Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

ONE DAY ONE HADIST

ONE DAY ONE HADIST

11 Desember 2017/ 22 Rabi'ul Awal 1439



At-Taqwa


عن ابن مسعودٍ رضي الله عنه: أنَّ النَّبيّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول: ((اللَّهُمَّ إنِّي أَسألُكَ الهُدَى، وَالتُّقَى، وَالعَفَافَ، وَالغِنَى)). رواه مسلم. 
Dari Ibnu Mas'ud r.a. bahawasanya Nabi s.a.w. bersabda:
"Ya Allah, sesungguhnya saya memohonkan padaMu akan petunjuk, ketaqwaan, menahan diri dari apa-apa yang tidak diperkenankan serta kekayaan hati." (Riwayat Muslim)


Pelajaran yang terdapat dalam hadits:



  1. Al-huda yaitu al-irsyad artinya jalan yang benar.
  2. At-tuqo artinya mentaati semua perentah dan meninggalkan semua larangan.
  3. Al- 'affaf artinya menjahui semua yang tidak diperbolehkan.
  4. Al-ghina yaitu, dirinya merasa cukup dan tidak serakah dengan apa yang dimiliki orang lain.
  5. Kemulyaan yang tinggi yaitu,  bersandar kepada Alloh dalam setiap keadaan.
  6. Doa merupakan pelajaran, apa yang kita minta harus sesuai dengan usaha untuk mengaplikasikan dalam perbuatan.



Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:



Janji yang akan didapat bagi orang yang bertakwa


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.
[Surat Al-Anfal 29]

Rasulullah adalah orang yang paling mengenal Allah dan paling takut kepada-Nya
------------------
Sahih al-Bukhori:6757

عَنْ عَائِشَة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: صَنَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْئًا تَرَخَّصَ فِيهِ وَتَنَزَّهَ عَنْهُ قَوْمٌ، فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ: 

مَا بَالُ أَقْوَامٍ يَتَنَزَّهُونَ عَنْ الشَّيْءِ أَصْنَعُهُ، فَوَاللَّهِ إِنِّي أَعْلَمُهُمْ بِاللَّهِ وَأَشَدُّهُمْ لَهُ خَشْيَةً.

Dari Aisyah ra: Nabi saw melakukan sesuatu yang merupakan rukhshah, namun sebagian kaum menjauh dari hal itu (enggan melakukannya). Berita itu kemudian sampai kepada Nabi saw, maka beliau memuji Allah dan memuji-Nya, lantas bersabda:

Apa alasan kaum itu menjauhi sesuatu yang aku lakukan, demi Allah, aku adalah manusia yang paling mengenal Allah dan paling takut kepada-Nya.


Pesan :

1. Rasulullah adalah orang yang paling mulia dan diampuni dosanya, namun demikian beliau adalah orang yang paling takut kepada Allah. Hendaklah kita sebagai umat Rasulullah mencontoh baginda dalam hal tersebut.

2. Larangan berlebihan dalam agama, karena Allah memberikan rukhsah atau keringanan dalam syariat Islam demi kebaikan dan maslahat manusia.

One Day One Hadist

Post a Comment for "ONE DAY ONE HADIST"