Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah kota terbesar kedua yang ada di Sumatera yang potensinya akan menjadi Kota besar dan bersaing dengan Medan, Surabaya, bahkan Ibukota Jakarta. Palembang sebagai  Ibukota Privinsi Sumatera Selatan memang memiliki proyek-proyek besar, seperti pembangun sirkuit MotoGP dan juga sirkuit Formula One. Selain itu dilihat dari historinya pernah menjadi pusat peradaban terbesar di Asia Tenggara, yakni adanya Kerajaan Sriwijaya. Terlepas dari semua itu di Bumi Sriwijaya ini juga menyimpan tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menggaet wisatawan asing untuk datang melihatnya. Dan berikut ini tempat wisata di Kota Palembang yang sangat wajib untuk kamu kunjungi.

1. Al Qur’an Al Akbar

 
69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian
69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Inilah Al Qur’an raksasa yang diklaim sebagai Al Qur’an terbesar di dunia. Al Qur’an Al Akbar ini ada 30 juz ayar suci yang dipahat di atas kayu tembesu dengan ukuran 1,7 meter x 1,3 meter. Untuk pengerjaan karya seni yang luar biasa ini dilakukan selama 6 tahun, mulai pengerjaan di tahun 2002 dan selesai di tahun 2008 lalu secara resmi dipublikasi pada tahun 2012, yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono waktu itu. Kina Al Qur’a Al Akbar menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang memang khususwisata religi bagi umat muslim. Dan destinasi ini tidak hanya menarik wisatawan domestik saja, tapi juga wisaatawan asing yang banyak berdatangan dari kawasan Arab. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan dan Kecamatan Gandus.

2. Amanzi Waterpark

 
69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian
69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Konsep dalam pembuatan Amanzi Waterpark ini sangat menarik dengan nuansa Afrika membuatnya sangat berbeda dengan dua waterpark yang ada di Kota Palembang. Seperti berpetualang di alam liar, seperti Sungai Nile atau Kilimanjaro Tower menjadi waterpark yang sangat unik. Tak heran juga jika waterpark yang terletak di Kompleks Perumahahn Citra Grand Dity ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan atau pas hari liburan. Selain konsep yang unik tadi, tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga memiliki perosotan yang sangat besar dan juga tinggi. Jika kamu suka dengan menguji adrenalin kamu, maka perosotan ini sepertiya cocok buat kamu. Untuk biaya masuknya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Fantasy Island, harganya mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 di hari Minggu.

3. Arung Jeram Sungai Musi


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Di Sungai Musi memang sangat sering diadakan event skala internasional, seperti event International Musi Triboatton. Selain itu bagi penggiat arung jeram atau yang memiliki hobo rafting, juga sering merealisasi hobinya dengan arung jeram di Sungai Musi. Mungkin terlihat begitu tenang tanparintangan, tapi di kawasan tertentu akan meningkatkan adrenalin kamu. Cukup menyenangkan ketika kamu berarung jeram di Sungai Musi, kamu bisa menikmati daerah pedesaan di Kota Palembang, dan juga berbagai destinasi wisata menarik yang ada di pinggiran Sungai Musi. Dan memang hingga kini Sungai Musi tetap menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib untuk dikunjungi.

4. Benteng Kuto Besak


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Menurut para ahli sejarah Benteng Kuto Besak ini dibangun pada tahun 1780 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dan hingga kini benar-benar masih kokoh berdiri. Bangunan temboknya berdiri setinggi 10 meter ini menjadi pertahanan terakhir yang cukup ampuh ketika itu. Namun karena kalah peperangan pada tahun 1821, akhirnya Belanda merampas Benteng Kuto Besak dan mengasingkan Sultan Mahmud Badaruddin ke Maluku. Kini benteng ini menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang membuat wisatawan asing saja ingin melihatnya lebih dekat. Hal ini karena Benteng Kuto Besak termasuk sebagai cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Palembang.

