Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA

8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA
8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA
8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA

Setelah di rilis beberapa hari yang lalu versi dapodik 2021 masih saja pihak operator sekolah mengalami kesulitan seperti permalasahan dalam penginstalan dapodik yang tidak berhasil, gagal registrasi menggunakan prefill, jumlah jam mengajar (JJM) bermasalah, tidak terkoneksi atau disconnected, dapodik tidak bisa dibuka dan lain-lain.

Oleh karena itu untuk sedikit membantu meringankan pekerjaan operator sekolah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan umum yang dihadapi ketika menggunakan dapodik 2021 beserta solusinya.

MASALAH DAN SOLUSI DAPODIK 2021

Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang dihadapi saat menggunakan dapodik 2021

1. dapodik 2021 tidak bisa diinstal atau berhenti di jalan
8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA

Kenapa dapodik saya tidak bisa di install?. Setiap kali mau instal selalu terblog tidak bisa instal. Berhenti di tengah jalan?
Solusinya jika mau instal Dapodil 2021 sebaiknya saat mau instal harus non aktifkan jaringan internetnya atau tidak terhubung dengan internet dulu. Jangan lupa non aktifkan dulu Windows Firewallnya Atau antifirus yang lainnya juga di non aktifkan terlebih dahulu.

2. Prefill dapodik 2021 tidak ditemukan

Kenapa prefill tidak ditemukan ?. Padahal sudah di masukkan kedalam folder dapodiknya.
Solusinya Itu biasa terdapat kesalahan pada nama atau kapasitas file prefilnya rendah, sebaiknya prefill itu di atas 1kb dan nama prefill jangan di edit atau di tambah-tambah nama file prefill tersebut yaang di dapat dari generate prefill. Taruklah file prefill di simpan ke folder C - prefill_dapodik.

3. instal dapodik 2021 Online / Offline

Bolehkah Instal Aplikasi Dapodik menggunakan Registrasi Online ? Apakah tidak apa-apa ?
Boleh saja, kalau tidak boleh tidak akan ada menu akses untuk dapat registrasi online. Jika menggunakan prefill juga tidak apa-apa. Yang penting file prefilnya sempurna saat mendownload dan registrasi onlinepun juga.

4. tidak bisa singkronisasi dapodik 2021

Mengapa tidak bisa di singkron, dari awal ingin singkron selalu gagal terus dan ada tulisan disconnec?
Solusinya Cara mengatasi adalah pastikan jika mau singkron koneksi internetnya kuat, dan jika tetap disconnect sebaiknya computer di cleaner atau di bersihkan dan browsernya di cleaner history nya. Setelah itu coba Login Aplikadi Dapodik 2020 lagi.

5. dapodik 2021 tidak bisa dibuka

Kenapa saat ingin registrasi Dapodik 2021, terasa lama pada proses nya. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya berhasil. Dan kenapa dapodik selalua lama lodingnya tidak bisa dibuka ?. Apa karena saat registrasi dapodik yang lama itu, penyebabnya dapodik tidak bisa dibuka ?
Kalo masalah lama apa tidak nya saat proses registrasi itu tergantung koneksi internetnya. Jika koneksi internetnya sangat lemah itulah yang akan terjadi. Kalau yang proses membuka aplikasinya lama sebaiknya disconnected kan dulu akses internetnya dan clear history pada brosernya. Dan Login kembali Aplikasi Dapodiknya.

6. dapodik 2021 tidak bisa diinstal di window 7       

kesalahan dapodik 2021 tidak bisa di instal pada window 7?
solusinya yang pertama menguninstal dapodik 2020 lama, kemudian instal file vc++ 2015, matikan windown firewall dan anti virus, kemudian anda instal lagi dapodik 2021 nya jika masih mengalami masalah anda sebaiknya menggunakan laptop dengan sistem operasi window 10. hal yang sering terjadi ketika menggunakan window 7 kesalahan terjadi seperti system error vcruntime, net frame work tidak terinstal, dan bug lainnya.

