Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil

10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil

10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil
10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil

cara berhemat ala anak kos

Ketika masa putih abu-abu telah usai beberapa dari kita mungkin akan ada yang bekerja dan ada juga yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Ketika mencari kerja ataupun bekerja bahkan menjadi mahasiswa baru identik dengan perantauan. Hal ini disebabkan karena aktifitas kuliah dan kampusnya kebanyakan berada di kota besar begitu juga dengan pekerjaan banyak diperkotaan. Anda akan berbondong pergi ke kota untuk mencari kerja ataupun pergi kuliah. Alhasil mau tidak mau anda para calon mahasiswa baru atau pun calon pekerja ini harus merantau dan menetap di kota itu. Ada yang tinggal dengan keluarga, jika mempunyai keluarga dikota. Bagi yang tidak ada sanak famili mau tidak mau harus siap menjadi anak kos'an.

Bagi sebagian besar pilihan Kos menjadi pilihan favorit anda ketika merantau daripada tinggal dengan keluarga yang mungkin anda merasa kurang enaklah, banyak aturan ini itulah. Ketika menjalani kehidupan sebagai anak kos anda harus dituntut untuk mandiri dan pintar dalam mengelola uang bulanan sendiri, tidak mau kan habis uang baru persetengahan bulan. Jauh dari saudara dan keluarga membuat anda sebagai mahasiswa baru ini merasa galau di awal. godaan dari teman maupun rasa  untuk ingin kembali pulang ke rumah terus menghantui. Mau tidak mau anda harus mengatur semua itu. Saya ada beberapa tips agar tidak kehabisan uang dan  tetap fokus pada tujuan. Berikut ini ialah tips yang bisa anda terapkan bagi anda anak kos.

1. Carilah Kos Yang Harganya Sesuai Kemampuan ekonomi anda

Tips pertama ini mungkin sudah banyak yanh ngebahasnya. memang ukuran finansial ekonomi anda menjadi patokan dalam mencari tempat tinggal. Mencari kos dengan harga yang murah mungkin merupakan fokus utama anda yang berbujet ketat ketika baru sampai ditanah perantauan. Bagi anda yang perempuan Kos murah juga harus diperhitungkan unsur K3 nya, yaitu Keamanan, Kebersihan, dan Kesehatan. Mengapa demikian? Karena ketiga unsur tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar anda kedepannya. Belajar anda akan terganggu jika anda tidak merasa nyaman dengan kosan anda, ataupun kosannya tidak bersih, apalagi sering terjadi kemalingan. Semua itu patut anda perhitungkan dengan baik-baik. Beda lagi ceritanya kalau anda seorang laki-laki mungkin memang mencari kosan yang murah lebih mudah. Tidak banyak hal yang akan anda pertimbangkan. Yang penting bisa tidur, Makan, mandi, kumpul ramai-ramai dengan kawan seperjuangan, itu sudah cukup bagi anda anak laki-laki.

2. Carilah kawan satu Kos yang bisa Dipercaya

Menurut sebagian memang enak ngekos sendirian akan tetapi menjadi anak kos yang individualis sungguh tidak akan menguntungkan anda loh. Ketika anda baru masuk, Ajaklah saudara ataupun teman sewaktu putih abu-abu yang sama merantau dikota tersebut untuk ngekos bersama anda. Jika sudah masuk semester dua maka bersosialisasi lah dengan teman seangkatan atau teman sekampus untuk diajak ngekos bersama, hal ini juga akan membantu anda dalam belajar, selain itu hal ini juga bisa menghemat pengeluaran bayaran kosan anda. Anda hanya akan membayar setengah dari harga kosan dan setengahnya lagi bisa kawan anda yang membayarnya atau bisa patungan dengan kondisi dan situasi. Selain itu juga akan ada saat dimana anda sangat memerlukan bantuan teman sekamar anda. Misalkan sewaktu anda sakit, waktu anda kepepet dan butuh pinjaman uang, pasti partner sekamar akan menjadi orang pertama yang menolong anda.

