Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL


2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

PENGERTIAN NISN

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Dari kepanjangan tersebut kita bisa pahami bahwa NISN merupakan sebuah nomor unik yang diberikan dan wajib dimiliki oleh setiap pelajar sekolah di seluruh Indonesia yang menjadi sebuah nomor identitas khusus bagi pelajar itu sendiri dalam database Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.
NISN itu sendiri diterbitkan/dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui pengajuan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat. Jadi, nomor NISN ini cukup satu saja walaupun pelajarnya berpindah-pindah sekolah ke seluruh Indonesia. Karena nomor ini berlaku dalam skala nasional atau berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk masa berlakunya, NISN akan tetap berlaku, tetap digunakan dan tetap sah dimata hukum ketika siswa tersebut masih menjadi seorang siswa/pelajar. Mulai dari tingkat sekolah dasar (SD/Sederajat), sekolah menengah pertama (SMP/Sederajat), hingga sekolah menengah atas (SMA/Sederajat), NISN yang digunakan tetaplah sama dan masih berlaku. Namun ketika siswa melanjutkan ke jenjang tingkatan selanjutnya menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, nomor NISN ini tidak berlaku lagi. Biasanya hanya digunakan saat pendaftaran awal ketika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi/sedarajat saja. Dari namanya saja sudah berubah, dari siswa menjadi mahasiswa. Maka, nomor yang digunakan pun akan berbeda. Biasanya yang digunakan pada jenjang perguruan tinggi adalah NIM/NPM yang akan kita bahas pada waktu selanjutnya jika ada kesempatan.
Jadi, sudah jelas ya tentang NISN. Intinya adalah nomor identitas tingkat nasional khusus bagi setiap siswa di seluruh Indonesia yang diterbitkan dan diakui oleh Pemerintah.
NIS
NIS adalah singkatan dari Nomor Induk Sekolah. Nomor ini diterbitkan atau dibuat oleh setaip sekolah bagi siswa/i nya. Nomor ini biasanya merupakan kombinasi unik yang dibuat sekolah untuk mengidentifikasi sekaligus mengklasifikasi (mengelompokkan) siswa/i nya.
Pada metode ini, kebanyakan sekolah melakukan kombinasi nomor unik menjadi NIS melalui penggabungan tahun pelajaran dan nomor urut saat siswa tersebut diterima di sekolah. Misalnya: si “A” diterima disekolah ditahun pelajaran 2015/2016 dengan nomor urut saat diterima adalah 241, maka nomor NIS yang dihasilkan adalah 1516241 (tahun pelajaran + nomor urut). Meski begitu, tidak semua sekolah menggunakan metode yang sama. Karena setiap sekolah ataupun daerah diberikan kewengan untuk mengelola pemberian nomor NIS bagi siswa/i nya masing-masing.
Jadi, intinya NIS itu adalah sebuah nomor identitas khusus yang dibuat oleh sekolah bagi setiap siswa/i untuk mempermudah dalam mengidentifikasi siswa/i nya pada masing-masing sekolahnya. Jadi NIS ini hanya berlaku pada sekolah yang menerbitkan, dan tidak berlaku lagi ketika siswa pindah sekolah atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

PERBEDAAN ANTARA NISN DAN NIS

a. NISN dibuat oleh kementerian, sementara NIS dibuat oleh sekolah yang menerbitkannya
b. NISN berlaku di seluruh Indonesia, sementara NIS hanya berlaku di sekolah yang menerbitkannya
c. NISN berlaku sampai pelajar lulus sebagai siswa/melanjutkan sebagai mahasiswa, sementara NIS berlaku sampai pelajar meninggalkan sekolah yang menerbitkan NIS nya
d. NISN hanya dibuat satu kali, sementara NIS dapat dibuat berkali-kali sebanyak jumlah berapa kali siswa berpindah sekolah ataupun jenjang pendidikannya.

MANFAAT DAN FUNGSI DARI NISN

Bagi pelajar NISN ini adalah sebuah nomor yang fungsinya sama seperti nomor KTP milik orang dewasa.
Fungsi NISN adalah nomor tetap yang dapat digunakan seumur hidup. Dengan adanya NISN pelajar tak perlu mengganti nomor induk setiap kali ingin meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
NISN dapat juga untuk melihat perkembangan siswa. Mulai dari mutasi, kelulusan, pelajar yang putus sekolah hingga mengetahui dari lulusan SD, SMP atau SMA pelajar tersebut.
Dengan adanya NISN, Anak-anak yang memilih belajar dengan sistem homeschooling atau pendidikan informal, lalu ingin melanjutkan ke perguruan tinggi yang merupakan pendidikan formal prosesnya akan lebih mudah.

APAKAH ANDA SUDAH TERDAFTAR NISN

berapa nomor induk siswa nasional saya? Untuk mengetahui NISN, silakan cek di menu DATA SISWA atau klik pada link ini pada situs NISN, melalui tautan: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data Pengecekan dapat dilakukan dengan 2 metode:
a. Memasukan nomor NISN bila sudah memiliki atau
b. Memasukan nama lengkap (sesuai akta lahir), tempat lahir dan tanggal lahir bila belum mengetahui NISN.

