Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU


5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

Menurut peraturan Permendikbud No. 14 Tahun 2018 bahwa Siswa yang dibawah 6 tahun tidak dibolehkan masuk Sekolah Dasar (SD) kelas 1 meskipun kurang 1 hari, kecuali jika ada surat rekomendasi daro Psikolog / Dewan Guru bahwa sudah layak / kematangan bersekolah. sehinga jika tetap dipaksakan masuk sekolah maka akan keluar informasi invalid di dapodik. untuk mengatasi invalid ini agar bisa menyelasikan tugas dapodik anda harus melakukan upload surat keterangan dari psikolog maupun dari dewan guru.

untuk mengupload surat tersebut sebenarnya tidaklah susah cukup mudah. jika anda tidak tahu cara upload surat dari psikolog ke dapodik versi terbaru ini 2020 anda berada di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara mengupload surat keterangan dari psikolog.
sebelumnya mungkin anda perlu tahu sedikit mengenai yang menentukan kematangan sekolah pada anak.
Untuk diketahui Surat Keterangan/Rekomendasi Psikolog yang dipersyaratkan oleh Sekolah seharusnya menggambarkan KEMATANGAN SEKOLAH, yaitu kesiapan seorang anak baik secara fisik maupun psikologis untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar. Jadi ada WAKTU CUKUP yang diperlukan oleh Psikolog untuk memeriksa anak dengan seksama sesuai dengan aspek kematangan sekolah yang harus diukur, sehingga kelak tidak ada kesulitan baik bagi siswa, orang tua dan sekolah. Tidak seperti Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang hanya berisi Pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan dan Tekanan Darah saja yang dapat dibuat hanya beberapa menit prosesnya.
Anak yang akan mulai masuk sekolah dasar, berada pada tahapan/masa anak lanjut. Masa ini merupakan salah satu tonggak dalam hidupnya, ditandai oleh banyak perubahan dalam sikap dan perilaku. Sekitar umur 6 tahun anak secara fisik mengalami perubahan bentuk badan kanak-kanak ke bentuk badan anak sekolah. Pada masa kanak-kanak kepala relatif besar, badan bulat, bagian atas dan bagian bawah sama lebarnya, kaki dan tangan relatif pendek dan bulat. Secara proporsional (dibandingkan dengan bagian-bagian badan lainya) untuk usia sekolah dasar kepalanya relatif kecil sedangkan lengan dan kakinya relatif panjang, badan relatif pendek dibandingkan dengan kaki, mulai tampak ada pinggang.
Bersamaan dengan perubahan perkembangan fisik, tampak pula ada perubahan mental. Menurut para ahli psikologi anak seperti Charlotte Buhler dan Hildegarde Hetzer (keduanya wanita Jerman) ada korelasi yang signifikan antara perkembangan badan dan perkembangan jiwa, sehingga tingkat perkembangan fisik anak sekolah dapat merupakan patokan bagi kematangan jiwanya. Oleh karena itu salah satu patokan untuk menentukan kematangan sekolah anak (yaitu sejauh mana anak sudah cukup matang atau siap untuk dapat masuk kelas satu sekolah dasar) adalah dengan melihat perkembangan fisiknya. Ada anak yang pada umum 6 tahun sudah cukup matang untuk masuk kelas satu sekolah dasar, tetapi ada pula anak yang pada umur itu belum siap mengikuti pelajaran di kelas satu sekolah dasar, dan hal ini tidak hanya tergantung dari taraf kecerdasan saja. Dari pengalaman, kita mengenal anak-anak yang sudah berumur 6 tahun dan taraf kecerdasannya termasuk cukup tinggi, yaitu diatas rata-rata namun ditinjau dari perkembangan jiwanya mereka belum cukup matang untuk bersekolah. Mereka mengalami kesulitan dalam menangkap pelajaran di kelas, bukan karena daya tangkapnya kurang tetapi antara lain karena sikapnya yang masih kekanak-kanakan. Mereka belum dapat duduk diam di bangku dalam waktu yang lama, belum dapat memusatkan perhatian terhadap tugas-tugas yang diberikan. Secara umum mereka belum dapat menyesuaikan diri terhadap tuntutan-tuntutan lingkungan sekolah.