7. data dapodik 2021 kosong

data dapodik kenapa kosong?
kemungkinan registrasi yang dilakukan belum maksimal atau prefill tidak sempurna kesalahan ini terjadi biasanya karena koneksi internet yang tidak stabil saat mendownload dapodik ataupun prefill dapodik 2021 solusinya silakan anda instal ulang dapodik 2021 namun pastikan dahulu instalan dapodik 2021 yang terpasang dihapus dahulu. jika masih mengalami error seperti ini anda sebaiknya mengulang download dapodik 2021

8. dapodik 2021 gagal di download
8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA

dapodik 2021 saat didownload keluar tulisan failed network error atau failed server unreacheable?
permasalahan diatas biasanya masih di akibatkan oleh kurang stabilnya jaringan internet anda, silakan di check terlebih dahulu. jika sudah lanjutkan kembali downloadnya dengan klik resume atau bisa ulang dari awal lagi. jika koneksi internet lancar silakan anda cari link alternatif lain untuk didownload kemungkinan servernya sibuk.
Yang lebih penting sebelum menginstal aplikasi dapodik versi 2021 adalah sahabat operator sekolah harus memperhatikan Spesifikasi Minimum laptop.
hasil pembahasan permasalahan yg sering muncul yang dikarenakan susahnya melakukan instalasi dapodik maka sangat disarankan :
1. Menggunakan Windows Original baik windows 7, 8, atau windows 10.
2. Apabila menggunakan Windows Bajakan, disarakan melakukan Update Service Pack secara Online (bukan auto update).
3. Apabila pada validasi terdapat siswa yang blm termaping dalam rombel, solusianya adalah periksa satu persatu dari anggota rombel. Masukkan siswa tersebut kerombel yang muncul nama disiswa yg blm termaping kemudian laporkan ke admin dinas agar bisa dimaping sesuai dengan kelas yang dimaksud.
4. Perubahan jenis PTK maupun perubahan SK, harus melaporkan langsung ke admin Dinas Kab/Kota.

5. Sangat disarankan melakukan input data buku perpustakaan pada aplikasi dapodik 2021 untuk persiapan PMP 2021.
Itulah dia beberapa permasalahan dan solusi ketika menggunakan dapodik 2021. semoga bisa membantu anda dalam menjalankan tugas sebagai operator sekolah.

39 comments for "8 MASALAH UMUM DAPODIK 2021 BESERTA SOLUSINYA"

  1. Mohon solusi, di sekolah kami ada satu siswa pindahan kelas 2 yang sebelumnya (bulan Januari) telah masuk di Dapodik di rombel kelas 2 setelah sukses registrasi dapodik 2019.c siswa tersebut hanya bisa dimasukkan ke Rombel kelas 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. SILAKAN anda melakukan tarik siswa baru atau mutasi pilih menu pd keluar. pilih nmax lalu batalkan. stelah msukkan lg ke rombelx

      Delete
    2. tidak ada menu pembatalan di pd keluar

      Delete
    3. Kasus yang sama
      sepertinya kasus ini yg paling banyak terjadi..

      masih menunggu solusi

      Delete
    4. kalau sekolah saya siswa kelas 10 lulusan dari MTS pada hilang

      Delete
    5. Sebelumnya masukkan siswa pada rombel yg muncul namanya dan lakukan sinkron. Dinas Pendidikan punya akses utk mengubah rombel pada setiap siswa, jd diharapkan langsung kordinasi dengan dinas pendidikan nya. Bila dinas sdh mengubah, lakukan sinkronisasi, otomatis siswa tersebut akan otomatis masuk di rombel yg benar... Semoga bermanfaat

      Delete
  2. Mau tanya kalo sudah diinstal terus kitakoik dapodik dan muncul unable to connect .. kenapa ya ? TRIms

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dapodik 2019.c nya online memerlukan koneksi internet yang stabil. hal yang anda sebutkan diatas itu biasanya dari koneksi internetnya tidak terhbung dengan benar. terima kasih.

      Delete
  3. Mohon solusi,setelah instal dapodik 2 sekolah dalam 1 leptop dan disinkron,maka semua siswa kedua sekolah di pdun hilang,apakah memang tidak bisa 1 leptop 2 sekolah dapodiknya?

    ReplyDelete
  4. Mohon solusinya min..
    Pada dapodik versi 2019c tidak ad menu simpan di GTK
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan pada mouse kemudian klik simpan dan refresh

      Delete
  5. minta petunjuk,,, siswa siswa pada semester lalu merupakan siswa tinggal kelas di kelas 3,,, setelah registrasi siswa tersebut hanya bisa dimasukan di rombel kelas 1,,,,

    ReplyDelete
  6. Mau tanya... registrasi berhasil tapi ketika login tidak bisa ket..password salah.. Tolong solusi nya min...

