Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

1. Ketika posisi anda berada di dalam rumah

Saran dari saya masuklah dulu ke bawah meja untuk menjaga tubuhmu dari jatuhan benda-benda. Seandainya dirumah anda tidak memiliki meja ataupun jauh dari meja, lindungi kepalamu dengan bantal ataupun dengan benda lainnya. Bagi ibu-ibu seandainya sedang menyalakan kompor memasak makanan, matikan terlebih dahulu agar mencegah terjadinya kebakaran. Jika sudah tidak bergetar lari lah keluar dari rumah.

2. Ketika anda berada di luar rumah

Hal yang harus pertama kali dilakukan yakni melindungi kepala anda dan juga hindarilah benda-benda berbahaya seperti kaca, pohon. Seandainya anda berada didaerah perkantoran atau kawasan industri bahaya mungkin saja bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Terpenting Lindungi kepalamu dengan menggunakan tangan, tas atau benda  apa pun yang anda bawa.

3. Ketika anda berada di mall, bioskop, atau di lantai dasar gedung

Usahakanlah tetap tenang dan jangan menyebabkan kepanikan atau kerusuhan. Jika anda membawa keluarga pastikan semuanya ikut dan aman. Jika ada anak kecil bawalah bersama anda. Kemudian Ikutilah semua petunjuk dari pegawai ataupun satpam yang berada disana. Jauhilah benda-benda yang akan mendatangkan bahaya bagi anda maupun keluarga anda. Jangan menggunakan lift tapi gunakanlah tangga.
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

4. Ketika anda berada di dalam lift

Jangan pernah menggunakan lift saat terjadi gempa bumi atau kebakaran. Seandainya anda merasakan getaran gempa bumi saat berada di dalam lift, saran dari saya tekanlah semua tombol. Sewaktu liftnya berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan carilah jalan keluar untuk mengungsi usahakan tetap tenang jangan tergesa-gesa dan membuat kepanikan karena hal tersebut hanya akan menambah susah anda nantinya. Lain halnya jika anda terjebak dalam lift baik itu sendirian maupun bersama orang lain. Lakukan hal ini yakni menghubungi petugas gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia itupun kalo petugas belum keluar dan menyelamatkan dirinya. Jika terjadi demikian berdoalah kepada yang Maha Kuasa.

5. Ketika anda berada di dalam kereta api

Hal yang paling utama untuk dilakukan oleh anda ialah Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. KemudianBersikap tenanglah ikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan menyusahkan diri anda. Bawalah barang seperlunya saja yang penting dan aman diri anda terlebih dahulu baru amankan barang bawaan anda nantinya.

6. Ketika anda berada di dalam mobil

Ini salah satu yang membuat panik semua orang ketika berkendara malah terjadi gempa bumi. Hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil tersebut gundul. Sopir ataupun anda sendiri akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan akan sangat susah mengendalikannya. Parkirkan mobil Jauh dari persimpangan, pinggirkan mobil di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil jika ada. Seandainya anda harus mengungsi, keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci jika memang sempat kuncilah mobil untuk mengamankan barang bawaan anda.
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
jalan pun retak akibat gempa bumi

7. Seandainya anda berada di gunung ataupun pantai

Seandainya anda berada digunung yang harus diperhatikan ialah adanya kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Jika hal ini terjadi menjauhlah langsung ke tempat aman turunin gunung dengan aman pastikan teman dan saudara anda tidak tertinggal, barang bawaan tinggalkan saja dahulu bawa yang penting saja. Itu kalo anda berada digunung lain halnya jika anda berada dipantai. Karena jika anda dipesisir pantai, kemungkinan terbesar dari bahayanya datang dari tsunami. Seandainya anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami mulai muncul, cepatlah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

8. Carilah informasi yang terpercaya

Ketika gempa bumi besar terjadi, anda akan terpukul baik mental, kejiwaan. Karena hal ini masih saja ada orang yang akan memanfaatkan situasi anda untuk menyebarkan berita hoax yang akan memicu keresahan. Bahkan ada yang menggunakannya untuk mengambil perhatian masyarakat. Oleh karena itu untuk mencegah keresahan anda. Sangat penting sekali bagi anda maupun orang yang disekitar anda untuk bersikap tenang dan bertindak sesuai dengan informasi yang benar dan terpercaya. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang seperti dari polisi, petugas PMI, BMKG. Harus diingat dan diperhatikan jangan anda percaya dan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.
 
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
tolonglah sesama

9. Berikan pertolongan pada orang yang ada disekitar anda

Sudah dapat kita jamin bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempa bumi besar. Para petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian, untuk itu bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang yang berada di sekitar anda. Bantu lah mereka, berbagi lah makanan, selimut kepada mereka. Dan jangan lupa untuk berdoa.

