Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU

BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU
BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU
sim card

CaraMemperbaiki Kartu Sim Card Yang Tidak Terbaca di HP? Memang merupakan hal yang sangat menjengkelkan pada ketika bermain ponsel atau smartphone lalu tiba-tiba Handphone mengalami kehilangan sinyal dan setelah dicek ternyata kartu SIM tidak terbaca. Atau mungkin ketika kejadian melaksanakan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode lalu ketika dinyalakan lagi tiba-tiba tidak ada sinyal dan kartu tidak terbaca.

kartu sim tidak terbaca - bagaimana cara mengatasi sim card tidak ada layanan karena tidak terbaca oleh handpone anda?. pastinya anda pernah mengalami hal ini bukan. tiba-tiba saja handphone anda tidak ada layanan bahkan sinyal satupun tidak ada akhirnya jaringan anda pun menghilang. sinyal yang hilang karena kartu sim tidak terdekteksi pada hp pastinya akan menggangu aktivitas anda. baik itu untuk menerima telpon, sms bahkan untuk bertransaksi melalui internet karena kartu anda tidak ada layanan.
penyebab yang menimbulkan terjadinya masalah ini, ialah salah satunya seringnya berganti kartu sim yang menyebabkan konsleting dan aus pada konektor dan akhirnya konektor tidak bisa membaca lagi chip dari kartu SIM. Untuk itu perlu anda lakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai HP tidak membaca SIM Card ini.
BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU

Caranya ialah cobalah anda untuk memasang kartu SIM pada ponsel lain untuk memastikan bahwa kartu sim anda baik. Jika kartu sim terbaca di hp lain maka konektor tempat kartu sim anda kemungkinan yang menjadi penyebab tidak ada layanan, jika kemungkinannya konektor maka anda dapat membersihkannya terlebih dahulu, dan apabila anda sudah membersihkan konektor dan masih tidak ada layanan, kemungkinan besar rusak ialah hardware atau prosesor IC PA, untuk hal ada baiknya langsung  dibawa ke tukang service.
jika sudah anda lakukan cara diatas dan masih saja kartu sim tidak ada layanan, lantas bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan tersebut. baiklah saya akan membagikan beberapa trik yang mungkin akan membantu anda dalam mengatasi masalah ini.

1. cek kartu sim apakah sudah terpasang dengan baik

langkah pertama untuk mengatasi sim card tidak ada layanan ialah dengan mengecek posisi kartu sim apakah sudah terpasang deangan baik dan benar. walaupun cara ini terlihat sederhana akan tetapi kebanyakkan orang ataupun anda tidak sengaja memasang kartu sim dalam posisi terbalik ataupun jika anda menggunakan handphone jadul sedangkan kartu anda nano sim card pastikan bahwa kartu sim tersebut benar-benar berada pada posisi terbaik.

2. bersihkan cahce dan data sampah

salah satu cara terbaik untuk meningkat sinyal ialah dengan cara  menghapus cahce dan data sampah pada handphone anda baik itu samsung, xiaomi, oppo, lenovo perlu sekali-kali untuk menghapus cache. caranya cukup mudah yakni ke settings > storage > internal storage > cached data ataupun bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Restart perangkat android Anda

Ketika anda merestart telepon Anda sebagian besar perangkat lunak yang memiliki kesalahan kecil secara otomatis akan diperbaiki. Jadi dapat dikatakan ketika merestart perangkat android Anda  memungkinkan memperbaiki SIM Card yang tadinya tidak terdeteksi itupun jika belum parah. Jika cara ini belum menyelesaikan masalah anda mari kita lanjut ke cara berikutnya.

