Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI


15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Kabupaten Penajam Paser Utara, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Penajam.
Kabupaten Penajam Paser Utara menyimpan kekayaan alam dan wisata yang bakal membuat betah siapa saja yang tinggal di sana termasuk para PNS yang akan diboyong seiring rencana pemindahan ibu kota.

Nama Penajam Paser Utara mendadak jadi perbincangan dan sorotan. Salah satu kabupaten di wilayah di Kalimantan Timur ini secara resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu lokasi ibu kota baru Indonesia.
Kabupaten Penajam Paser Utara, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yang beribukotakan Penajam. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Kota Balikpapan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasir dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat. Penajam merupakan kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Timur yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Pasir
Benuo Taka yang artinya Daerah Kita atau Kampung Halaman Kita adalah kata semboyan pada lambang daerah Kabupaten Penajam Paser Utara.  Semboyan ini mengadopsi dari bahasa Suku Paser yang bermakna bahwa Kabupaten Penajam Paser Utara terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan budaya namun tetap merupakan satu kesatuan ikatan kekeluargaan.
Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki Sumber Daya Alam yang cukup banyak dan beragam, baik sumber daya hutan berikut hasil ikutannya, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan serta kehutanan. Tentunya juga potensi wisata nya yang tak kalah menarik untuk kita bahas.

WISATA PENAJAM PASER UTARA

berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata yang ada di penajam paser utara yang hits instagramble dan cocok untuk bersantai bersama keluarga, pasangan, maupun teman.

1. Air Terjun Tembinus
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Air Terjun Tembinus atau biasa disebut Niagara Tembinus merupakan salah satu tempat wisata di Penajam Paser Utara yang seru dan cukup menantang di Kabupaten Penajam Paser Utara. Rasa lelah untuk menuju kawasan wisata ini seolah terbayarkan dengan pesona indah air terjun tembinus ini. Air terjun dengan tinggi tebing kurang lebih sekitar 25 Meter in.
Jutaan kubik air yang mengendap dan mengalir di rimba Tembinus berdesakan perlahan ke sungai kecil Tembinus. Lalu terjun bebas dari ketinggian sekitar 25 meter, terhempas di air dan batu gunung yang disusun alam Tembinus. Riaknya memainkan simfoni indah alam dan hembusan angin sejuk. Air kembali mengalir jauh menembus lahan tanaman industri. Inilah air terjun Tembinus.
di objek wisata di Penajam Paser Utara ini ribuan kubik air terjun melewati tebing bebatuan berlapis-lapis tersusun rapi. Ada juga yang sebelum tiba di kolam besar harus membentur batu gunung yang menjorok. Di tengah jatuhnya, air membentuk kolam dengan hamparan cukup luas. Di sinilah pengunjung berenang ceria di antara apitan bebatuan besar.
Lokasi : Trunen, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

2. Penangkaran Rusa Penajam
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Pada lokasi wisata di Penajam Paser Utara penangkaran rusa ini pengunjung bisa langsung melihat ratusan anak rusa dari berbagai jenis di penangkaran ini. Selain bisa menikmati aktivitas rusa, pengunjung bisa langsung memberikan makanan kepada rusa-rusa tersebut.
Spesies rusa yang diternakkan di Penangkaran Rusa Penajam kebanyakan berasal dari jenis Rusa Sambar Cervus Unicolor Brokei dan Rusa Timor Cervus Timorensis. Rusa dikenal suka berkumpul, sehingga di setiap kandangnya terdapat puluhan rusa. Saat ini jumlah rusa di penangkaran itu sekitar 200 ekor.
Lokasi wisata di Penajam Paser Utara ini sering mendapat kunjungan, baik domestik maupun mancanegara. Bagi mereka yang berminat tinggal beberapa hari di lokasi ini tersedia rumah tinggal sewa. Di areal seluas 50 hektare ini, selain kandang dan ladang penggembalaan, juga ditanam bermacam jenis rumput pakan, jalan lingkungan teratur baik,  kantor, gedung workshop, gudang, rumah dinas pegawai dan laboratorium.
Lokasi : Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

