Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru 2020

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru 2020

Kabupaten yang disingkat dengan Muratara ini tergolong masih baru, pada tahun 2013 resmi berdiri sendiri dari hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas. Daerah yang termasuk sebagai kawasan hutan lindung dan juga hutan produksi ini cukup menyimpan sumber daya alam yang sangat besar. mulai dari gas bumi, batu bara, dan juga minyak bumi dan emas. Selain sumber daya alamnya yang berlimpah, tidak ketinggalan juga potensi wisata alamnya juga sangat menjanjikan. Dan bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi tujuan utama wisatawan untuk berlibur. Berikut ini beberapa tempat wisata di Kabupaten  Musi Rawas Utara yang cukup ikonik dan sangat menarik untuk dikunjungi.


Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru

1. Air Terjun Curup Sembilan


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru 2020

Berbeda dengan Air Terjun Ulu Tiku yang tergolong mudah dijangkau, Air Terjun Curup Sembilan ini untuk aksesnya memang masih sangat susah. Dan tak jarang wisatawan harus melalui jalur sungai untuk menuju lokasi air terjun. Hal ini karena lebatnya hutan yang bisa membuat wisatawan kehilangan arah jika tanpa pemandu dari desa setempat. tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup tinggi dan cukup lebar dengan debit airnya yang sangat besar. Biasanya warga memanfaatkannya untuk menurunkan kayu hasil tebangan. Sebenanrya sangat menarik untuk spot camping dibawah pepohonan yang rindang dan juga suasananya yang sangat tenang dan sejuk. Lokasi air terjun berbatasan dengan Kecamatan Ulu Rawas, yang tepatnya berada di Desa Muara TIku, Kecamatan Karang Jaya.
 mungkin juga anda mencari rekomendasi tempat wisata lainnya wisata musi rawas.

2. Air Terjun Ulu Tiku


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Lokasi yang mudah untuk di akses dan juga cukup dekat dari pusat Kota, menjadi semakin ramai pengunjung ketika hari liburan. Selain itu memang Air Terjun Ulu Tiku memiliki pesona yang begitu indah, berada di kawasan pepohonan yang cukup lebat, debitnya airnya yang cukup deras, serta pesona alamnya yang masih begitu asri, tak heran jika menjadi destinasi favorit warga. Yang sangat menarik adalah kolam air terjunnya yang begitu luas, tapi tergolong cukup dalam. Untuk amannya memang menggunakan pelampung atau bersantai di atas perahu karet. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup berdekatan dengan air terjun lainnya yang masih berada di Desa Muara Tiku, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Karang Jaya.

3. Air Terjun Sosokan


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Keren dan unik. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Air Terjun Sosokan yang terletak di Desa Sosokan dan berada di wilayah Kecamata Ulu Rawas. Air terjun ini memiliki dua cabang yang hanya disekat bebatuan yang ditumbuhi lelumutan yang hijau di tengahnya. Begitu terlihat lukisan alam yang sangat sempurna dengan adanya kolam yang cukup lebar di bawahnya, semakin memanjakan para traveler yang datang. Bebatuan warna hitam kecoklatan semakin menambah warna alam yang sangat natural, berpadu dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi favorit anak-anak mudah yang haus akan piknik.

4. Arung Jeram


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Tidak mau kalah dengan Kabupaten lainnya yang memiliki spot untuk arung jeram. Kabupaten Muratara juga memiliki spot istimewa untuk olahraga rafting. Salah satunya ada di Desa Jangkat yang masuk di Kecamatan Ulu Rawas. Arusnya cukup deras, dan bagi pemula memang disarankan untuk memakai pemandu. Berbagai rintangan seperti bebatuan yang ada di tengah dan di pinggir sungai menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta rafting. Selain menikmati derasnya arus sungai kamu juga bisa menikmati alam pedesaan yang ada di Kecamatan Ulu Rawas. Adanya arung jeram ini akhirnya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang dilirik begitu banyak pecinta rafting untuk menjajal kedahsyatan arus sungai yang ada di Muaratara.