5. Bundaran Air Mancur Palembang


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah titik nol Kota Palembang yang menjadi tempat berkumpulnya warga dan juga wisatawan yang mendatangi Kota Palembang. Keindahannya sangat terlihat ketika malam hari, pencahayaan yang cukup terang membuat air mancurnya terlihat begitu artistik. Dan Bundaran Air Mancur Palembang ini menjadi spot selfie yang instagramable banget. Tak akan lengkap wisata kamu ketika berkunjung di Kota Palembang tanpa mampir di tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Malam akan semakin terasa indah dan waktu yang tepat memang bersantai di Bundaran Air Mancur sembari menikmati keindahan Kota Palembang di malam hari.

6. Danau Opi


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Pengin menguji adrenalin kamu dengan mencoba menaiki banana baoat di Kota Palembang?? Datang saja di Danau Opi yang terletak di kompleks perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring. Wahana air seperti banana boat adalah salah satu tujuan wisatawan mengunjungi Danau Opi, selain itu ya sudah pasti menikmati panorama Danau Opi yang cukup eksotis yang sangat ekat dengan perkampungan atau perumahan. Tidak hanya banana boat saja, tapi adanya perahu yang siap mengajak kamu berkeliling di Danau Opi dan menikmati indahnya danau. Selain itu bagi para traveler yang hobi memancing, juga banyak spot-spot memancing yang akan memberikan kejutan sensasi sstrike ikan air tawar Danau Opi.

7. Fantasy Island


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Salah satu destinasi wisata yang mampu menyedot banyak wisatawan yang datang dari luar Kota Palembang, salah satunya adalah Fantasy Island. Inilah waterboom yang sangat megah yang berada di Kota Palembang, yang menjadi kebanggan warga Kota Palembang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memiliki berbagai permainan air yang akan memanjakan setiap wisatawan yang datang. Mulai dari kolam renang anak dan dewasa, perosotsan, waterboom, tsunami river, dan bahkan ada track buat bermain gokart. Dan salah satau yang menjadi favorit wisatawan adalah papan seluncur yang sangat tinggi dan juga panjang. Untuk harga tiketnya tergolong relatif murah yang hanya Rp. 50.000 per orangnya. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan Karya Jaya, dan masih berada di dalam Kecamatan Kertapati.

8. Hutan Wisata Punti Kayu


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini benar-benar sangat menarik dan seperti semua obyek wisata menjadi satu di Hutan Wisata Punti Kayu. Kamu bisa menikmati berjajarnya hutan pinus, sembari menaiki gajah atau kuda yang disewakan di dalam hutan wisata ini. Atau kamu bisa bersantai di gazebo sembari memberi makanan ringan untuk monyet-monyet yang berkeliaran. Bisa juga kamu menikmati kolam yang cukup luas sambil mengayuh perahu sepeda, atau perahu bebek. Yang terakhir nih kamu bisa selfie di atas jembatan gantung yang juga cukup banyak kera yang mungkin saja mau ikutan selfie. Hutan Wisata Punti Kayu memang sangat lengkap dan juga menjadi destinasi favorit para warga Kota Palembang ketika akhir pekan dan musim liburan.

9. Jakabaring Sport City


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Berawal dari perhelatan pesta olah raga tingkat nasional PON pada tahun 2004 akhirnya Jakabaring Sport City semakin dikembangkan dan pada tahun 2011 menjadi tuan rumah untuk mengadaan event Sea Games. Dan nanti tahun 2018 mendatang akan ada lagi perhelatan Asean Games dan sangat terlihat mulai sekarang udah dilakukannya pembangunan tempat olahraga baru dan juga perbaikan venue-venue yang lama. Mulai dari fasilitas seperti stadion atletik, stadion akuatik, arena ski air, arena sepatu roda, dan tidak ketinggalan Stadion kebanggaan masyarakat Kota Palembang, yakni Stadion Gelora Sriwijaya. Jakarta Sport City ini nantinya tidak hanya sebagai tempat untuk berbagai aktifitas olahraga saja, tapi juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang akan menyedot lebih banyak wisatawan untuk datang.

