Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur Terbaru 2020

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur Terbaru 2020

Kabupaten yang juga disingkat OKU Timur ini salah satu Kabupaten yang sangat maju di Provinsi Sumatera Selatan. Salah satu sektor yang sangat mendukung demi kemajuan OKU Timur adalah sektor pertanian. Hal tersebut salah satunya karena adanya dukungan dari sistem pengairan seperti Bendungan Perjaya, yang tidak hanya sebagai pengairan saja, tapi juga sebagai destinasi wisata favorit para warga OKU Timur. Selain itu ada beberapa penunjang dari sektor wisata yang membuat OKU Timur lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

1. Air Terjun Villa Masin


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur Terbaru 2020

Lokasinya berada di desa yang sama dengan obyek wisata Bukit Batu dan juga Bukit Mencar, jadi sempatkan diri kamu untuk mengunjungi Air Terjun Villa Masin. Ketinggiaannya yang tidak mencapai 10 meter tetap terlihat sangat menarik karena airnya yang jatuh begitu indah untuk dipandang. Bahkan kamu juga bisa merasakan nikmatnya guyuran shower alami di Air Terjun Villa Masin. Untuk menuju tempat wisata di Kabupaten OKU Timur ini memang kamu harus berjalan kaki selama beberapa menit dari desa terdekat. Tapi panorama alamnya sungguh memukau, setidaknya udara yang sangat sejuk bisa kamu rasakan selama perjalanan. Lokasi Air Terjun Villa Masin ini terletak di Desa Mendah yang masih berada di Kecamatan Jayapura.
salah satu rekemomendasi saya ialah mungkin anda harus berkunjung ke wisata lubuk linggau

2. Batu Berputar


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Inilah destinasi wisata yang sangat unik yang ada di Kabupate Okut Timur, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Batu Berputar namanya, konon menurut cerita rakyat batu ini berasal dan jatuh dari langit. Dan uniknya lagi batu ini bisa memancarkan cahaya terang karena adanya arah berlawan dari batu tersebut yang bisa menimbulkan percikan api yang cukup terang. Lokasi Batu Berputar ini berada di perkebunan karet, tepatnya berada di Desa Batu Raja Buangin, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Bunga Mayang.

3. Bendungan Perjaya


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Majunya sektor pertanian hingga membuat Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu Kabupaten maju dan terdepan di Provinsi Sumatera Selatan, berasal dari Bendungan Perjaya. Alasannya adalah adanya bendungan terbesar yang menampung aliran Sungai Komering di Sumatera Selatan inilah sektor pertanian di Kabupaten OKU Timur nyaris tidak pernah kekeringan. Selain itu sudah pasti potensi wisatanya pun juga luar biasa, dan menjadi destinasi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten OKU Timur. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang minim fasilitas wisata airnya, tapi setidaknya wisatawan bisa bersantai di pinggir bendungan, bisa juga sembari merealisasikan hobi memancing.

4. Bukit Batu


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Ingin berendam air panas di perbukitan?? Datang saja di Bukit Batu yang terletak di Desa Mendah yang masih berada di wilayah Kecamatan Jayapura. Memang untuk akses jalannya tidak begitu mudah dan belum dibangun seperti jalan setapak. Tapi justru kamu bisa lebih menikmati panorama alam perbukitan dengan menyusuri sungai kecil yang ada di Bukit Batu. Selain itu di Bukit Batu ini juga ada sumber air asin dan tidak ada bedanya dengan air laut rasa asinnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang baru-baru saja hits dan kebanyakan para traveler yang lebih suka berpetualang.

5. Bukit Mencar


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Masih berada di kawasan desa yang sama dengan Bukit Batu, namun akses untuk menuju Bukit Mencar jauh lebih bagus. Dan Bukit Mencar ini memang salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Kabupaten OKU Timur. Ada yang sangat menarik di Bukit Mencar, yakni adanya pemandian yang airnya bersumber langsung dari perbukitan. Bahkan kamu juga bisa merasakan segarnya air yang keluar dari bebatuan yang ada di Bukit Mencar. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang tergolong sangat ramai, dan sangat cocok untuk wisata keluarga ketika hari libur datang. Lokasinya sendiri berada di Dusun VI Bukit Batu Desa Mendah, yang berada di Kecamatan Jayapura.