3. Ekowisata Mangrove
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Sebelumnya, lahan pengembangan ekowisata mangrove ini merupakan tempat pembudidayaan bakau. Namun kini dialihkan sebagai kawasan wisata di Penajam Paser Utara ekowisata yang memiliki luas satu hektare. Selain untuk pelesatarian wisata di Penajam Paser Utara ini juga didesain sebagai lokasi wisata.
Daya tarik utama lokasi ini, selain hutan mangrove adalah adanya titian sepanjang 400 meter. Keberadaan titian ini memungkinkan pengunjung untuk berkeliling hutan bakau tanpa harus basah oleh lumpur. Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung. Dan secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa kedekatan dengan bakau. Yang pada akhirnya berujung pada tumbuhnya kecintaan pada lingkungan hidup khususnya hutan bakau.
Pengunjung wisata di Penajam Paser Utara ini bisa masuk tanpa dipungut biaya dan bebas mengambil foto di ekowisata ini. Tempat favorit untuk berfoto adalah di salah satu jembatan yang dikelilingi pohon mangrove. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat hewan-hewan yang berada di sekitar ekowisata ini.
Lokasi : Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

4. Pantai Sipakario
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Pantai Sipakario merupakan satu wisata di Penajam Paser Utara di antaranya sekian banyak pantai yang terdapat di sepanjang garis pantai kelurahan Nipah Nipah. Kelurahan nipah nipah memiliki garis pantai sepanjang 8 km, karena  tempatnya yang strategis tepat berada di Teluk Balikpapan.
Di pantai ini ada spot foto cantik, yakni Jembatan. Jembatan ini sebenarnya merupakan penghubung dari tempat parkir menuju bibir pantai. Di jembatan ini pula, kalian akan langsung disuguhi pemandangan pantai di Teluk Balikpapan. Namun karena posisinya yang indah membuat jembatan ini juga bisa menjadi lokasi berfoto yang cantik.
Di sepanjang pantai wisata di Penajam Paser Utara ini, pengelola memasang banyak spot foto. Tersedia spot foto mulai dari kupu-kupu hingga tulisan LOVE raksasa.
Selain jadi lokasi foto yang estetik, perahu ini juga bisa kalian sewa untuk menyusuri pantai. Tentunya menggunakan pelampung agar lebih safety.
Lokasi : Jalan Coastal Road, Kelurahan nipah nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

5. Pantai Corong
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Pantai Corong memiliki berbagai macam daya tarik. lokasi wisata di Penajam Paser Utara ini memilki  hamparan pasir putih hingga deretan pohon kelapa yang pasti akan membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.
Pada-hari-hari libur, pantai ini ramai didatangi pengunjung dengan berbagai aktivitas pantai yang mereka lakukan. Mulai berenang bersama keluarga, piknik dan sebagainya. Tak sedikit juga pengunjung sekedar berlibur menikmati keindahan pantai ini.
Secara potensial, pantai wisata di Penajam Paser Utara ini memiliki berbagai macam daya tarik. Mulai hamparan pasir putih yang membentang puluhan kilometer hingga deretan rapi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi teduh dan menarik.
Pengunjung mengungkapkan alasan mereka menyukai pantai corong, selain hamparan pantai yang indah, alam yang ada di pantai ini masih tampak asri dan nyaman.
Lokasi wisata pantai corong ini kerap dijadikan lokasi tempat penyelenggaraan event skala lokal maupun nasional hingga internasional. Salah satu acara besar tahunan yang diadakan kabupaten Penajam Paser Utara di pantai corong adalah festival layang-layang Internasional.
Lokasi : Kelurahan tanjung tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

