Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi
beragam warna paspor

Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi

Pengertian paspor

Paspor adalah salah satu dokumen resmi yang wajib anda miliki ketika anda hendak bepergian ke luar negeri. Paspor biasanya dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara tertentu yang berisikan tentang mengenai identitas pemegang paspor tersebut.

Isi paspor

Isi paspor pada umumnya berisikan biodata pemegang paspor seperti:
13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi
isi paspor

1. Nama2. Tempat  dan tanggal lahir,3. Alamat,4. Negara,5. Foto,6. Identifikasi indivindu pemegangnya7. Negara yang bisa dikunjungi8. Dan tanda tangan

Jenis-jenis paspor

Untuk sekarang telah ada 2 jenis paspor yang ada didunia agar anda bisa berkeliling ataupun berkunjung keluar negeri.

1. Elektronik paspor

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi
paspor perjalanan
Merupakan pengembangan dari paspor konvensional yang bisa anda dapatkan secara online dengan ditanam sebuah chip.

2. Paspor konvesional

Paspor biasa yang berisikan identitas pemegang pasportnya.

Fakta menarik paspor yang ada didunia

Tahukah anda selain berisi identitas pemegang pasport tersebut? Ataupun sebagai izin bepergian masuk negara lain. Paspor juga memiliki fakta menarik yang cukup menarik untuk anda ketauhi loh? Belum tau fakta menarik tersebut? Anda simak ya.

1. Warna paspor

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi
Warna paspor yang ada didunia berbeda-beda loh tergantung dari jenis negara manakah negara tersebut. Akan tetapi yang paling dominan dan anda temukan ialah paspor yang berwarna biru milik negara amerika, paspor hijau milik negara muslim seperti indonesia, warna merah untuk negara seperti cina, rusia. Hal ini dilakukan karena latar belakang dan ideologi yang dianut oleh negara tersebut.

2. Paspor termurah

Biaya untuk pembuatan paspor termurah berada dinegara swaziland yakni jika dirupiahkan hanya sebesar Rp. 39000. Hal ini cukup murah dibandingkan negara-negara lain yang ada didunia.

3. Paspor termahal

13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi
Paspor termahal berada dinegara turki dengan besaran biaya yang bisa dikeluarkan untuk membuat 1 pasport bisa mencapai 3,3 juta rupiah.

4. Paspor teraman didunia

Paspor teraman berada dinegara amerika tengah yang memiliki 89 fitur keamanan, termasuk salah satunya barcode hologram bidimensional hingga watermark yang sangat susah  untuk anda palsukan.

5. Kegunaan paspor terlemah didunia

Paspor digunakan untuk izin masuk ke negara lain yang berguna sebagai identitas wisatawan. Namun dinegara suriah, pakistan, irak, afgahistan para wisatawan yang berasal dari negara nya hanya dapat mengunjungi 30 negara didunia saja loh. Hal ini yang membuat paspor dinegara tersebut menjadi yang paling kurang berguna untuk mengunjungi negara lain. Baru-baru ini sudah ada negera yang hanya dapat mengunjungi 28 negara saja yang ada didunia yakni paspor negara solomon, palestina, myanmar.

6. Cara membaca paspor terunik didunia

Untuk membaca paspor yang berada dinegara skandinavia anda harus menembakkan terlebih dahulu cahaya ultra violet ke paspor baru anda bisa membacanya. Cari ini menjadi cara paling unik dibandingkan dengan paspor yang berada dinegara lain.

7. Paspor pertama didunia

Paspor pertama didunia diberikan oleh raja Artahsasta kepada Nehemia pada tahun 450 SM. Yang menjamin keamanan dari perjalanan nehemia ke yehuda.

8. Paspor nomor 1

Paspor nomor 1 yang ada didunia diberikan kepada paus yang menjabat pada negara vatikan. Hal ini terus berlanjut hingga pergantian paus berikutnya.

9. 1 Orang yang tidak memerlukan paspor untuk berkeliling dunia

Hanya 1 orang yang tidak memerlukan paspor untuk mengunjungi negara-negara yang ada didunia yakni ratu inggris.

10. Paspor paling kuat didunia

Pasport yang paling kuat didunia berada dinegara inggris dan amerika serikat karena kedua negara tersebut dapat bepergian ke 143 negara lain tanpa menggunakan visa.

11. Ada negara yang tidak menggunakan paspor

Dibeberapa negara ada yang tidak memerlukan paspor untuk anda kunjungi seperti negara vatikan dan addora.

12. Bahasa yang digunakan paspor

Bahasa yang biasanya digunakan pada paspor adalah bahasa inggris namun tahukah anda bahwa dahulu paspor pernah menggunakan bahasa latin dan bahasa perancis.

13. Paspor negara indonesia


Paspor dari negara indonesia masuk kedalam  peringkat 60 didunia karena paspor tersebut bagi para pemegangnya dapat mengunjungi 57 negara yang ada didunia bebas dari visa.

Post a Comment for "13 Fakta Unik Tentang Paspor yang Tidak Anda ketauhi"