Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa

7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa

7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa
7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa

Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor

Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua praktis yang bisa mengantar anda kemana saja dengan biaya relatif murah. Karena mengendarai sepeda motor hanya memerlukan Modal bahan bakar saja. Kendaraan sepeda motor juga relatif lebih efisien dibangdingkan dengan kendaraan lain misalnya ketika anda berada dikota anda dapat dengan mudah menerobos kemacetan, selain itu juga bisa  melewati gang-gang kecil. Jika anda berada dipelosok anda bisa menjangkau ke tempat-tempat tersebut dengan mudah dan bahkan melewati jalanan tersulit sekalipun yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan roda empat. Oleh karena itu anda harus mulai belajar mengendarai sepeda motor dengan efisien dari sekarang.
baca juga jadwal transmusi palembang

Hal yang menyebabkan anda tidak bisa bersepeda motor

Memang benar didunia ini semua orang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing misalkan saja belum tentu semua orang bisa mengendarai motor dengan baik, hal ini terutama disebabkan oleh :
a. Tidak punya sepeda motor sehingga sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk belajar mengendarai sepeda motor. Ataupun tidak berani meminjam sepeda motor orang lain karena takut merusaknya.

b. Karena rasa takut pernah jatuh atau mengalami kecelakaan kecil pada saat mengendarai sepeda motor sehingga menimbulkan semacam trauma bagi anda untuk mengendarai sepeda motor kembali. Perlu waktu yang cukup lama untuk menghilangkan trauma semacam ini karena hal ini tentu saja sangat berhubungan dengan kejiwaan anda.

Cara belajar mengendarai sepeda motor dengan cepat

7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa
belajar bareng teman ok juga
apakah anda masih seorang pemula dalam mengendarai sepeda motor? apakah anda sudah merasa berumur, namun belum juga bisa mengendarai sepeda motor? apakah anda bisa mengendarai motor Matic, tapi tidak bisa mengendarai sepeda motor kopling?. Tenang saya punya solusi bagi anda semuanya yang mengalami kesulitan belajar sepeda motor.
Memang belajar mengendarai sepeda motor itu bisa dikatakan gampang gampang susah. Intinya ialah anda harus fokus dan rileks terlebih dahulu. Anda tidak boleh tegang, apalagi sampai panik. Karena hal seperti ini sangat berakibat fatal ketika anda mulai berkendara.
Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa cara tentang bagaimana belajar mengendarai sepeda motor dengan lebih efisien dan akan membuat anda lebih cepat mahir dalam mengendarai sepeda motor baik itu motor matik maupun manual. Baiklah langsung saja ini dia caranya:
baca juga rute perjalanan angkot palembang

1. Mengatur keseimbangan

Hal pertama yang harus anda latih ialah konsentrasi pada keseimbangan dalam berkendaraan sepeda motor. Ketika anda mulai belajar mengendarai sepeda motor usahakan agar kendaraan anda tidak oleng. Jika masih oleng teruslah berlatih keseimbangan nantinya juga anda akan terbiasa dan kendaraan anda tidak akan oleng lagi. Selain itu  melajulah dengan kecepatan maksimal 10km/jam saja dahulu.
Mengapa demikian? Karena melaju dengan cepat itu mudah, tapi yang tersulit ialah melaju dengan kecepatan lambat. sebab ketika sepeda motor anda dalam keadaan lambat, motor biasanya sulit untuk dikendalikan, sehingga stang motor bisa saja oleng. Oleh karena itu paling utama ialah keseimbangan dalam mengendarai sepeda motor yang melaju dalam keadaan lambat. Setelah itu barulah anda bisa belajar mengatur tarikan gas yang stabil. Saran saya lebih baik jika anda belajar sambil membonceng seseorang yang sudah mahir, agar dapat memberikan instruksi untuk anda apa yang harus dilakukan.
Belajarlah berbelok kekanan maupun kekiri dengan perlahan-lahan. Kemudian barulah anda belajar melaju dikecepatan yang lebih. Jika anda belajar menggunakan sepeda motor manual dan tahapan yang saya katakan diatas sudah anda lakukan dengan baik barulah anda belajar tentang bagaimana menaikan gigi dan menurunkan gigi untuk mengatur kecepatan. Jika anda menggunakan motor matic lewati saja tahap mengatur gigi sepeda motor ini dan langsung ketahapan selanjutnya.
7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa
7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa

2. Belajar menggunakan Rem dengan baik dan benar

Setelah dirasa anda cukup seimbang, barulah anda belajar cara menggunakan kedua Rem. terutama pada rem depan yang harus anda pelajari dengan baik apalagi rem depan ini bisa dikatakan sangat pakem dalam membuat kendaraan anda menjadi lambat dalam mendadak. Yang harus anda ketauhi bahwa rem depan di sebelah kanan hanya digunakan pada saat darurat, seperti mengerem ketika ada kendaraan yang berhenti mendadak, hilang konsentrasi atau sesuatu yang mendadak menghalangi anda saat berkendara seperti penyeberang jalan yang sembrono atau binatang yang hendak melintas.
Yang harus anda pelajari disini ialah anda tidak boleh menarik rem langsung satu tarikan penuh karena laju kendaraan anda  akan berhenti dengan cepat sehingga dapat menyebabkan anda kehilangan keseimbangan. tariklah rem sesuai keadaan, dan gunakanlah insting anda dengan baik. Jika anda menggunakan sepeda motor manual bukan matic anda dapat menggunakan rem kaki yang akan membantu anda dalam memperlambat laju kendaraan anda.

3. Belajar memberhentikan sepeda motor dengan benar

jika dua hal diatas sudah anda kuasai, anda dapat berlatih sendiri tanpa seorang pendamping lagi. Namun jika anda masih takut anda dapat menggunakan pendamping apalagi jika anda belum tau cara memberhentikan sepeda motor dengan benar. Oleh karena itu tahapan selanjutnya dari belajar mengendarai sepeda motor ialah tentang bagaimana memberhentikan sepeda motor dengan benar.
berlatih memberhentikan motor juga sangat penting. Cara yang paling utama ialah menggunakan rem belakang, kemudian menurunkan gas sampai nol. Seandainya anda sedang ngebut, kemudian tujuan anda sudah hampir dekat, maka anda menurunkan gas hingga ketitik nol kemudian diiringi dengan menarik rem belakang saja kalau motor matic kalau manual tinggal injak saja rem kaki untuk menggunakan rem belakangnya. ketika anda melepaskan gas, maka sepeda motor secara otomatis akan melambat sampai 40%. Jika dibarengi dengan rem, maka akan berhenti dengan cepat, tanpa andanya terdorong kedepan.
Yang harus diperhatikan jangan mengerem sambil menarik gas untuk mengurangi kecepatan karena dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. tariklah gas seperlu saja untuk melaju lambat tanpa rem. atau biarkan gas pada posisi nol, gunakanlah sedikit rem belakang.
ketika menghadapi hal hal yang mendadak, seperti binatang yang melintas, orang menyeberang, atau diselip kendaraan lain.
7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa
7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa

4. Belajar mengendarai sepeda motor dijalan raya

Setelah anda sudah dirasa cukup seimbang, kemudian sudah bisa berbelok dengan baik, bisa menggunakan rem, menaikan gigi maupun menurunkan gigi jika sepeda motor manual, dan terakhir sudah bisa memberhentikan sepeda motor tanpa kehilangan keseimbangan. Anda sudah siap untuk ketahapan selanjutnya yakni belajar mengendarai sepeda motor anda dijalan umum yang banyak orang melintas.
Anda harus tetap rileks dan tenang meskipun jantung anda nantinya akan berdebar. jangan takut terjatuh atau tertabrak. selama konsentrasi anda harus tetap terjaga, dan tetap rileks hal-hal buruk tidak akan terjadi. intinya anda harus bisa menguasai dirimu sendiri dan keadaan sekitar. cobalah untuk tidak panik, seperti menarik rem depan dan belakan secara bersamaan, atau kurangi kecepatan kemudian berbelok menyingkir dari sasaran yang akan tertabrak ke arah yang aman. Belajarlah sepeda motor di jalan umum dengan kecepetan perlahan-lahan jika memang diperlukan anda bisa membonceng orang yang sudah mahir untuk memberikan arahan dan penjelasan kepada anda tentang apa yang harus dilakukan. Aturlah kecepatan kendaraan anda dengan baik mulai mainkan gigi ataupun kopling, gunakanlah rem dengan baik. Jika nantinya ada yang mendahului anda dari belakang tetap tenang dan fokus janganlah anda panik walaupun jantung anda berdebar dengan kencangnya. Jika ingin menyalip orang yang ada didepan anda perhatikan dahulu kecepatan anda. Kemudian lihatlah keadaan apakah sudah aman atau belum untuk menyalip kendaraan tersebut.

