Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

Mungkin anda termasuk golongan pecinta makanan pedas. Sensasi panas dimulut sampai membuat anda bercucuran keringat pastinya akan meningkatkan selera makan anda menjadi lebih tinggi.
Namun makanan pedas ini juga mempunyai efek samping salah satu nya akan membuat anda yang tubuhnya tidak tahan akan menderita sakit perut terutama bagi anda yang mempunyai masalah dengan lambung anda.
Kandungan alami yang ada di dalam cabai yakni capsaicin inilah yang memberikan sensasi pedas panas di mulut dari makanan yang anda makan.

Pada saat capsaicin ini berada di lapisan lambung zat ini menempel dengan sangat kuat pada reseptor rasa sakit, sehingga nantinya akan memberikan sinyal ke otak anda untuk menghasilkan sensasi panas atau nyeri. Ada beberapa penyebab anda merasakan sakit perut setelah anda memakan makanan pedas.
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

Makanan pedas dapat juga memicu gastritis atau iritasi pada lambung, selain itu juga bisa memperburuk repluks asam. Kondisi repluks asam ini bisa terjadi saat cairan asam dari lambung mengalir kembali kerongkkongan dan akhirnya menyebabkan perut anda menjadi sakit.
Selain sakit perut makanan pedas juga bisa menyebabkan anda mengalami diare yang berkepanjangan. Namun anda tidak usah khawatir jika perut anda sakit setelah memakan makanan pedas, karena kondisi ini tidak akan berlangsung lama hanya 1 sampai 2 hari saja.

CARA MENGOBATI SAKIT PERUT OLEH MAKANAN PEDAS

Bagi anda yang ingin cepat mengobati masalah sakit perut yang di sebabkan dari melahap makanan pedas anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

1. MENGOMSUMSI SUSU ES KRIM KEJU
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

Mungkin anda sudah terbiasa pada saat kepedasan dari makan makanan pedas anda akan minum air es sebanyak-banyaknya sampai sakit perut anda hilang.
 Padahal cara ini keliru, air tidak dapat menetralkan capsaicin. Air es justru akan membuat anda merasakan kepedasan yang lebih parah lagi.
Untuk menghilangkan rasa pedas ini anda sangat saya saran untuk mengomsumsi atau produk sejenisnya seperti es krim. Anda juga dapat mencoba memakan keju.
Produk seperti susu ini mengandung kesein yang akan menetralkan capsaicin. Dapat kita ilustrasikan produk susu ini bekerja seperti sabun yang menghilangkan minyak di piring.
Setelah anda mengomsumsi susu rasa pedas dan sakit perut anda menghilang dengan sendirinya.

2. KOMSUMSI MINUMAN MANIS MAUPUN BUAH
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

Minum-minuman yang di dalamnya terdapat gula maupun madu akan sangat efektif sekali membantu menghilangkan sensasi pedas. Namun sayangnya jika anda terlalu banyak mengomsumsi gula akan ada masalah lain yang muncul nantinya seperti diabetes.
Nah untuk alternatif lainnya anda dapat menggantikannya dengan buah-buahan yang ada. Buah-buahan tersebut dapat langsung anda makan ataupun dijadikan jus terlebih dahulu.
Jika anda tidak ingin repot anda dapat membeli jus yang ada di supermarket maupun toko minuman terdekat.
Mengomsumsi buah-buahan juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit perut anda yang diakibatkan dari memakan makanan pedas.

3. HINDARI THE KOPI DAN COKELAT
3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS

Minuman yang didalamnya terdapat cafein sebaiknya tidak anda komsumsi ketika anda sedang sakit perut yang diakibat makanan pedas. Kenapa demikian? Karena cafein yang ada di dalam minuman tersebut nantinya akan memperburuk sakit perut anda.
Sama halnya dengan makanan pedas, cafein juga dapat mengiritasi lambung yang sensitif. Jadi agar lebih aman hindarilah minuman tersebut.
Minuman ini dapat berupa the, coffe dan bahkan cokelat sekalipun terdapat cafein. Sangat saya sarankan bagi anda untuk tidak merokok ketika sakit perut.
Jika anda sudah menerapkan beberapa cara yang saya sebutkan diatas dan masih juga sakit perut yang disebabkan makanan pedas anda tidak kunjung membaik sebaiknya anda segeralah memeriksakannya ke pusat kesehatan terdekat yang ada didaerah anda.

1 comment for "3 CARA MENGOBATI SAKIT PERUT AKIBAT DARI MAKAN PEDAS"

  1. makasih banyak infonyaa!! tips nya work di akuuu
    oiya salam dari walisongo.ac.id yaaa

    ReplyDelete