10. Jembatan Ampera


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Tak lengkap wisata kamu ketika berada di Kota Palembang tanpa mengunjungi destinasi wisata ikonik Jembatan Ampera. Inilah bangunan kebanggaan masyarakat Kota Palembang yang berdiri di atas urat nadi perekonomian Kota Palembang, yakni Sungai Musi. Ketika berada di Jembatan Ampera maka sangat wajib selfie dan momen paling tepat adalah ketika malam hari. Pancaran lampu terang yang ada di Jembatan Ampera memancarkan siluet nan indah. Sedikit sejarah tentang tempat wisata di Sumatera Selatan ini dibangun oleh harta rampasan tentara Jepang yang telah kalah perang ketika itu. Dan Jembatan Ampera ini dibangun pada tahun 1962 dan memiliki panjang 1.177 km. banyak spot untuk menikmati kemegahan Jembatan Ampera, dan memang kebanyak di pinggir-pinggir jembatan sembari mencicipi kuliner khas Palembang yang banyak dijajakan di pinggiran Sungai Musi.

11. Kampung Arab Al Munawar


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Usia Kampung Arab Al Munawar ini hampir sama tuanya dengan Kampung Kapiten yang berdekatan dengan Jembatan Ampera. Kamu juga bisas menemukan banyak rumah-rumah yang usia ratusan tahun, tapi masih kokoh berdiri. Ada beberapa rumah adat Palembang dan juga ada rumah yang memiliki gaya Eropa atau perpaduan diantara kedua budaya tersebut. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga bisa menjadi wisata religi bagi umat Islam,karena di Kampung Arab Al Munawar ada Kitab Al-Qur’an yang usianya lebih dari 250 tahun yang ditulis dengan menggunakan tinta emas. Sangat menarik memang kampung ini dan setiap lorong-lorong rumah serasa kamu dibawah di eropa karena bangunan-bangunan yang tua. Sudah pasti instagramable banget kan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 13 Ulu dan berada di Kecamatan Seberang Ulu atau di tepian Sungai Musi.

12. Kampung Kapitan


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah salah satu kampung tertua yang ada di Palembang yang usianya kemungkinan hampir 300 tahun. Sedikit cerita tentang Kampung Kapitan ini dulu ada seorang perwira dari Dinasti Ming yang menjabat sebagai seorang Kapitan karena diangkat oleh Belanda ketika itu. Dan tugasnya kalau sekarang hampir seperti Camat tetapi sedikit lebih tinggi dan lebih rendah dari Walikota. Dan jabatan ini selalu turun-temurun hingga ke generasi 12. Kamu juga masih bisa menjumpai sebuah rumah kediaman Kapitan pertama yang hingga kini masih berdiri kokoh, hanya ada perbaikin di beberapa bagian rumah. Selain mengunjungi rumah bersejarah, kamu juga bisa menikmati keindahan panorama Sungai Musi dan juga indahnya Jembatan Ampera. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat wajib kamu kunjungi karena memang sangat identik dengan Kota Palembang. Untuk secara administratif masuk di Kelurahan 7 Ulu, dan berada di dalam Kecamatan Seberang Ulu 1.

13. Kantor Wali Kota Palembang


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Bangunan yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mulai dari kantor pemerintahan Belanda hingga diambil alih oleh Jepang dan dijadikan sebagai Kantor Residen Pemerintahan Jepang waktu itu. Dan baru pada tahun 1963 dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kota Palembang. Arsitekturalnya sangat unik dengan gaya Eropa dan dulu pada bagian atas gedung digunakan untuk menara air. Maka ada yang menjulukinya sebagai Kantor Ledeng. Bangunan yang bernilai sejarah ini sekarang juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan, tapi untuk memasukinya juga harus mendapatkan ijin terlebih dahulu. Yang sangat menarik adalah interiornya dan jug ataman hijau di dalam gedung, jadi suasananya benar-benar adem.

14. KIF Park atau Kambang Iwak Family Park


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Yang sangat menarik di Kambang Iwak Family Park ini adalah tidak adanya biaya masuk ke dalam taman alias gratis. Tak heran juga akhirnya banyak sekali warga yang mengunjungi taman ini, apalagi ketika musim liburan. Cukup lengkap failitasnya yang ada di dalam taman seperti adanya taman bermain anak-anak, jogging track, dan juga danau kecil. Panoramanya juga sangat indah, dan yang pasti sangat adem karena banyak pepohonan yang ada di pinggiran kolam atau danau. Konon dulunya digunakan oleh tentara Belanda sebagai tempat bersantai dan arena hiburan para tentara Belanda. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup bersih, dan seperti cocok deh buat tempat selfie kekinian yang ada di Kota Palembang. Ada jembatan yang berwarna merah di atas danau kecil, yang biasanya anak-anak muda pada selfie disana.