6. Pantai Tanjung Jumlai
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Objek wisata di Penajam Paser Utara ini menawarkan berbagai pesona yang dapat menenangkan hati yang menikmatinya. Salah satu kenikmatan yang pengunjung dapat nikmati ketika berkunjung ke tempat wisata ini adalah keindahan pantai tanjung dengan angin sepoi-sepoi sambil menikmati minuman es kelapa muda.
Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang bentangan pantai yang menambah keindahan suasana pantai. Keberadaan pepohonan kelapa di pantai ini menciptakan suasana sejuk ditambah dengan pemandangan yang menawan ke arah laut.
Pantai wisata di Penajam Paser Utara inidilengkapi dengan beberapa macam permainan di antaranya Banana Boat dan Flying Fox dan lain-lain. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti tempat duduk yang berderet di sepanjang pantai, WC umum, fasilitas penyewaan ban untuk berenang.
Di sepanjang pantai terdapat kios warga sekitar  yang menyediakan berbagai jenis makan dan minuman yang bisa dinikmati diantara sejuk udara pepohonan kelapa.
Lokasi : Kelurahan Seloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

7. Pulau Gusung
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Pantai Gusung menjadi rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara yang seru untuk diving di Kalimantan Timur. Pengunjung bisa mencoba menyelam di sekitar perairan. Pantai ini memiliki empat gugusan pantai atau timbunan pasir laut yang dikelilingi areal terumbu karang (coral reef)
Keindahan Pulau Gusung yang berada di wilayah perairan pantai tanjung jumlai Kabupaten PPU memang tidak diragukan lagi. Areal Terumbu Karang (Coral Reef) berada di sekeliling Gugusan Pasir yang muncul ketika air laut surut.
Pulau ini terletak di wilayah perairan pantai Tanjung Jumlai. Dapat ditempuh dengan menggunakan Speedboat dengan waktu kurang lebih 30 menit dan perahu motor (kelotok) sekitar satu jam.
Berdasarkan penelitian, disekitar gugusan pasir wisata di Penajam Paser Utara ini ditemukan 56 jenis karang dan 47 jenis ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Dari beberapa jenis ikan itu, terdapat ikan dengan nilai ekonomis tinggi, yaitu ikan baronang, kerapu dan kakap.
juga terdapat salah satu jenis ikan langka dan dilindungi, yakni ikan Napoleon. Menariknya, sekitar 80 persen kurang yang ada adalah karang hidup yang jarang.
Lokasi : Kelurahan Seloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

8. Waduk Sesulu
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Waduk yang memiliki luas ratusan hektare itu, merupakan salah satu objek wisata di Penajam Paser Utara yang potensial menjadi wisata andalan. Apalagi jika dikelola dengan baik,  pastilah tempat itu akan berujung pada daya tarik tersendiri.
Lokasi ini tempatnya bagus, memiliki danau yang luas dan ada bendungan di sana yang biasa dijadikan tempat bersantai dan berfoto. Banyak terdapat spot foto di lokasi ini, mulai dari memanfaatkan panorama sekitar, sampai dengan titian panjang mengular di area waduk.
Lokasi waduk juga bersih dari tanaman air, sehingga menjadi menarik dan cocok untuk mancing. Bahkan konon ada ikan toman di waduk sesulu ini. Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.
Lokasi : Gunung Batu, Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

9. Taman Bunga Rozelin
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Taman bunga ini dibangun di dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Jika berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjung dapat berfoto dan berjalan-jalan secara bebas. Pengunjung bebas mengambil foto di taman ini.
Selain dipenuhi pepohonan yang rindang, di bagian tengah wisata di Penajam Paser Utara ini pengunjung dapat menemukan danau. Kini taman yang bersebelahan dengan Gerbang Madani ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Selain gazebo untuk bersantai, juga ada permainan anak seperti peluncuran sampai kursi putar. Bahkan taman ini juga sudah dilengkapi berbagai hewan termasuk monyet.
Monyet ini cukup menjadi perhatian pengunjung termasuk anak-anak. Selain ada yang dikandang juga ada monyet yang hanya diikat sehingga pengunjung bisa bermain-main.
Pengunjung umumnya suka bersantai di pandopo atau gubuk yang ada di dalam taman. Ada juga kolam yang memiliki jembatan dan dipasangi payung-payung di atas jembatan tersebut, sehingga bagus untuk berfoto kekinian untuk di upload di Instagram.
Lokasi : Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

