yang akan dipenuhi oleh sebagian masyarakat jambi.

19. jambi paradise
19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN

Jambi tidak hanya memiliki Gunung Kerinci dan Candi Muaro Jambi. Traveler juga bisa mengunjungi Jambi Paradise, destinasi asyik yang kekinian.
Lokasinya yang terletak di simpang Acai, sungai Gelam Kota Jambi, merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan berbagai keindahan alam. Mulai dari bermain perahu, flying fox, memberi makan ikan di danau dan bermain petak umpet di zona labirin.
Memiliki luas lahan sekitar 4 Hektar dan bentangan danau buatan yang hampir melingkari kawasan, turut memberikan banyak pilihan pada pengunjung untuk menikmati alam menggunakan sepeda santai.
itulah dia beberapa tempat wisata yang ada di kota jambi yang mungkin bisa menjadi referensi liburan anda.

Post a Comment for "19 TEMPAT WISATA DI KOTA JAMBI TERBARU YANG KEKINIAN"