HAL-HAL APA SAJA YANG MENENTUKAN KEMATANGAN SEKOLAH SEORANG ANAK

1. Perkembangan fisik, merupakan salah satu faktor penentu kematangan sekolah anak. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan ukuran antropometrik, menemukan bahwa siswa-siswa yang gagal di kelas satu sekolah dasar, perkembangan fisiknya kurang matang dibandingkan siswa yng berhasil. Dalam hal ini minimal perlu dilihat Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halusnya.
2. Perkembangan mental merupakah salah satu patokan kematangan sekolah, yang dapat diukur dengan tingkat inteligensi atau tes kematangan sekolah. Kedua jenis tes ini terdiri dari bermacam-macam tugas yang harus diselesaikan oleh  anak.
3. Kematangan emosi, sejauh mana seorang anak masih tergantung pada orang tuanya atau masih terikat pada ibunya juga menjadi patokan kematangan sekolah. Anak yang masih terlalu “lengket” pada ibunya, segala sesuatu harus dilakukan oleh ibu atau bersama ibu, akan mengalami kesulitan jika di dalam kelas ia harus berpisah dari ibunya dan harus patuh terhadap peraturan-peraturan di kelas.
4. Sejak umur 4 tahun anak sudah mulai lebih mandiri, antara lain tampak dari kemampuan memilih kegiatan yang ingin dilakukan. Kegiatan mana yang dipilih tergantung dari minat anak dan pengaruh-pengaruh dari  lingkungan, yaitu lingkungan keluarga (termasuk cara pendidikan) dan lingkungan teman sebaya. Ada anak yang selalu ragu-ragu, takut-takut, atau selalu berubah-ubah dalam memilih kegiatan yang akan dilakukan.
5. Anak yang cukup matang untuk bersekolah tidak hanya dapat memilih sendiri suatu tugas, tetapi dapat pula menyelesaikan tugas itu. Perkembangan kesadaran akan tugas dapat dilihat dari kemampuan anak untuk menyelesaikan baik tugas yang diberikan maupun tugas yang dipilih sendiri. Menyelesaikan tugas yang dipilih sendiri memerlukan lebih banyak inisiatif daripada tugas yang diberikan oleh orang lain.
6. Ketepatan prestasi kerja juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kematangan anak bersekolah. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana anak itu mampu memperhatikan, berapa lama perhatiannya dapat bertahan, bagaimana daya konsentrasinya, keuletan bekerjanya, sejauh mana perhatiannya mudah beralih, dan sebagainya. Ketepatan kerja anak dapat dilihat dari tugas yang harus diselesaikan dalam beberapa hari; demikian pula keuletannya mengatasi kesulitan-kesulitan yang timbul, tanpa cepat-cepat meminta bantuan guru.
7. Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam menilai kematangan bersekolah adalah keteraturan anak baik dalam berpikir maupun dalam perilaku, termasuk tingkah laku sosial. Hal ini dapat dilihat antara lain dari cara menggambar, bermain, berbicara dan bekerjsama dalam tugas-tugas kelompok.

CARA UPLOAD SURAT DARI PSIKOLOG KE DAPODIKDASMEN 2020

Berikut adalah langkah-langkah Cara Upload surat Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru Di Web Manajemen Sekolah.

1. login dapodikdasmen 2020
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

Masuk ke alamat: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ klik login dan pilih Manajemen Sekolah.

2. masukkan user dan password
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

Masukan Username dan Password sesuai dengan akun Dapodik sekolah anda masing-masing.

3. pilih peserta didik

Setelah login silahkan anda pilih Peserta Didik yang dinyatakan harus melengkapi dokumen dari Psikolog / Dewan Guru seperti pada gambar berikut.
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU
Upload dokumen surat rekomendasi. Geser Scrool ke sebelah kanan seperti gambar berikut.
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

4. pilih dokumen surat anda

Pilih dokumen surat rekomendasi Psikolog / Dewan Guru yang sudah anda persiapkan yang telah anda persiapkan dengan mengklik tombol open. lihat gambar berikut.
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

Jika Dokumen Surat Rekomendasi telah berhasil diupload maka akan tampak seperti gambar berikut.
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

5. klik simpan

Langkah terakhir adalah klik tombol simpan dan tutup. Kemudian lakukan singkronisasi pada aplikasi Dapodik. Selesai sudah Dokumen Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru kita upload di Web Manajemen Sekolah.
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

berikut contoh surat keterangan dari sekolah 
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU

itulah dia cara mengatasi invalid siswa yang belum cukup umur 6 tahun dengan melakukan upload surat keterangan atau rekomendasi dari sekolah ataupun psikolog.

2 comments for "5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2020 TERBARU"

  1. Tidak bisa tersimpan Bapak... File saya hanya 318 kb. Mohon solusinya. Matur nuwun

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa tersimpan padahal sudah JPG dengan ukuran 318kb. Mohon solusinya!

    ReplyDelete