3. Carilah tempat Berlangganan warung makan yang murah

Ini yang tidak kalah penting, karena makan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa anda tinggalkan, bahkan setiap hari anda perlu makan. Harga makanan yang anda makan juga akan sangat menentukan kondisi keuangan di akhir bulannya nanti. Tidak apa jika makan makanan yang mahal sesekali tapi kalau setiap hari anda makan makanan yang mahal sedangkan keuangan anda pas-pasan bisa bahaya bagi anda sendiri nantinya loh. Intinya solusi berhemat di poin ini ialah anda harus melakukan survey terlebih dahulu terhadap warung atau tempat makan di sekitaran kos yang memiliki banyak pilihan menu, enak dan tentunya harga juga murah. Jangan murahnya saja anda perhatikan juga kebersihan tempat makan itu. Karena makanan yang tidak bersih ataupun higienis akan membuat anda jatuh sakit. Kecuali anda sudah kebal terhadap segala macam penyakit, anda bisa makan apa saja tanpa perlu berpikir.
10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil
sedih ya kalo udah jadi gini

4. Memaksimalkan Fasilitas yang Disediakan Kos

Sebagian kos di kota-kota besar yang harga sewanya terbilang murah bahkan mahal sekalipun biasanya dilengkapi fasilitas seperti dapur umum dan tempat mencuci, kecuali kosan anda bedeng yang dipisah-pisah sudah memiliki kamar mandi sendiri. Jika memang kos anda memiliki fasilitas tersebut gunakanlah secara maksimal agar anda bisa berhemat. Bagi yang bisa masak manfaatkan fasilitas dapur tersebut. Selain anda bisa berhemat anda juga bisa menjamin kehigienisan, kehalalan, bahkan bisa sesuai dengan lidah dan selera anda. Boleh saja jika anda ingin belanja makanan diluar, namun terkadang anda juga harus bisa menahan diri untuk tidak makan diluar apalagi pas keuangan anda semakin menipis. solusi terbaik memasak makanan sendiri akan sangat berguna buat anda. Apalagi yang perempuan keahlian memasak anda akan terlatih secara terus menerus hingga nantinya bisa membuatkan makanan buat suaminya. Selain itu juga janganlah anda malas untuk mencuci pakaian sendiri. Manfaatkanlah fasilitas tempat mencuci pakaian dengan baik, janganlah menjadi pribadi yang manja dengan membawa semua pakaian kotor anda ke tempat laundry. Hitunglah sendiri jika perkg nya 6000 bagaimana jika sudah 5 kg dan tidak mungkinkan anda cuma satu kali melaundry pastinya pakaian kotor anda banyak perlu sampai 2-4 kali melaundry. Karena hal itu pertimbangkanlah secara baik karena tidak terasa uang anda akan tersedot habis hanya untuk mencuci pakaian.

5. Buatlah Uang Kas Pribadi

Membuat uang kas pribadi begitu penting, agar bisa menunjang keuangan anda di akhir bulan nanti. jangan mengangggap remeh uang recehan, kumpulkan tiap koinnya ketika anda menerima uang receh tersebut. Uang receh ini nanti bisa anda belikan kebutuhan kecil seperti membeli air galon, mengisi gas di dapur kalau ada kompor ya, bisa juga dipergunakan untuk membayar iuran wifi bulanan jika memasang wifi. uang kas ini bisa juga anda manfaatkan ketika menghadapi situasi dimana anda sedang kepepet, Buat beli makanan. Sisakanlah sedikit uang anda untuk ditabung. Kalau yang perempuan bisa membantu calon suaminya nantinya dengan uang tabungan tersebut.

6. Bagi Anda yang kuat bisa berpuasa

Walaupun anda menjalani hidup sendiri di kos tanpa pengawasan orang tua maupun keluarga, jangan pernah sekali kali anda melupakan kewajiban anda sebagai orang yang beragama yakni beribadah, apalagi anda hidup ditanah perantauan karena hanya yang diataslah tempat anda meminta pertolongan. Dalam hal ini bagi anda yang muslim anda bisa menerapkan puasa sunnah di hari senin dan kamis. Bagi anda yang beragama lain juga bisa anda tiru. Saat anda berpuasa maka secara otomatis pengeluaran anda untuk urusan makan dan minum pada hari tersebut bisa dipotong anggarannya. Anda hanya perlu sedikit bersabar menunggu maghrib tiba walaupun banyak cobaan dan halangan menghadang anda harus tetap tenang dan santai jangan sampai puasa anda menjadi batal. Setelah magrib tiba anda bisa makan sepuasnya dengan menu favorit yang sudah anda persiapkan tapi harus ingat dan sadar ya jangan jadi ajang balas dendam setelah kelaparan seharian.

