Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

14 tanya jawab solusi dan masalah sensus penduduk 2020 online


14 TANYA JAWAB SOLUSI DAN MASALAH SENSUS PENDUDUK 2020 ONLINE


tanya jawab solusi dan masalah sensus penduduk 2020 online

Tahun 2020 ini Badan Pusat Statistik (BPS) memberi kemudahan dengan menyediakan fasilitas sensus penduduk online. Masyarakat bisa mengikuti sensus dengan mengunjungi web sensus.bps.go.id
Sensus penduduk 2020 online sudah dimulai sejak 15 Februari hingga 29 mei 2020 mendatang.
Sayangnya, ada sebagian penduduk yang mengeluh di media sosial twitter kalau mereka gagal mengikuti sensus penduduk 2020 online karena data dinyatakan tidak lengkap oleh sistem.


SOLUSI MASALAH SENSUS PENDUDUK 2020
tanya jawab solusi dan masalah sensus penduduk 2020 online

berikut ini adalah solusi dan permasalahan terkait sensus penduduk 2020 online. bagi anda yang ingin bertanya silakan tulis dikomentar dan sesi tanya jawab dibuka untuk umum jadi jangan segan untuk menjawab pertanyaan yang ada.

1. Error NIK dan KK tidak sesuai

Silakan cek kembali NIK dan KK yang diinput, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan nomornya. - Jika NIK dan KK yang diinput sudah benar, silakan coba login dengan NIK anggota keluarga lain. - Jika masih tidak bisa, silakan gunakan KK dari arsip sebelumnya untuk login. - Jika tidak memiliki KK lama, mohon tunggu kedatangan petugas sensus pada September 2020.

2. Pekerjaan Tidak Terdaptar

Silakan memilih "lainnya" dan selanjutnya mengisikan nama, jenis, dan deskripsi pekerjaan Bapak/Ibu selengkap-lengkapnya pada kolom isian deskripsi pekerjaan.

3.  kode Captcha atau kode keamanan tidak muncul

- Silakan menggunakan mode 'private browser' atau 'incognito' atau 'mode penyamaran'. - belum berhasil, Anda juga bisa menggunakan browser lain. - Atau bila masih belum berhasil, silakan untuk mencoba kembali beberapa saat kemudian.

4. Halaman web blank KOSONG total atau sebagian atau muncul pesan "terjadi kesalahan

Hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang kurang baik atau karena akses ke website Sensus Penduduk Online sedang tinggi. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan: - Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi kuat - Refresh ulang browser setelah beberapa menit - Ganti browser, disarankan menggunakan Chrome - Menggunakan browser dengan mode "Private Window, "Incognito", atau "Mode Penyamaran" - Menggunakan laptop atau PC.

5. pilihan pertanyaan sensus penduduk 2020 tidak muncul.

Hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang kurang baik atau karena akses ke website Sensus Penduduk Online sedang tinggi. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan: - Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi kuat - Refresh ulang browser setelah beberapa menit - Ganti browser, disarankan menggunakan Chrome - Menggunakan browser dengan mode "Private Window, "Incognito", atau "Mode Penyamaran" - Menggunakan laptop atau PC

6. RT/RW/dukuh/jorong/sorong/banjar (Satuan Lingkungan Setempat) saya tidak ada tersedia

Bila ada pemekaran wilayah setelah Agustus 2019, silahkan masukkan nama RT/RW/dukuh/jorong/sorong/banjar (SLS) sebelum kondisi mekar. Bila tidak ada pemekaran, silahkan kosongkan isian RT/RW/dukuh/jorong/sorong/banjar (SLS) dan mengisikan alamat selengkap-lengkapnya.

7. error terdeteksi adanya perilaku yang tidak normal

Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan eror ini antara lain 1. User mengakses web sensus.bps.go.id dari luar negeri 2. User menggunakan browser seperti UC browser yang menggunakan auto proxy, sehingga seakan-akan IP yang masuk adalah IP dari luar negeri 3. User menggunakan browser Opera Mini atau browser mobile lain dengan fitur data saving aktif. Disarankan untuk mematikan fitur data saving. 4. Disarankan untuk menggunakan browser lain seperti Chrome dan pastikan fitur data saving dimatikan.

