Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA


13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA

Saat memulai sebuah usaha selain keuntungan materi sebenarnya ada hal lain yang juga tidak penting untuk kita dapatkan, yaitu kepuasan pelanggan. Kepuasana pelanggan bisa kita artikan sebagai gambaran tingkah laku konsumen dalam mengapresiasi sebuah produk atau jasa yang telah kita berikan.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara memuaskan pelanggan anda dengan pelayanan yang anda berikan.

MEMBERIKAN KEPUASAN PELANGGAN

berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda tiru pada bisnis anda agar pelanggan anda puas dengan pelayanan anda dan balik lagi ketempat anda.

1. KERAMAHAN PETUGAS ATAUPUN PELAYANAN
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA

salah satu faktor yang sangat berpengaruh ketika anda menjalankan usaha agar bisa bersaing dan dapat memuaskan pelanggan anda ialah dari keramahan pelayanan anda. usahakan pelayanan anda untuk selalu ingat dengan metode 5S sapa, salam, senyum, sopan dan santun. karena dengan metode 5S ini sudah banyak sekali usaha yang mengalami kemajuan. bayangkan saja jika anda memulai usaha dengan bermuka masam ataupun membalas chat dengan nada keras maka tidak akan ada yang mau datang ke tempat usaha anda, namun jika pelayanan anda ramah senyum, membalas chat dengan baik dan sopan maka akan membuat pelanggan anda kemungkinan besar akan kembali lagi keusaha anda.

2. PENYELESAIAN ON-TIME

jika ingin membuat pelanggan anda puas maka yang harus anda lakukan ialah menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan tepat waktu, bahkan jika memang masalah yang urgent coba anda sesekali menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum waktunya pasti nya pelanggan anda akan sangat senang dan puas. ini juga berlaku bagi anda yang mempunyai restoran usahakan pesanan pelanggan harus tepat waktu di meja makan jangan membuat pelanggan anda menunggu walaupun itu hanya 1 menit karena waktu pelanggan anda sangat lah berharga.

3. BIAYA ATAU HARGA
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA

buatlah daftar harga dengan sangat jelas agar pelanggan anda tahu harus memesan apa yang dia inginkan. jangan pernah sesekali anda berjualan tanpa ada daftar harga karena akan membuat pelanggan anda menjadi bingung ketika membayar.

4. KENYAMANAN

KENYAMANAN pelanggan adalah sangat penting dalam usaha anda. berikan kenyamanan sebaik mungkin pada tempat anda berjualan. jika anda menawarkan barang dan jasa via online berikan kemudahan akses situs anda serta kemudahan dalam pemesanan dan pembayaran.

5. KECEPATAN PELAYANAN

jangan pernah anda menunda-nunda apa yang sudah menjadi permintaan klien anda. karena sekali anda menunda pekerjaan dari klien anda maka klien anda akan menganggap anda tidak bisa di percaya tentu saja untuk project kedepannya kemungkinan besar tidak akan diberikan kepada anda. biasakan kecepatan pelayanan anda jika ada pekerjaan dari klien selesaikan dengan tepat waktu ataupun sebelum waktunya agar pelanggan atau konsumen anda puas.

6. KEADILAN DALAM PELAYANAN
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA

Jangan pernah anda membedakan pelanggan anda, samakan kualitas pelayanan anda terhadap semua pelanggan anda jangan memandang kasta, agama, ras, ataupun project besar maupun kecil semua itu adalah pelanggan anda.

7. KEJELASAN PELAYANAN

berikan penjelasan terhadap pelanggan anda terhadap pekerjaan yang dia berikan kepada anda. kejelasana pelayanan yang baik itu selalu terukur dan terarah.

8. JADWAL PELAYANAN

berikan juga waktu dan jam jadwal pelayanan anda terhadap pelanggan anda. usahakan tidak bentrok dengan pekerjaan anda yang lain. usahakan tepat waktu dalam mengerjakan project dari klien anda.

9. LOKASI USAHA
13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA

Jika memang memungkinkan lokasa usaha anda harus berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan anda. namun jika tidak bisa berikan lah petunjuk arah mengenai dimana lokasi anda berada. saat ini anda bisa memasarkan produk atau jasa dengan bantuan google bisnis sehingga bisnis anda nantinya akan muncul di map maupun mesin pencarian.

10. STRATEGI PROMO

Cobalah  berikan penawaran yang menarik kepada pelanggan anda agar mereka puas misalkan diskon harga, beli 1 gratis 1, souvenir ataupun hal lainnya agar pelanggan anda merasa puas. jika memang memungkin berikan semisal gantungan kunci atau pin yang didalamnya terdapat info jualan anda secara gratis.

11. TESTIMONI

agar pelanggan anda puas berikan juga testimoni dari pelanggan lain ataupun jika memang anda menggunakan produk dan barang jasa yang sama dengan yang anda jual maka berikan testimoni dari anda selama menggunakan produk dan barang jasa tersebut. hal ini nantinya juga sangat berpengaruh kepada kepuasaan pelanggan anda.

12. PRODUK ATAU JASA BERKUALITAS

jangan pernah anda menjual produk atau jasa yang sudah rusak berikanlah produk dan jasa yang memang berkualitas dan pas di kantong pelanggan anda.

13. DENGARKAN KRITIK DAN SARAN

agar pelanggan anda merasa puas dengarkan juga kritik dan saran dari mereka mengenai usaha anda.
itulah dia cara agar pelanggan anda merasa puas dengan pelayanan ataupun produk dan jasa yang anda berikan.

Post a Comment for "13 CARA AGAR PELANGGAN ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN DAN PRODUK ANDA"