15. Klenteng Chandra Nadi


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Tingginya taingkat toleransi yang ada di Kota Palembang sudah terbangun sejak era Kesultanan Palembang Darussalam. Sangat terlihat bahwa Klenteng Chandra Nadia tau Klenteng Soei Goeat Kiong dibangun pada tahun 1773 yang mana ketika itu masa kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. Klenteng Chandra Nadi selain menjadi cagar budaya juga sebagai tempat peribadahan umat Tionghoa. Dan kini juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup membuat kagum wisatawan yang datang, karena usianya yang sudah ratusan tahun hingga kini masih berdiri kokoh. Klenteng ini sangat ramai ketika Imlek, bahkan tidak hanya etnis Tionghoa saja, tapi masyarakat pribumi juga berbaur menjadi satu di Klenteng Chandra Nadi, sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

16. Kompleks Makam Ratu Bagus Kuning


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Menurut kisahnya Ratu Bagus Kuning ini keturunan dari Syaidi Syech Zain Al-Abid Yaman yang masih keturunan Nabi Muahammad dari istri pertma Siti Fatimah. Dan beliau ini ikut melawan kolonial Belanda pada tahun 1658. Ada yang unik di makam ini, yakni adanya banyak monyet baik yang ada di dalam makam atau di luar makam yang berkeliaran di lapangan golf. Konon kisahnya Ratu Bagus Kuning ini mengalahkan Siluman Kera berekor panjang lalu siluman tersebut berjanji akan selalu menemani Ratu Bagus Kuning, sampai saat ini. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sebagai wisata ziarah yang biasanya sangat ramai dikunjungi peziarah ketika memasuki bulan ramadhan.

17. Makam Gede Ing Suro


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah makam dari seorang yang mampu merubah Kerajaan di Palembang pada waktu itu menjadi Kerajaan Islam. Dan beliau ini memang sangat disegani, karena beliau menjadi salah satu tokoh berdirinya Kerajaan Kesultanan Palembang Darussalam. Ki Gede Suro adalah seorang putra bangsawan dari Kerajaan Demak yang karena ada kekisruhan di Demak lalu beliau hijrah ke Palembang. Kie Gede Suro wafat pada tahun 1587 dan dimakamkan di atas candi, dan makamnya beliau ini paling panjang sendiri dibandingkan 38 makam lainnya, yang tak lain juga bangsawan Demak. Dan tempat wisata di Sumatera Selatan ini kini selain sebagai wisata ziarah juga telah menjadi warisan dunia dan sekarang lebih dikenal sebagai Taman Purbakal Ki Gede Ing Suro, utnuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir TImur II.

18. Makam Kawah Tengkurep


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Arsitektural kompleks makam ini sungguh mencerminkan adanya akulturasi budaya antara Melayu, China, dan India. Makam Kawah Tengkurep ini dibangun pada tahun 1728 yakni pada era Sultan Mahmud Badaruddin I atau Jaya Wikramo dan atas perintah beliau lah makam ini dibangun. Di makam ini kamu bisa berziarah dan juga belajar sejarah Islam dari awal Kesultanan Palembang Darussalam yang berawal dari Sultan Abdurrahman hingga Sultan Mahmud Badaruddin II. Selain menjadi tempat wisaata di Sumatera Selatan, Makam Kawah Tengkurep ini juga termasuk cagar budaya dan begitu bernilai sejarahnya bagi rakyat Palembang. Ketika hari-hari tertentu makam ini begitu ramai dikunjungi para peziarah, salah satunya ketika Hari Raya Idul Fitri akan sangat banyak sekali para peziarah yang mendatangi Makam Kawah Tengkurep. Untuk lokasinya sendiri cukup dekat dengan Sungai Musi atau berada di Kelurahan 3 Ilir yang masih berada di Kecamatan Ilir Timur II.

19. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Sisa-sisa kejayaan masa lalu yang hingga kini masih berdiri kokoh meskipun tetap adanya perbaikan di berbagai sisi. Inilah masjid peninggalan dari Kesultanan Palembang yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I para tahun 1738 sebagai peletakan batu pertama hingga 1748 untuk peresmiannya. Masjid yang sangat megah dan menjadi masjid terbesar di Provinsi Sumatera Selatan ini dirancang oleh orang Eropa. Arsitekturnya mengambil gaya eropa, china, dan nusantara benar-benar akulturasi budaya yang menghasilkans ebuah karya yang mengagumkan. Selain Jembatan Ampera masjid ini juga menjadi kebanggaan warga Kota Palembang dan menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi bagi umat Islam.

20. Masjid Cheng Ho


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Sebenarnya masjid ini dinamakan Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho, namun kebanyakan warga lebih suka menyebutnya sebagai Masjid Cheng Ho. Masjid ini benar-benar menunjukkan toleransi umat beragama yang dituangkan di dalam arsitektural masjid. Perpaduan budaya antara China, Melayu, dan budaya Islam sendiri sangat kental di Masjid Cheng Ho. Konsep dalam pembangunan masjid ini sebagai bentuk penghargaan atas Cheng Ho yang telah menyebarkan agama Islam hingga ke Indonesia dan juga pada orang Tionghoa. Adanya dua menara di kedua sisi masjid dan bertingkat lima memiliki makna yang cukup dalam. Dua menara yang berarti habluminallah dan habluminnas, dan tingkat lima sebagai jumlah sholat yang lima waktu dalam sehari. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sebagai wisata religi bagi umat Islam, yang lokasinya berada di Seberang Ulu I.

21. Monumen Perjuangan Rakyat


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Tidak diragukan lagi seperti apa perjuangan rakyat Palembang ketika melawan kolonialime Belanda waktu itu. Bahkan tidak hanya rakyat biasanya saja yang menjadi pejuang, tapi juga Sultan Mahmud Badaruddin juga ikut berjuang meskipun pada akhirnya diasingkan ke Maluku. Oleh karena besarnya perjuangan rakyat Palembang, tak heran jika Monumen Perjuangan Rakyat ini dibangun begitu megahnya dan tetap memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi tak lengkap wisata kamu jika tidak mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kelurahan 19 Ilir yang berada di dalam wilayah Kecamatan Ilir Barat I.

22. Museum Balaputra Dewa


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Sangat menarik koleksi benda peninggalan jaman dahulu yang ada di dalam Museum Balaputra Dewa. Mulai dari zaman megalith dan memang di Provinsi Sumatera Selatan banyak sekali ditemukan situs-situs megalith. Dan juga ketika era Kerajaan Sriwijaya Berjaya hingga masa kolonial Belanda. Jadi memang sangat menarik tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini. Beberapa benda peninggalan yang ada di dalamnya, seperti arca pada era Kerajaan Sriwijaya, dan juga benda-benda peninggalan rakyat seperti songket, dan benda-benda di era Kesultanan Palembang. Kemudian di kawasan museum juga ada rumah adat yang berbentuk limas, yang juga sangat menarik untuk kamu lihat. Cukcup murah biaya untuk memasuki Museum Balaputra Dewa ini yang hanya berkisar 5000 hingga 10 ribu. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Srijaya Negara I Km. 5.5.

23. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Koleksinya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan koleksi Museum Negeri Balaputra Dewa yang lebih ke benda peninggalan pra sejarah. Sementara untuk Museum Sutan Mahmud Badaruddin II lebih ke benda peninggaalan Kesultan Palembang. Seperti miniature rumah adat khas Palembang, pakaian adat khas Palembang, dan juga berbagai macam koleksi benda peninggalan Kesultaan Palembang. Tapi seperti adanya prasasti batu juga ada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang memiliki arsitektur yang sangat khas rumah limas Palembang ini memiliki dua lantai. Dan di bagian lantai pertama dan bagian depan, berisi seperti prasasti Talang Tuo. Sementara untuk biaya masuknya sangat murah yang hanya Rp. 10.000 saja. Begitu juga dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Palembang yang hanya 5 km dan dekat dengan Jembatan Ampera.

24. Museum Tekstil


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Tidak hanya benda peninggalan yang ada di dalam museumnya saja yang perlu dijaga, tapi juga bangunan Museum Tekstil sendiri juga tetap harus dijaga karena sebagai cagar budaya. Museum ini dibangun pada tahun 1883, dengan arsitektur yang sangat khas Eropa begitu terlihat megah, dan hingga kini pun masih terlihat begitu kokoh hanya saja masih membutuhkan perawatan yang lebih. Museum yang memiliki meriam di depannya ini memiliki koleksi sekitar 500 barang dan memang mayoritas benda-benda yang berhubungan dengan terkstil. Seperti kain songket, peralatan membuat kain songket dan berbagai koleksi lainnya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi wisata Kembang Iwak Family Park.

25. OPI Waterpark


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Lokasinya memang sangat strategis karena dekat dengan Jakabaring Sport City. OPI Waterpark tidak hanya menyediakan kolam untuk anak dan juga dewasa saja, tapi juga tower slide yang cukup tinggi dan meliuk-liuk menjadi pilihan utama wisatawan yang mengunjungi OPI Waterpark. Berbagai fasilitas yang ada di dalam tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat lengkap. Mulai dari tempat peribadahan seperti musholla, tempat untuk bilas, dan juga adanya food court yang menyediakan segala kebutuhan bagi wisatawan terutama makanan dan minuman.

26. Pulau Kemaro


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah salah satu destinasi wisata andalan Kota Palembang, selain sebagai destinasi wisata alam tapi juga wisata religi bagi umat Budha. Karena di Pulau Kemaro ini berdiri Klenteng Hok Cing Bio yang usianya sudah ratusan tahun. Dan juga indahnya Pagoda yang memiliki 9 lantai sangat terlihat jelas dari kejauhan. Tapi ada yang paling menarik, yakni pohon cinta, bagi siapa yang menulisan namanya dan pasangannya konon hubungannya akan abadi. Seperti kisah cinta Tan Bun An seorang Pangeran dari negeri China dengan Siti Fatimah, yang kisahnya tragis tenggelam di Sungai Musi. Karena Tan Bun An mengira guci yang berisi emas itu hanya sayuran sawi yang dari orang tuanya untuk dihadiahkan kepada Raja Sriwijaya sebagai syarat untuk menikahi Siti Fatimah. Dan guci tersebut di buang ke Sungia Musi, tapi setelah tahu isinya emas, Tan Bun An lalu menyelam tapi tidak muncul, begitu juga dengan Siti Fatimah. Untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu harus menyewa perahu motor dari Jembatan Ampera dan membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk sampai di Pulau Cinta ini.

27. Pusat Kerajinan Songket


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Jika di Jogja memiliki pusat kerajinan bathik di Imogiri, maka Kota Palembang juga memiliki Pusat Kerajinan Songket di Kelurah 30 Ilir, dan berada di Kecamatan Ilir Barat. Menurut sejarah memang kain songket ini sudah ada sejak era Kerajaan Sriwijaya, bahkan di beberapa temuan si situs Sriwiajaya ditemukan benag emas, tapi masih belum ada bukti yang pasti bahwa apakah ada penenun lokal yang menggunakan seperti benang emas. Kain songket memang sangat identik dengan kemewahan karena memang dari dulu kain songket dikenakan hanya oleh para bangsawan Kerajaaan, seperti Kesultanan Palembang. Dan memang harus diakui kualitas kain songket yang paling bagus kualitasnya adalah dari Palembang. Dan kini sentra kerajinan songket sudah menjadi tempat wisata di Indonesia yang membuat decak kagum wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

28. Rumah Mak Bani Montok


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Inilah rumah adat berbentuk limas yang ada di uang Rp. 10.000, Rumah Mak Bani Montok namanya. Namun untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan yang satu ini ada beberapa tata tertib yang harus ditaati untuk setiap pengunjung. Karena memang rumah ini masih disakralkan, jadi diharapkan untuk semua wisatawan juga bisa menjaga kesakralan tersebut. Dan yang tidak diperbolehkan adalah dengan menyentuh barang yang ada di dalam RUmah Mak Bani Montok. Yang juga tak kalah menarik adalah lingkungan di rumah tersebut begitu adem dan juga asri, karena banyaknya pepohonan yang rindang yang tumbuh di sekeliling RUmah Mak Bani Montok.