6. Jembatan Gantung Campang


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Inilah salah satu spot selfie kekinian yang ada di Kabupaten Oku Timur. Jika kamera kamu cukup mumpuni dengan pencahayaan yang bagus maka hasil selfie kamu di Jembatan Gantung Campang bisa dipastikan bakal dapat like banyak di sosmed. Jembatan gantung yang landasannya terbuat dari kayu ini bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama sebagai spot fotografi. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Campang Tiga, dan berada di dalam Kecamatan Cempaka.

7. Makam Pangeran Peranpati


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Salah satu lokasi yang dikeramatkan oleh warga setempat adalah Makam Pangeran Peranpati. Ada cerita yang sangat menarik di makam ini, yakni adanya batu yang ada di areal makam ini terbuat dari dodol. Dan cerita lainnya yang hingga kini masih beredar adalah konon katanya Pangeran Peranpati ini memiliki keampuhan seperti kesaktian yang mandraguna. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasi tepatnya berada di Desa Muncak Kabau, yang masih berada di dalam Kecamatan BP Bangsa Raja.

8. Makam Ratu Bagus Baginda Ali


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Diceritakan bahwa letak dari Makam Ratu Bagus Baginda Ali ini menjadi desa tertua Kabupate OKU Timu, yakni Desa Tanjung Raya, yang masih berada di Kecamatan Belitang. Menurut sejarah bahwa Ratu Bagus Baginda Ali ini adalah seorang putra mahkota dari Lampung Way Kanan. Dan pada tahun 1800 an Ratu Bagus Baginda Ali ini merantau hingga Kabupaten OKU Timur dan akhirnya membuka sebuah peradaban yang kini menjadi Desa Tanjung Raya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi wisata sejarah atau wisata ziarah yang sangat menarik. Setidaknya kita menjadi lebih tahu cerita tentang Kabupaten OKU TImur dahulunya seperti apa.

9. Prasasti Tapak Tuan Rizal


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Ada cerita rakyat yang berkembang hingga kini, yakni dimana tempat yang telah dikunjungi oleh Tuan Rizal, maka daerah tersebut akan lebih sejahtera dan maju. Seperti pada Desa Brunei Mulia dimana di desa ini ada Prasasti Tapak Tuan Rizal, yang masih masuk di wilayah Kecamatan Semendawai Timur. Cukup menarik untuk dikunjungi selain di kawasaan ini juga ada juru kunci yang menjaga, dan suasananya pun sangat adem karena begitu banyak pepohonan yang rindang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi salah satu cagar budaya bagi Kabupaten OKU Timur, setidaknya memiliki cerita yang melegenda hingga kini.

10. Sungai Komering


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Sebenarnya hampir sama dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang sama-sama dilewati Sungai Komering. Salah satu aktifitas yang bisa kamu lakukan untuk bisa menikmati panorama indah Kabupaten OKU Timur adalah menyusuri Sungai Komering dengan menggunakan perahu motor atau perahu karet. Kamu akan disuguhi panorama alam yang begitu berbeda, mulai perbukitan nan hijau, areal persawahan, hingga panorama pedesaan yang ada di Kabupate OKU Timur. Hanya membutuhkan sedikit polesan saja agar bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa menjadi andalan Kabupate OKU Timur.

11. Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur

Mungkin bagi warga Belitang atau warga Kabupaten OKU Timur, tugu ini akan sangat biasa sekali karena hampir setiap harinya melintasi. Tapi bagi wisatawan dari luar Kabupaten OKU Timur akan menjadi spot selfie terbaik ketika mengunjungi Kabupaten OKU Timur. Karena tugu ini jelas sangat ikonik, mungkin bagi wisata luar OKU Timur akan menjadi suatu bukti bahwa telah mengunjungi OKU Timur. Setidaknya bisa sebagai tempat nongkrong ketika senja sepertinya juga sangat menarik sembari bersantai menikmati sorenya Belitang.

12. Water Boom Kartika


12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur


Satu lagi destinasi wisata keluarga yang wajib untuk dikunjungi di Kabupaten OKU Timur adalah Water Boom Kartika. Berbagai fasilitas wahana permainan airnya sangat lengkap mulai kolam renang anak hingga dewasa. Belum lagi ditambah seperti adanya perosotan atau guyuran dati tong air yang bakal memanjakan hari libur kamu ketika berada di Water Boom Kartika. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup banyak ketika hari liburan bahkan tak jarang juga banyak wisatawan yang berdatangan dari luar Kabupaten OKU Timur. Untuk lokasinya sendiri berada di BK.9, yang berada di dalam Kecamatan Belitang.
kunjungi juga wisata oku selatan.

Post a Comment for "12 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Timur Terbaru 2020"