5. Menggunakan semua fungsi tombol kendaraan dengan baik

perhatikan semua tombol tombol penting dalam motor anda seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, klakson dan choke. semua tombol itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalkan lampu utama dinyalakan pada saat malam hari dan ketika anda melewati jalan raya utama.
Lampu sein digunakan ketika anda hendak berbelok, paling tidak dinyalakan 3 detik sebelum berbelok agar pengendara lain yang berada di belakang anda dapat tahu bahwa anda akan berbelok.

Lampu rem, berguna untuk memberikan sinyal pada kendaraan dibelakang agar tidak menabrak anda ketika akan berhenti.

klakson untuk memperingatkan seseorang ataupun bisa juga bisa digunakan sebagai tanda jika anda ingin menyalip kendaraan didepan anda.,

Yang terakhir ialah choke untuk memaksa bahan bakar agar dapat mengalir. khususnya untuk choke, ini hanya digunakan ketika motor anda sudah lama tidak anda pakai.

6. Melatih kelincahan anda dalam mengendarai sepeda motor

Anda juga harus lincah dalam mengendarai sepeda motor ini. Anda tidak hanya sekedar bisa menaiki dan menjalankannya saja. Anda juga harus tau  tidak boleh mengendarai motor dengan lambat sedang kendaraan lain mungkin terganggu karena tidak bisa melewati anda. ada saat-saat dimana anda harus melaju dengan cepat agar tidak mengganggu pengendara lain yang di belakang.
Anda juga harus pandai pandai menyelip ke jalan yang sempit. ketika anda menemui hal ini, yang kamu harus lakukan adalah mengukur jauh-jauh sebelum melewati jalan tersebut. apakah anda bisa melewatinya atau tidak. gunakan insting dan firasat anda  ketika menghadapi hal ini.
selain itu ketika anda hendak menyalip kendaraan lain di depan, terutama kendaraan yang panjang dan lebar, maka bersabarlah. tunggulah jalur lawan arah agar kosong terlebih dahulu. Anda harus menunggu kesempatan menyalip kendaraan ketika jalur lawan arah benar-benar aman agar tidak membuat pengendara lain panik karena hampir menabrakmu, gunakanlah lampu sein agar pengendara lain dibelakang dapat tahu bahwa kamu akan berbelok untuk menyalip. Untuk poin ini anda sendiri yang dapat mengetahuinya. yang terpenting ialah anda harus terbiasa.

7. Menggunakan helm dan mematuhi rambu lalu lintas dalam berkendara

Setelah semuanya sudah mahir dan anda ingin berkendara di jalan raya. Apalagi jika anda ingin bepergian kekota gunakanlah helm dan utamakan keselamatan anda maupun pengendaraan lain. Selain itu juga anda harus paham akan rambu-rambu lalu lintas. Oleh karena itulah hal ini saya masukkan di yang terakhir. Agar anda benar-benar paham dalam mengendarai sepeda motor dengan baik. Dan terutama mengerti dan mentaati rambu-rambu lalu lintas.
Tips dalam belajar mengendarai sepeda motor
1. Ketahui apa yang membuat anda takut.

2. Mulailah memberanikan diri.

3. Perbanyak pengalaman menemui rintangan selama berkendara.

4. Ingat-ingat rutinitas jalanan dan siapkan scenario yang tepat.

5. Mulailah berkendara dengan pelan-pelan dan nikmati sekitar anda.

6. Lakukan evaluasi apakah kemampuan berkendara anda sudah lebih baik.

1 comment for "7 Cara mudah belajar mengendarai semua jenis sepeda motor efisien dan dijamin cepat bisa"

  1. Awalnya belajar susah pakai kopling. Tapi giliran udah bisa rasanya jauh lebih nyaman.

    ReplyDelete