7. Mencari Penghasilan Tambahan dengan bekerja sampingan

Jika ingin mendapatkan uang tentunya anda harus bekerja. Mencari pekerjaan di zaman now tentunya sulit bagi anda yang statusnya masih mahasiswa dan hanya mengandalkan ijasah Putih abu-abu apalagi tidak punya kenalan ataupun orang dalam. sekalipun ada pekerjaan tersebut biasanya akan meminta anda mengambil kuliah di malam hari saja. Hal ini terjadi karena kebanyakan perkerjaan perusahaan tersebut di lakukan di siang hari. Walaupun demikian jika anda pintar dan rajin pastinya anda tidak akan menyerah dengan kondisi tersebut bukan. Sebenarnya ada banyak kesempatan mencari uang tambahan semua itu tergantung anda. Misalkan jika anda punya banyak teman dimedia sosial mungkin anda bisa menjadi reseller produk tertentu, menjual desainer. Selain itu anda yang hobi menulis bisa jadii blogger, kalau mempunyai modal anda bisa buka usaha kecil kecilan. intinya tidak perlu pilih pilih dalam mencari uang yang penting halal. karena saat ini yang anda butuhkan hanya tambahan uang jajan bukan gaji besar. Jadi tetaplah fokus pada tujuan utama anda yakni kuliah anda, karena tujuan anda merantau bukan bekerja tetapi untuk kuliah.

8. Cari Teman Terbaik Sebanyak Banyaknya

Inti sebenarnya kuliah bukan hanya sekedar menyelesaikan akademik dengan IPK sebaik mungkin, akan tetapi ada yang jauh lebih penting dari itu semua yaitu mencari teman ataupun dapat kitakan yakni jaringan. Terkadang teman saat kuliah akan sangat menentukan bagaimana masa depan anda. Misalkan  jika anda salah pilih teman, bisa jadi kuliah anda tidak selesai-selesai bahkan yang paling ditakutkan yakni berujung Drop Out karena sekarang telah dibatasi 5 tahun untuk menyelesaikan kuliah. Seorang teman yang baik bisa menjadi panutan dan motivasi anda untuk berangkat kuliah. Bahkan Lingkaran sosial yang baik juga akan berpengaruh dan menunjang karir anda saat nanti setelah wisuda. Mengapa demikian? Karena anda dan teman-teman anda bisa saling bantu dalam hal mencari pekerjaan atau membuka usaha bersama sama. Selain itu seorang teman juga bisa menjadi andalan anda saat butuh bantuan finansial.

9. Carilah Beasiswa agar bisa menghemat bayaran semester anda

Anda sebagai seorang mahasiswa anda dituntut untuk rajin dan pintar diberbagai hal. Segeralah perbaiki terus nilai akademik anda dan aktiflah mencari beasiswa. Beasiswa ini akan sangat penting karena bisa meringankan beban finansial anda maupun orang tua anda dalam membayar uang semesteran nantinya. Seandainya anda mendapat beasiswa maka uang yang seharusnya untuk kuliah bisa anda pergunakan untuk keperluan hal lain ataupun bisa anda tabung.

10. Bawa uang tunai Seperlunya saja

Inti dari hemat tidak hanya dari pengeluaran tetapi juga cara anda menyimpan. Anda memulai dari sekarang menabung dan nantinya anda akan menikmati hasilnya. Tabungan ini akan sangat penting untuk masa depan anda nanti. Selain menabung tips lainnya yaitu bawalah uang tunai seperlunya dalam dompet. Selalu pakai uang pas dalam membayar barang belanjaan. Janganlah anda suka membayar dengan menggunakan uang pecahan besar sehingga ketika dibelanjakan dan mendapat kembalian maka uang itu terpecah menjadi pecahan kecil, yang justru akan terlihat sangat banyak. Bila sudah begini maka secara tidak sadar anda akan menganggap uang anda masih banyak. Kemudian anda akan dengan mudahnya mengeluarkan uang tersebut tanpa memikirkannya lagi.

Post a Comment for "10 cara berhemat ala anak kos yang efektif dan berhasil"