Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020

2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020
2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020
2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020

Program Indonesia Pintar merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.

2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020
Program Indonesia Pintar ini disalurkan secara bertahap dengan skala prioritas. Pemerintah bekerja sama dengan Bank tertentu guna pencairan dana PIP tersebut. Bagi mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar akan memperoleh prioritas utama dalam penyalurannya. Artinya para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan disalurkan dananya pada tahap-tahap awal penyaluran dana PIP.
Pogram Indonesia Pintar ini juga terintegrasi dengan dapodik, dimana data layak dan tidak layak diambil dari database peserta didik di aplikasi dapodik. Data dan nomer rekening penyaluran dan pencairan dana PIP juga langsung tertera di aplikasi dapodik.
Untuk mengecek dan mengetahui progress penyaluran dan pencairan dana PIP, pemerintah sudah menyediakan layanan Sistem Informasi Program Indonesia Pintar atau sering disebut sebagai SiPintar yang bisa diakses secara online oleh siapa saja. SiPintar dapat diakses di halaman www.sipintar.web.id .
2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020

Penyaluran dana PIP bisa dilacak per wilayah propinsi, kabupaten/kotamadya dan kecamatan. Di samping itu penyaluran dana PIP juga bisa cek per satuan pendidikan. Sehingga nanti akan terlihat berapa siswa yang berhak memperoleh saluran dana PIP dan berapa siswa yang sudah mencairkan dana di Bank yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal penyaluran dan pencairan dana PIP. Pada akhirnya akan terlihat prosentase dana yang sudah dicairkan pada masing-masing satuan pendidikan.
Menghadapi fitnah PIP diantara orang tua, apakah siswa tersebut mendapatkan bantuan PIP atau tidak, kita bisa menunjukkan akses kepada wali siswa untuk melakukan pengecekan secara mandiri data penerima PIP secara online dengan menggunakan NISN.
Cara cek penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) khusus wali siswa untuk memastikan bahwa datanya aktif dan masih menerima bantuan PIP atau tidak dari tingkat SD, SMP, sampai jenjang SMA.

CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA

Lalu bagaimana cara mengecek penyaluran dana PIP? Untuk mengecek dan mengetahui penyaluran dan pencairan dana PIP dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Anda bisa membuka melalui laman
2. setelah itu masukkan data NISN, tanggal lahir, serta nama Ibu kandung.
3. Jika benar datanya akan tampil seperti dibawah.
2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP  ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020

Anda bisa melihat secara detil tahun penyaluran dan Bank penyalurnya. Jika tidak tampil berarti siswa tersebut bukan penerima PIP. Nah, oleh karena itu sebelum Anda -Wali siswa- melakukan pengecekan data PIP pastikan bahwa Anda sudah memiliki KIP untuk tingkat SD dan SMP.
Perlu diketahui oleh wali siswa meskipun pihak sekolah sudah berusaha untuk mengajukan program PIP bagi siswa yang miskin, namun dalam realisasinya pemerintah lebih mengutamakan bagi siswa yang sudah memiliki kartu indonesia pintar (KIP).

Post a Comment for "2 TAHAPAN CEK PENERIMA PIP ANAK UNTUK ORANG TUA SECARA ONLINE 2020"