5. Batu Ampar


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Destinasi wisata alam berikut ini bisa membuat kamu enggan untuk pulang, seakan semua destinasi wisata alam tersaji di Batu Ampar. Hutannya yang lebat dengan pohon yang tinggi, perbukitan nan hijau, air sungai yang sangat jernih dan juga ornamen bebatuan besar yang ada di tengah sungai seakan menghambat siapapun untuk pergi meninggalkannya. Pinggiran sungai yang penuh rerumputan nan hijau sebagai spot bersantai sembari tiduran menikmati keindahan alam yang terletak di Desa Kuto Tanjung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang masih belum banyak yang menjamahnya, jadi keasriannya benar-benar masih terjada. Lokasinya masih berada di dalam wilayah Kecamatan Ulu Rawas.

6. Candi Lesung Batu


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Masih dalam pemugaran dan belum semuanya selesai dipugar dan juga masih dalam penelitian. Disinyalir Candi Lesung Batu ini sebagai peninggalan umat Hindu yang digunakan sebagai tempat sembahyang. Kemungkinan Candi Lesung Batu ini dibangun berkisar abad 10 M dan di era Kerajaan Sriwijaya yang beragama Budha. Hal ini diperkuat karena ditemukan yoni sebagai background bangunan candi. Untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Desa Lesung Batu yang masih berada di Kecamatan Ulu Rawas.

7. Danau Doson Lamo


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Inilah destinasi wisata alternatif yang menjadi favorit warga Kota Rupit, karena memang lokasinya yang sangat dekat dengan pusa kota, yang tidak lebih dari 30 menit perjalanan darat. Meski dekat dengan pusat kota tidak berarti tidak memiliki keasrian, justru Danau Doson Lamo ini masih begitu alami dan airnya saja terlihat begitu jernih. Banyak wisatawan yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin menghabiskan waktunya dengan bersantai di pinggir danau atau dengan menggeluti hobi memancingnya. Lokasi Danau Doson Lamo ini terletak di Desa Bingin Rupit, dan berada di dalam wilayah Kecamatan Rupit.

8. Danau Rayo


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Rupit yang hanya sekitar 5 km, menjadi destinasi wisata favorit untuk menghabiskan hari libur. Aksesnya pun juga sangat mudah, perjalanan menuju ke Danau Rayo baik kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk. Danau yang memiliki luas sekitar 100 hektar ini memang masih sangat asri yang dihiasi pepohonan nan hijau di setiap pinggiran danau. Namun sayang sangat minim akan fasilitas, seperti fasilitas untuk wisata air dan hanya perahu dan rakit saja yang biasa digunakan wisatawan untuk mengelilingi danau. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Sungai Jernih, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Rupit.

9. Goa Napalicin


9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara


Relief bebatuan karena proses alam sungguh mempesona ketika kamu berada di Goa Naplicin. Mulut goa cukup lebar sekitar berdiameter 15 meter dengan ruangan yang cukup luas di dalamnya. Stalagtit dan juga stalagmit menjadi hiasan utama ketika kamu memasuki Goa Napalicin. Goa ini berada di ketinggian sekitar 20 meter dari jalan setapak, jadi memang mengharuskan kamu untuk menaiki tangga. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Desa Napalicin yang hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk samapi di Goa Napalicin. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi andalan Kabupaten Muara Rawas Utara, yang memang cukup ramai keitka hari libur tiba. Lokasi tepatnya terletak di Desa Napalicin, dan berada di wilayah Kecamatan Ulu Rawas. ayo kita berkunjung juga ke wisata musi banyuasin.

2 comments for "9 Rekomendasi Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru 2020"

  1. di pulau kidak ado jugok air nterjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kk.kalo ada informasi wisata lainnya silakan hubungi admin nanti admin update. karena admin cuma tahu beberapa saja. terima kasih.

      Delete