Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

NASIB PEMBAYARAN THR & GAJI KE-13 PNS 2020 SUMATERA SELATAN DAMPAK CORONA

NASIB PEMBAYARAN THR & GAJI KE-13 PNS 2020 SUMATERA SELATAN DAMPAK CORONA

NASIB PEMBAYARAN THR & GAJI KE-13 PNS 2020 SUMATERA SELATAN DAMPAK CORONA

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Presiden Joko Widodo tengah melakukan beberapa pertimbangan terkait pembayaran gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR) untuk aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di tengah pandemik virus corona (Covid-19). 
Dalam paparannya ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/4/2020), Sri Mulyani mengatakan, pertimbangan pembayaran gaji ke-13 tersebut terkait dengan belanja pemerintah yang mengalami tekanan. Sebab, pemerintah secara besar-besaran menggelontorkan insentif kepada dunia usaha serta bantuan sosial untuk meredam dampak virus corona.

Bendahara Negara itu tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai skema pembayaran gaji ke-13 dan THR kepada ASN, apakah bakal dipangkas besarannya, ditunda penyalurannya, atau bahkan ditiadakan.
Sri Mulyani menyatakan hal ini sejalan dengan instruksi presiden Jokowi agar tiap kementerian/lembaga melakukan realokasi anggaran dan memusatkannya pada penanganan pandemi corona Covid-19. Realokasi ini katanya masih ia bahas kembali bersama Kementerian Dalam Negeri dan kementerian terkait lainnya. Saat ini total anggaran belanja yang akan dihemat diperkirakan mencapai Rp190 triliun sesuai skenario awal hingga April 2020. Rinciannya kementerian/lembaga akan dikurangi belanjanya sebanyak Rp95,7 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) senilai Rp94,2 triliun.
di tengah pandemi ini total belanja diperkirakan akan meningkat Rp73,4 triliun menjadi Rp2.613,8 triliun dari sebelumnya Rp2.540,4 triliun. Di sisi lain penerimaan negara mengalami tekanan cukup hebat hingga anjlok Rp472,3 triliun. Nilainya pada tahun 2020 diperkirakan hanya tersisa Rp1.760,9 triliun.
Oleh karena itu Gaji-13 Atau Thr PNS 2020 ini akan dipertimbangkan lebih lanjut.

Post a Comment for "NASIB PEMBAYARAN THR & GAJI KE-13 PNS 2020 SUMATERA SELATAN DAMPAK CORONA"