10. Goa Tolu Liang
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Gua yang berada di dalam kawasan konservasi PT. Suskses Tani Nusa Subur memiliki stalaktit dan stalakmit yang membentuk ornamen-ornamen yang sangat indah. Goa juga memiliki aliran sungai yang berarus cukup deras dan jernih.
Dari mulut gua sampai ujung gua telah difasilitasi dengan jalan masuk dan tangga yang terbuat dari kayu ulin, serta penerangan di dalam gua. Sehingga terlihat jelas keadaan dan kondisi di dalam gua.
Dalam kawasan konservasi yang juga berfungsis ebagai kawasan wisata di Penajam Paser Utara ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Fasilitas ini dikembangkan guna mempertahankan kelangsungan hidup tumbuhan dan perkembangbiakan hewan yang terdapat di dalamnya.
Jenis-jenis flora yang terdapat di dalam kawasan konservasi diantaranya: Ulin, Meranti, Terap, Bangeris, Rotan, Kaeiwaya, Aren.
Jenis-jenis fauna yang terdapat di dalam kawasan konservasi diantaranya: Elang Brontok, Elang Bondol, Karangkeng Perut Putih, Rangkong Gading, Rangkong Badak, Srigunting, Kucing Hutan, Rusa Samabar, Trenggiling, Lutung Merah, Owa Kelawat, Beruang Madu, Monyet Ekor Panjang, Monyet Beruk, dan Ular Sanca.
Lokasi : Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

11. Goa Besiang
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Seperti umumnya goa di daerah kapur, di dalam gua ini terdapat stalaktit dan stalagmit. Namun ada yang unik dengan stalagmit di goa Besiang, yakni bentuknya seperti Pocong tergantung, dengan kepala di bawah.
Goa ini juga cukup luas. Saat pengunjung masuk ke dalam goa ini seolah lagi masuk ke dalam perut bumi yang gelap tetapi menyimpan hiasan-hiasan batu yang luar biasa unik dan indah. Untuk itu sebelum masuk ke dalam, pengunjung harus menyediakan senter terlebih dahulu.
Di salah satu sudut gua wisata di Penajam Paser Utara ini, tepatnya di hadapan depan pintu, ada banyak kelelawar.
keberadaan Goa ini belum begitu terekspos di masyarakat, karena itu kunjungan masih sangat kurang. Kalaupun ada berkunjung, itu adalah komunitas terbatas yang memang punya perhatian khusus pada goa, misalnya mahasiswa geologi dan kelompok pencinta alam. Hal ini malah menguntungkan, karena goa menjadi tetap alami dan belum tercemar.
Akses menuju ke gua ini bisa ditempuh dengan menggunakan roda 4 dan roda 2 dengan jarak kurang lebih 13 km dari jalan poros provinsi.
Lokasi : Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

12. Pesta Adat Nondoi
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Nondoi merupakan pesta adat suku Dayak Paser. Pesta Adat Nondoi dilaksanakan 2 tahun sekali. Dalam Pesta Adat Nondoi dilaksanakan upacara pesta panen, syukuran, pagelaran tari dan lain-lain.

13. Pesta Pantai Sipakario

Pesta Pantai Sipakario diadakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Penajam Paser Utara. Pesta Pantai Sipakario diadakan setiap tahun. Adapun materi acara adalah Festival Layang-layang dan Lomba Perahu Hias, Parade Band, pagelaran tari dan lain-lain.

14. Pesta Pantai Lango
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Pesta Adat Pantai Lango diadakan dalam rangka memperingati bulan Safar. Rangkaian upacara yang diadakan adalah pelarungan sesaji ke laut dengan tujuan agar penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan diberi kelimpahan hasil laut.

15. Mentawir Coal Loading Port
15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI

Wisata air yg lagi dikembangkan oleh warga sekitar tepat nya di desa mentawir.
itulah dia beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di PENAJAM PASER UTARA.

Post a Comment for "15 TEMPAT WISATA PENAJAM PASER UTARA YANG INSTAGRAMBLE TERBARU YANG WAJIB DI KUNJUNGI"