BELUM MEMILIKI NISN, BAGAIMANA MENGURUSNYA?

a. Dianjurkan melakukan pengecekan lebih dahulu seperti langkah di atas.
b. Jika siswa tidak ditemukan, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1
c. pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id
d. melalui menu FORMULIR PENGAJUAN Mencetak formulir-formulir tersebut
e. Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual
f. Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN atau sekolah dimana siswa berasal
g. Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

CARA MEMPERBAIKI BIODATA NISN BILA DATA TERTERA TIDAK SESUAI DENGAN AKTA KELAHIRAN

a. Silakan download (unduh) formulir A.3.
b. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id
c. pada menu FORMULIR PENGAJUAN Mencetak formulir tersebut
d. Mengisi formulir tersebut secara manual
e. Menyerahkan kepada operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan
f. Bagi sekolah, dapat mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tersebut ke  PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

SOLUSI NISN GANDA

Namun karena kurang rapihnya pendataan yang dilakukan mulai dari tingkat siswanya, sekolah, hingga pusat membuat saat ini banyak siswa yang memiliki lebih dari satu NISN atau NISN nya berubah-ubah. Oleh karena itu, kini semua komponen pendidikan sedang berbenah diri untuk memperbaiki kualitas dan mekanisme pendataannya agar ada kesesuaian, keserasian antara data yang dimiliki siswa dengan sekolah maupun dengan pihak pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).

BAGAIMANA JIKA ADA 1 ORANG SISWA MEMILIKI 2 (DUA) NISN? NISN YANG MANA YANG DI DIGUNAKAN

NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah NISN yang paling kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak digunakan mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.

Cara Cek NISN ganda Lewat Internet

Cara paling umum untuk mengecek NISN yaitu melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah tiga langkah sederhana berikut ini.
1. Buka alamat berikut nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
2. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

3. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir sesuai dengan identitas kamu. Jangan lupa klik tombol Cari setelahnya.
Selesai! Kamu akan mendapatkan data NISN kamu. dan lihatlah apakah NISN ANDA GANDA ATAU TIDAK.
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

Penjelasan :
Jika kita menginputkan nama secara lengkap, maka kemungkinannya yaitu :
a. Jika Data Benar dan terdaftar, maka data akan ditampilkan.
b. Jika Data Salah dan tidak terdaftar, maka data tidak ditemukan.
Namun jika kita menginputkan nama dengan nama depan atau nama belakang, maka kemungkinannya yaitu :
a. Jika Data Benar dan terdaftar, maka data  ditampilkan dengan catatan kemungkinan besar banyak nama yang sama atau yang mirip beserta nomor NISNnya.
b. Jika Data salah dan terdaftar maupun tidak, maka data lain yang akan ditampilkan sesuai dengan inputan dalam arti kemungkinan ditampilkan dengan nama yang sama atau kemiripan akan tetapi dengan nomor NISN yang berbeda jika data tersebut ada.
Lihat pada hasil pencarian data yang saya blok kuning adalah target. Sedangkan blok yang berwarna merah adalah data yang sama namun bukan target atau data orang lain yang datanya ada kesamaan. Hal inilah yang sangat bermanfaat dan penting untuk kita ketahui sebagai pencari data NISN.
demikianlah cara mengatasi dan memperbaiki nisn ganda yang tidak sesuai dengan ijazah atau sekolah.

4 comments for "2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL"

  1. SEMOGA CEPAT BISA MEMPUNYAI SISTEM YANG LEBIH BAIK JADI APA BILA DATA SISWA YANG DI INPUT SAMA MAKA TIDAK AKAN MUNCUL NISN BARU.

    ReplyDelete
  2. min mau tanya ini saya punya 2 nisn saya udah lulus, lha pas saya cek pake nisn ( yg saya pake di ijazah sma) itu keluar nama saya. tapi pas saya cek pake yang satunya itu ga keluar. dan saya cek pake nisn yg satunya (tgl lahirnya beda) itu keluar.

    tolong sarannya

    ReplyDelete
  3. Min mau tanya ni ini kan saya punya 2 nisn,dan saya sudah lulus. Saya cek pake pencarian yg nisn keluar datanya, tapi pas saya cek pake yg satuya ga keluar. Terus saya coba cek pake nisn yg satunya( tanggal lahir beda) keluar datanya. Nah kan saya sudah terlanjur pake yang pertama buat ijazah karena disuruh milih pihak sekolah dan terpaksa milih itu karena sudah buat daftar snm sama sbm.
    Saranya min tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak.. Nasib kita sama:( Kakak sdh selesai kah masalahnyaa?? Mohon solusinya. Aku gabisa daftar sbm gara2 NISN ganda

      Delete