Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA

RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA
RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA
RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA

PENGERTIAN NOKEN PAPUA

Noken yaitu tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya tas ini digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar. Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala, noken ini di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia dan pada 4 desember 2012 ini, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO.
"Pengakuan UNESCO ini akan mendorong upaya melindungi dan mengembangkan warisan budaya Noken, yang dimiliki oleh lebih dari 250 suku bangsa di Provinsi Papua dan Papua Barat,"

cara membuat noken papua
RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA

Ambil kulit kayu yang sudah diambil dari hutan, ditumbuk, kemudian dilakukan proses pengawetan yaitu dengan merendam ke dalam air agar serat kayu bertambah kuat. Lalu kulit kayu dipilin menjadi benang seperti tali kecil (string). Selanjutnya, tali kecil tersebut dianyam menjadi Noken. Saat menganyam dibentuk suatu “cincin” lalu diikat menjadi simpul mati. Di daerah Paniai, Noken diberi hiasan agar semakin menarik. Hiasan ini terbuat dari kulit pohon anggrek baik yang berwarna kuning emas atau pun yang berwarna hitam. Noken terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan. Tak hanya terbuat dari kulit kayu, Noken juga dibuat dari benang katun, bahkan dari benang wol.

BAHAN NOKEN PAPUA

Noken terbuat dari bahan baku kayu pohon Manduam, pohon Nawa atau Anggrek hutan dan masih banyak lagi jenis pohon yang umum digunakan.

KEGUNAAN NOKEN PAPUA

noken sangat berguna fungsinya, mulai membawa barang, tempat-tempat menyimpan barang di rumah, hingga simbol penyambutan saat ada tamu adat.

SOAL NOKEN PAPUA RUMAH BELAJAR TVRI

apakah pesan yang disampaikan dalam tayangan noken papua tersebut?
bagaimana cara membuat noken ?
bagaimana tanggapan kalian terhadap tayangan tersebut?
menarikkah belajar peribahasa dan ungkapan melalui tayangan itu pada bagian mana yang paling menarikk?
peribahasa apakah yang tepat untuk pernyataan tanpa ada noken, mempengaruhi keharmonisan antara satu pihak dengan pihak yang lain”?
jawaban                                                                                                                                   
menghormati satu sama lain - saling menghormati satu sama lain.

BACA JUGA  DUKUNG PEMERINTAH LAWAN CORONA INTERNET DIGRATISKAN OLEH PROVIDER JARINGAN
UNTUK MENDAPATKAN UPDATE INFORMASI RUMAH BELAJAR BESOK SILAKAN ADIK-ADIK SUBSCRIBE DENGAN CARA MENDAPTARKAN EMAIL ADIK-ADIK DIBAWAH NYA
BACA JUGA SOAL DAN MATERI TRIGONOMETRI BELAJAR DI RUMAH TVRI BESOK

Post a Comment for "RUMAH BELAJAR TVRI MATERI DAN PEMBAHASAN NOKEN PAPUA"