Hal yang Harus diPersiapkan untuk keadaan darurat jika terjadi gempa bumi:

1.  Tentukanlah tempat-tempat berlindung yang aman jika terjadi gempa bumi. 


hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Yang dimaksud tempat berlindung yang aman ialah suatu tempat yang yang dapat melindungi anda dari benda-benda yang jatuh atau mebel yang ambruk, misalnya di bawah meja. Gunakan tenda pengunsian yang telah dibuatkan pemerintah. Usahakan agar keluarga anda tidak terpisah.

2.  Sediakan air minum untuk keperluan darurat anda selama melakukan pengusian.

 Gunakan Bekas botol air mineral untuk menyimpan air minum jika memang tidak ada tempat lain. Usahakan Kebutuhan air minum anda tercukupi biasanya 2 sampai 3 liter sehari untuk satu orang.
 
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

3.  Siapkan tas ransel untuk dipakai yang berisi (atau dapat diisi) barang-barang yang sangat dibutuhkan di tempat pengungsian.

Adapun Barang-barang yang sangat diperlukan dalam keadaan darurat misalnya:
a.  Lampu senter beserta baterainya kalo memang ada jika tidak ada gunakan media alternatif lainnya
b.  Air minum sangat penting sekali, walaupun tidak ada makanan usahakan tetap minum
c.  Kotak P3K berisi obat menghilangkan rasa sakit, plester, pembalut dan dsb jika anda memang ada, seandainya tidak ada minta kepada petugas medis untuk persiapan yang akan datang.
d.  Siapkan Makanan yang tahan lama seperti biskuit. Jika memang anda memiliki kesempatan untuk itu.
e.  Sejumlah uang tunai jika ada untuk membeli makanan, obat-obatan dan keperluan lainnya.
f.  Buku tabungan kalo ada sih, jika tidak ada atau pun tidak sempat terbawa gunakan uang uang yang ada dengan hemat.
g.  Korek api
h.  Lilin
i.  Helm
J. Pakaian ganti kalo ada.
i. Barang-barang berharga yang harus dibawa di saat keadaan darurat.

4.  Mengencangkan mebel yang mudah rubuh 

seperti lemari pakaian dengan langit-langit atau dinding dengan menggunakan logam berbentuk siku atau sekrup agar tidak mudah rubuh di saat terjadi gempa bumi.

5.  Mencegah kaca jendela atau kaca lemari pakaian agar tidak pecah berantakan di saat gempa bumi.

dengan memilih kaca yang kalau pecah tidak berserakan dan melukai orang (Safety Glass) atau dengan menempelkan kaca film.

6.  Mencari tahu lokasi tempat evakuasi dan rumah sakit yang terdekat. 

Jika pemerintah setempat tidak mempunyai tempat evakuasi, pastikan anda tidak pergi ke tempat yang lebih rendah atau tempat yang dekat dengan pinggir laut/sungai untuk menghindari tsunami.

Saran Ketika Terjadi Gempa Bumi :

1.  Matikan api kompor jika anda sedang memasak.

Matikan juga alat-alat elektronik yang dapat menyebabkan timbulnya api. Jika terjadi kebakaran di dapur, segera padamkan api dengan menggunakan alat pemadam api. Jika tidak mempunyai pemadam api gunakan pasir atau karung basah 

2.  Membuka pintu dan mencari jalan keluar dari rumah atau gedung

3.  Cari informasi mengenai gempa bumi yang terjadi lewat televisi atau radio

4.  Utamakan keselamatan terlebih dahulu, jika terjadi kerusakan pada tempat Anda berada, segeralah mengungsi ke tempat pengungsian terdekat 

5. Tetap tenang dan tidak terburu-buru keluar dari rumah atau gedung. Tunggu sampai gempa mereda, dan sesudah agak tenang, ambil tas ransel berisi barang-barang keperluan darurat dan keluar dari rumah/gedung menuju ke lapangan sambil melindungi kepala dengan helm atau barang-barang yang dapat digunakan untuk melindungi kepala dari benturan reruntuhan.

6.  Jika anda harus berjalan di tengah jalan raya, berhati-hatilah terhadap papan reklame yang jatuh, tiang listrik yang tiba-tiba rubuh, kabel listrik, pecahan kaca, dan benda-benda yang berjatuhan dari atas gedung

 7.  Pastikan tidak ada anggota keluarga yang tertinggal pada saat pergi ke tempat evakuasi. Jika bisa ajaklah tetangga dekat Anda untuk pergi bersama-sama

Jika gempa bumi terjadi pada saat Anda sedang menyetir kendaraan, jangan sekali-kali mengerem dengan mendadak atau menggunakan rem darurat. Kurangilah kecepatan secara bertahap dan hentikan kendaraan anda di bahu jalan. Jangan berhenti di dekat pompa bensin, di bawah kabel bertegangan tinggi, atau di bawah jembatan penyeberangan.

Post a Comment for "hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi"