Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH

AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH
AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH
AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH

Sensus penduduk berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Data yang dicapai, biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam sensus penduduk yang dilaksanakan oleh BPS seperti sensus pertanian, sensus ekonomi. Sensus penduduk di indonesia dilaksanakan setiap 10 tahun sekali.

Sensus Penduduk 2020 kali ini akan menargetkan WNI & WNA yang telah atau akan tinggal selama minimal 1 tahun di Indonesia. Termasuk juga penduduk dan keluarganya yang sedang bertugas menjadi perwakilan RI di seluruh wilayah teritorial Indonesia di luar negeri (seperti di kedutaan dan konsulat jenderal)

Tujuan diadakannya sensus penduduk 2020

1. Menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.
2. Menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteritstik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.
3. Partisipasi penduduk dalam SP2020 akan sangat berarti bagi penajaman program-program pemerintah jangka panjang.
Manfaat SP2020 untuk mendapatkan jumlah penduduk sesuai dengan berdasarkan domisili mereka tinggal. Hal ini akan membantu pemerintah daerah dalam menyusun program-program kependudukan dan sosial. Selain itu, SP2020 juga menjadi langkah awal pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

Mengapa Sensus Penduduk Online?

1. Dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.
2. Literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik.
3. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.
AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH

Terlewat di Sensus Penduduk Online?

Tenang saja, anda akan tetap tercatat dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) pada Juli 2020.

Tahapan Kegiatan sensus penduduk 2020

Terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data: Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari - Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Cara ikut serta sensus penduduk 2020 Online

Membuka situs Sensus Penduduk Online (sensus.bps.go.id) kemudian memasukan identitas (seperti NIK dan nomor KK). Situs dapat diakses pada tanggal 15 Februari -  31 Maret 2020.

Dasar hukum pelaksanaan SP2020:

1.        UU NO. 16 Tahun 1997 tentang Statistik
2.        PP No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik
3.     World Population nad Housing Programme (UN Recommendation) yang menyebutkan bahwa setiap negara harus melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali.
4.         Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia
5.                Perpres No. 62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati.

Rekrutmen Petugas Sensus penduduk 2020 dan Persyaratanya

Badan Pusat Statistik ( BPS) bakal merekrut 390.000 petugas untuk menjalankan sensus penduduk 2020 mendatang. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada sensus penduduk 2020 untuk pertama kalinya BPS menggunakan metode kombinasi antara online dan door to door. Adapun dalam sensus-sensus sebelumnya, BPS masih menggunakan metode tradisional.
Suhariyanto mengatakan, siapapun bisa turut mendaftar, dengan kualifikasi dasar berpendidikan akhir Sekolah Menengah Atas (SMA). Upah yang didapatkan untuk waktu kerja yang selama sebulan, Suhariyanto mengatakan, tak akan lebih rendah dari UMR.
Rencananya, rekrutmen ini mulai dilaksanakan pada awal tahun 2020 mendatang dan akan diterjunkan langsung di sensus yang dilakukan bulan Juni. Masyarakat tentu bisa mendaftar menjadi tenaga pencacah asal sudah lulus pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Nantinya, proses rekrutmen juga akan dibantu oleh aparatur pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan.

Post a Comment for "AYO MEMBANGUN NEGERI IKUT SENSUS PENDUDUK 2020 RASAKAN MANFAATNYA LAGI DI CARI PETUGASNYA LOH"