Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin Terbaru 2020

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin terbaru 2020

Banyuasin Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, yang dulunya berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasing. Lalu pada 2002 terjadi pemekaran dan berdiri menjadi Kabupaten sendiri. Kabupaten Banyuasin dengan motto "Bumi Sedulang Setudung" dengan Ibukota Pangkalan Balai. Letak Geografis Kabupaten Banyuasin terletak pada posisi antara 1,30° - 4,0° Lintang Selatan dan 104° 00’ - 105° 35’ Bujur Timur yang terbentang mulai dan bagian tengah Propinsi Sumatera Selatan sampai dengan bagian Timur dengan luas wilayah seluruhnya 11.832,99 Km2 atau 1.183.299 Ha. Letak Geografis Kabupaten Banyuasin yang demikian yang menempatkan Kabupaten Banyuasin pada posisi potensial dan strategis dalam hal perdagangan dan industri, begitupun dalam hal pariwisata. Kabupaten banyuasin memiliki tempat wisata yang menarik. Salah satu ikon tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup terkanl ada di Kabupaten Banyuasin, yakni Taman Nasional Sembilang. Selain itu juga masih banyak tempat-tempat menarik yang akan memanjakan kamu di hari libur. Berikut ini daftar tempat wisata di Kabupaten Banyuasin.

Wisata di Banyuasin terbaru


Bom Berlian

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
bom berlian

Lokasinya yang berada di pusat Kota Banyuasing, yakni Pangkalan Balai dulunya adalah sebagai tempat kumuh dan juga sering terkenan banjir. Tapi kini dirubah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa diandalkan oleh Kabupaten Banyuasin. Wisatawan bisa menikmati alam pedesaan dan juga wisata air rawa. Seperti banyak burung-burung seperti kuntul yang terbang kesana kemari dan juga menyusuri sungai rawa dengan pemandangan nan hijau di sekelilingnya. Cukup menarik memang terutama untuk wisata keluarga karena lokasinya yang cukup mudah untuk dijangkau dan dekat dengan pusat Kota Pangkalan Balai.

Danau Air Batu

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
danau air batu

Pengin selfie dengan background air danau warna toska?? Datang saja di Danau Air Batu yang berada di Desa Air Batu, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Talang Kelapa. Danau bekas galian tanah ini kini menyisakan kubangan besar yang justru memiliki warna air yang sangat eksotis. tebing bekas galian yang memiliki ornamen alami batu semakin menambah kesan artistik tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk menuju lokasi Danau Air Batu sangatlah mudah, dan bisa dilalui kendaraan tanpa harus berjalan kaki cukup jauh.

Desa Sungsang

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
sungsang
Lokasinya cukup strategis sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyuasing yang juga di juluki sebagai Kampung Nelayan.. Potensi seperti wisata bahari, atau sebagai wisata air sangatlah besar dan mampu menarik minat wisatawan utnuk mengunjunginya. Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan hutan bakau di Desa Sungsang dan memancing ikan-ikan besar yang menghuni hutan bakau. Selain itu potensi akan kuliner seperti makan khas pempek Sungsang juga sangat terkenal. Jadi ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu juga bisa menikmati kelezatan makanan khas dari Desa Sungsang, yang berada di dalam Kecamatan Banyuasin II.
BACA JUGA 25 REKOMENDASI WISATA DI LAHAT

Hutan Kemampo

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
hutan kemampo
Awal dibuatnya destinasi wisata Hutan Kemampo adalah sebagai wisata edukasi, terutama bagi pelajar untuk memahami arti pentingnya hutan dan juga pengenalan berbagai macam pepohonan. Selain sebagai wisata edukasi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam hutan konservasi. Yang awalnya ada beberapa area permaian seperti flying fox yang ada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Namun yang cukup disayangkan adalah masih ada saja perambah hutan yang dilakukan segelintir orang yang merusak ide awal dari konservasi hutan. Lokasi Hutan Kemampo ini terletak di Kelurahan Kayuara Kuning, dan berada di Kecamatan Banyuasin III.

Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
suaka marga satwa banyuasin
Salah satu konservasi dlora dan fauna yang dimiliki Kabupaten Banyuasing adalah Hutam SM Padang Suhian. Salah satu penghuni terbanyak yang ada di hutan ini adalah gajah Sumatera yang memungkinkan kamu untuk melihatnya lebih dekat. Hal yang sangat mengasyikkan memang ketika kamu mengisi hari libur kamu dengan mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Selain kamu lebih dekat dengan alam khususnya hutan dengan pepohonan yang besar, kamu juga bisa menyaksikan berbagai aktifitas gajah Sumatera. Lokasinya berada di Desa Sebokor, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Kumbang.
BACA JUGA 20 TEMPAT WISATA MUARA ENIM

Monumen Front Langkan

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
front langkan

Sebuah kehormatan bagi para pejuang dalam mempertahankan NKRI dari kolonialisme Belanda dijadikan sebagai Monument Front Langkan. Dan menjadi saksi bisu atas gigihnya para pejuang dalam peperangan yang berlangsung selama 5 hari di Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini biasanya ketika memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, sering diadakan renungan suci. Sebagai bentuk penghormatan dan juga penghargaan bagi para pejuang ketika itu. Dan kini juga sebagai spot terbaik bagi wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Banyuasin, setidaknya sebagai wisata sejarah dan juga selfie pastinya.

Taman Nasional Sembilang

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
taman nasional banyuasin

Fungsi dari Taman Nasional Sembilang memang tidak hanya sekedar hutan lindung saja. Tapi juga sebagai hutan produksi, hutan satwa, dan juga sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan yang diandalkan Kabupaten Banyuasin. Berbagai fauna seperti harimau Sumatera juga beraanak pinak di hutan ini. Dan yang paling menarik adalah, ketika musim tertentu Taman Nasional Sembilang ini menjadi tempat migrasi burung-burung dari berbagai jenis, dan jumlahnya pun ribuan. Menjadi daya tarik ternsdiri memang, kamu tidak hanya menikmati hutan lindung saja, atau sekedar mengelilingi hutan basah saja, tapi juga bisa melihat ribuan kawanan burung yang berimigrasi.

Post a Comment for "Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin Terbaru 2020"