    ReplyDelete
  7. Untuk Windows 8.1 gak bisa install dapodik gan,gmane solusinye

    ReplyDelete
  8. mohon bantuannya, saat menginstal aplikasi dapodik 2019 c pada laptop saya dengan menggunakan windows 8 muncul keterangan setup progress microsoft visual c++ 2017, dan membuat aplikasi dapodik 2019 c belum bisa terpasang? kenapa y!

    ReplyDelete
  9. mohon bantuannya, setelah versi 2019 c di instal data di dapodikdasmen tidak aktif malahan jadi terdafatar, mintol dong panduannya...

    ReplyDelete
  10. bagaimana solusi dapodik sd versi 2019 c untuk PD pindahan yg akan ditarik kerombel tujuan tetapi nama PD Tersebut hanya muncul di rombel kelas 1. Mohon pecerahannya.

    ReplyDelete
  11. Bagai mana solosinya jika seorang ptk adalah operator dan mau merubah dan membuat akun selalu muncul username tidak tertulis dengan benar padahal username tuk operator dan sebagai ptk sudah beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab Gan

      Sebaiknya Email yang digunakan untuk login operator dan login GTK/PTK beda, jangan menggunakan satu Email

      Mampir gan www.fishcing.ga

      Delete
  12. Mohon solusinya jika kepsek tidak terbaca di beranda dapodik 2019c padahal sudah dipilih gtk untuk tugas tanbahan kepala sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolom TST dikosongkan pada menu tugas tambahan

      Delete
  13. mohon solusi.. saya nggak bisa buka akun ptk saya karena saya operator.. setiap saya buka akun selalu yang muncul bukan akun ptk. tetapi dapodik.. padahal saya mau membenahi data saya yang salah.. buat akun barupun saya nggak bisa.. karena e-mail sudah digunakan

    ReplyDelete
  14. Mohon solusinya min, saya sudah instal dapodik 2019c, tapi setelah di jalankan ternyata jadwalnya kosong, mau entri ulang pembelajaran tapi loading terus (koneksi internetnya sendiri stabil min) begitu juga kalau mau entri pembelajaran lewat rombel.

    ReplyDelete
  15. Kemungkinan pada TST Tugas tambahan terisi, untuk itu pada kolom TST Tambahan sebaiknya di kosongi

    silahkan mampir di blog www.fishcing.ga

    ReplyDelete
  16. Point 1.
    antivirus sudah tidak ada, Windows Firewall sudah dinonaktifkan. Tapi tetap saja tidak bisa diinstal.
    Saya menggunakan Wins 8.1 pro, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  17. aplikasi terbaru pasti masih banyak kekurangan nya kenapa gk aplikasi yang sudah mateng, kenapa harus nyari bahan lagi

    ReplyDelete
  18. mohon pencerahan..dapodik saya tidak bisa dibuka ada keterangan localhost refused to connect.

    ReplyDelete
  19. Mohon solusinya bozz q,
    Untuk rubah email akun ptk supaya loginnya sama dengan emailnya yang terbaru gimana eah??
    Matur thanks you...

    ReplyDelete
  20. Jumlah jam di pembelajaran tidak bisa diubah, yg tertera hanya 24 jam untuk mapel wajibnya

    ReplyDelete
  21. Kenapa selalu gagal .Masuk ke manajemen paud?
    Padahal kata sandi dan email udah betul

    ReplyDelete
  22. Mohon solusi jika anak kami ada yg usiax 6 thn,9 bln.mau naik ke kelas 2.apakah harus tinggal kelas

    ReplyDelete
  23. mohon solusi untuk menginputkan kembali data siswa yang tadinya dikeluar atau dihapus dari rombel dengan keterangan hilang.

    ReplyDelete
  24. mohon solusinya, saya mw memasukan siswa baru tidak bisa di simpan di dapodik kenapa ya

    ReplyDelete
  25. Bagaimana bila ada kesalahan dalam input data di rombel... Dan data di dapodik sdh dikunci...

    ReplyDelete
  26. Stlh install, ada tulisan data tidak masuk semua
    Gmna solusi ya Pak...

    ReplyDelete
  27. mohon solusinya jika membuka aplikasi dapodik 2021 muncul uneable to connect firefox can't localhost, bagaimana solusinya agar bisa di buka aplikasi nya,terima kasih

    ReplyDelete
  28. mohon solusinya aplikasi dapodik saya gk bsa di buka slalu muncul uneable to connect firefox can't localhost

    ReplyDelete