8. Tombol kirim tidak dapat di-klik dan masih ada status "belum lengkap", padahal sudah semua terisi

- Silakan melengkapi dahulu pertanyaan yang belum dijawab. - Untuk melihat pertanyaan yang belum lengkap jawabannya, dapat menuju halaman ringkasan, kemudian klik tombol "lihat" di samping status anggota keluarga yang "belum lengkap. pertanyaan yang masih belum lengkap tersebut akan langsung tersorot dan berkedip.

9. Saya sudah pisah KK dengan orang tua saya dan sudah membuat KK baru dengan suami/istri saya, mengapa saya tidak dapat masuk ke web Sensus Penduduk Online menggunakan KK/NIK saya?

Silakan menggunakan informasi NIK dan KK sebelum kondisi pecah KK atau silakan gunakan NIK dari anggota keluarga lain yang masih dalam satu KK yang sama untuk login. Silahkan melengkapi isian individu yang belum lengkap dan menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar (suami/istri/anak) dari halaman "daftar anggota kaluarga"

10. Ketika saya masuk ke web Sensus Penduduk Online data yang muncul adalah data KK sebelumnya (dengan orang tua) padahal saya sudah membuat KK yang baru.

Susunan anggota keluarga yang tertera dalam Sensus Penduduk Online dapat mengikuti susunan anggota keluarga pada KK sebelumnya. Silakan tambahkan anggota keluarga yang belum ada, serta sesuaikan status keberadaan dan alamat anggota keluarga yang ada dalam daftar. Jika tempat tinggal tidak berada pada alamat yang sama, maka isikan alamat tersebut sesuai dengan tempat tinggal saat ini.

11. Cara Mengatasi Data Tidak Lengkap

Salah satu kendala yang sering muncul saat mengisi Sensus Penduduk Online 2020 adalah sistem mengklaim bahwa data yang dimasukkan tidak lengkap. Tentunya hal ini sangat membingungkan mengingat subjek sensus telah mengisi semua data yang diminta.
Kemas, bagian IT BPS mengatakan hal ini bisa terjadi karena data yang sudah diisi terlempar ke antrean. Masih menurut Kemas, saat bukti pengisian degenerate, data belum masuk ke server.

12. Apa yang bisa dilakukan kalau data dinyatakan tidak lengkap?

Ternyata data tidak hilang begitu saja tapi tetap tersimpan di server. Karena itu yang bisa dilakukan adalah log out, kemudian log in lagi. Setelah kembali log in, selanjutnya bisa mengunduh ulang bukti pengisian.
Kemas menambahkan, walaupun tidak mengulang masuk pun data yang sudah ter-submit tidak akan hilang, karena sudah tersimpan secara otomatis.

13.  Tidak bisa Daftar


nik dan kk tidak terdaftar dalam artian kk kamu adalah kk baru tahun 2020 untuk diketahui database yang ada di bps data tahun 2019 akhir, dengan otomatis jika kamu mengunakan kk terbaru data tersebut belum ada.

14. lupa password

clear password adalah fitur merubah password yang kita buat atau anggota keluarga yang pertama buat, setelah tekan clear password silahkan buat password baru.
dengan clear password otomatis password lama tidak bisa di gunakan lagi, sebaiknya kasi tahu anggota keluarga yang lain bahwa sudah di ganti passwordnya. kalau tidak tahu otomatis dia tidak bisa login.
fitur clear password akan menghapus seluruh data isian yang disimpan sementara
karena clear password sudah digunakan otomatis tidak bisa dipakai lagi, jika masih lupa password silahkan pakai panduan reset password yaitu dengan menjawab pertanyaan keamanan dan kode captha.
jika sudah direset anda bisa membuat password baru.

Kontak Sekretariat SP2020

jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi ke sini mengenai sensus penduduk 2020
Alamat
Jalan Dr. Soetomo 6-8 Jakarta
Telepon

cek kontak nomor handphones seluruh indonesia di link bawah
https://www.bps.go.id/sp2020/home/kontak

Post a Comment for "14 tanya jawab solusi dan masalah sensus penduduk 2020 online"