4. Memeriksa tray SIM Card

Langkah selanjutnya jika belum berhasil maka anda harus mematikan perangkat Anda dan kemudian keluarkan kartu SIM dari perangkat anda . cek kartu sim anda jika berdebu maka bersihkanlah. Caranya yakni  dengan Meniup debu pada Kuningan SIM Card ataupun menggunakan kapas pastikan kuningannya tidak tergores ataupun rusak. Kemudian masukkan kembali SIM Card anda ke perangkat android. Cobalah hidupkan kembali android anda dan Periksa apakah sekarang SIM card anda sudah terdeteksi.
BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU

5. cek konektor tempat kartu sim pada handphone

ketika handphone anda masih dalam keadaan mati ceklah terlebih dahulu konektor tempat kartu sim anda. jika kotor maka harus anda bersihkan saran saya gunakan cotton bud dan minyak kayu putih. jika konektor bengkok maka benarkan posisinya kesemula namun jika konektor rusak ataupun patah maka anda harus menggantinya. jika tidak bisa bawalah ke tempat service handphone terdekat dengan lokasi anda.

6. telpon CS operator

jika hp anda tidak bermasalah maka telepon cs operator anda dan tanyakan apakah jaringan didaerah anda terganggu atau tidak.

6. Beralih Mode Pesawat  (Plane Mode)

sesudah memastikan tidak ada masalah dengan kartu SIM anda, kemudian konektor anda baik-baik saja, dan bahkan kata cs operator jaringan didaerah anda tidak terganggu. maka yang harus anda lakukan selanjutnya ialah cobalah untuk beralih ke mode pesawat terlebih dahulu selama kurang lebih 30 detik kemudian matikan lagi mode pesawat tersebut maka secara otomatis jaringan akan muncul kembali.

7. Mengatur Mode Jaringan ke Otomatis

Terkadang anda salah memilih operatir jaringan yang menyebabkan tidak ada sinyal. Rubahlah Mode jaringan ke Otomatis atapun manual sesuaikan jaringan dengan operator jaringan anda. jangan sampai salah memilih operator karena akan menyebabkan tidak ada layanan. berikut cara berpindah jaringan dari 3G ke 4G untuk semua handphone.

8. Reset Ulang perangkat anda ke setelan pabrik.

Cara terakhir namun tidak saya anjurkan ialah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik. Cara ini mempunyai resiko seperti bootloop, mati total.

Itu lah dia cara mengatasi tidak ada sinya yang disebabkan oleh sim card tidak ada layanan pada handphone samsung, oppo, lenovo, nokia, xiaomi dan lainnya.

11 comments for "BEGINI 8 SOLUSI DAN CARA MENGATASI SIM CARD TIDAK ADA LAYANAN PADA HANDPHONE TERBARU"

  1. Replies
    1. sama2 mas semoga bermanfaat bagi anda. terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Delete
    2. Kak mau tanya ni saya pakek jaringan tri kalo di dalem rumah jaringan tidak ada layanan tapi kalo di luar rumah lancar dan kakak saya pelek tri juga dan lancar kalo di dalem rumah dan hanya sinyal 3 yang gak ada jaringan ketika di dalam rumah jaringan operator lain ada kenapa ya itu perasaan gak ada ubah ubah pengaturan

      Delete
  2. saya mw tanya sinyal ea gk keluar yg ad pngln darulat ap tdk ad layanan

    ReplyDelete
  3. Mas saya jg ngalami spt ini. Kemarin sblm zuhur hp saya masih ada jaringan full tp stlh ditinggal solat dilan di cek lg dah hilang jaringannya smpe skrng . Udah pindah tmpt pun sama saja. Udah di restart dan mode pesawat ttp sama saja. Saya mindah sim indosat ke hp yg lain ternyata berfungsi lalu saya coba pinjam kartu sim hp lain ke hp saya malah "tidak ada layanan" ato tidak terbaca. Lalu bagaimana mas?

    ReplyDelete
  4. Punya saya kok masih tidak bisa ya?

    ReplyDelete
  5. pnya sya eror cuma muncul tanda X gk ada sinyal

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. mungkin icc sinyal yang udah kena kalau ini mah harus ke tempat service

      Delete
  7. Gan kalo simcard ada layanan di hp biasa (bukan android) saya coba di android tidak ada layanan,, kira² dmana masalahnya ya gan.. Mksh

    ReplyDelete