29. Sungai Gerong


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Masih belum begitu banyak traveler yang tahu akan keindahan Sungai gerong, terutama di bagian dermaganya. Mungkin akan terlihat biasa ketika siang hari, tapi ketika sinar matahari mulai redup dan berganti dengan cahaya lampu, itulah saatnya keindahan dermaga Sungai Gerong terlihat. Dermaga ini begitu cantik, dan sepertinya instagramable banget dengan landasan kayu dan juga cahya lampu diujungnya begitu terlihat romantis. Tidak hanya menikmati hembusan angin malam Sungai Gerong saja, tapi pemandangan yang tidak biasa juga akan dihadirkan di hadapanmu, yakni kapal tongkang miliki Pertamina yang lalu lalang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini lokasinya berada di dermaga Sungai Gerong Plaju, yang cukup dekat dengan kilang-kilang minyak milik Pertamina.

30. Sungai Musi


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Destinasi wisata yang luar biasa dengan mengunjungi Sungai Musi atau berkeliling Sungai Musi sembari menikmati pesona Kota Palembang. Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagia, yakni Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang sangat menarik yang ada di pinggiran Sungai Musi, mulai dari Jembatan Ampera, Kilang Minyak Pertamina, hingga Rumah Rakit yang sangat unik. Tak lengkap wisata kamu tanpa mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, karena sangat identik dengan Kota Palembang, dan telah menjadi urat nadi perekonomian bagi masyarakat Palembang.

31. Taman Purbakala Bukit Siguntang


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Lokasi taman ini berada di perbukitan dengan ketinggian 27 mdpl yang terletak di Kelurahan Bukit Lama, dan masih berada di wilayah Kecamatan Ilir Barat I. ketika kamu berada di Taman Purbakala Bukit SIguntang ini kamu akan menemui berbagai macam peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Dan yang paling utama adalah adanya 7 makam Raja-Raja Kerajaan Sriwijaya. Seperti makam Raja Si Gentar, Panglima Bagus Karang, Panglima Bagus Kuning, Panglima Batu Api, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, dan makam Tuan Junjungan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini dulu juga digunaakan sebagai tempat peribadahan umat Budha, jadi memang tidak boleh sembarangan dan harus tetap sopan.

32. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya


69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kota Palembang adalah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Ketika kamu masuk di taman purbakala ini kamu akan terasa dibawa kembala ke era kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Berbagai situs peninggalan juga berada di dalam taman, begitu juga dengan adanya kanal yang menghubungkan dengan Sungai Musi juga ada. Dan memang konsepnya dibuat seperti Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Dan menariknya di taman ini juga ada pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan untuk menuju ke pulau tersebut. Benar-benar sangat menarik memang, tak heran jika menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bikin penasaran para traveler yang belum pernah ke Kota Palembang.

33. Masjid Lawang Kidul

69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian
Terletak di Sekitar Sungai Musi memiliki banyak tempat bersejarah yang masih terjaga. Termasuk Masjid Lawang Kidul yang menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Palembang. Tempat ibadah ini berusia lebih dari dua abad, dibangun pada tahun 1310 H (1890 M).

34. Tugu Belido

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Berada di tepi Sungai Musi dan menghadap Jembatan Ampera, Tugu Ikan Belido adalah ikon baru untuk Wisata Palembang. Ikan belido sendiri adalah hewan yang hidup di Sungai Musi dan saat ini semakin langka. Sebelum beralih menggunakan tenggiri, ikan belido adalah bahan dasar untuk pembuatan pempek.

35. Riverside Restaurant


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera-nya. Nah, tempat makan satu ini menawarkan panorama Jembatan Ampera yang gagah dan cantik. Para pengunjung bisa memilih tempat duduk di rooftop untuk bisa menikmati berbagai pemandangan kota. Untuk menu yang ditawarkan di sini ada kuliner khas Palembang, dimsum, cah kangkung, brengkes, menu seafood dan lain-lain.

36. Rumah Rakit Sungai Musi

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Rumah rakit merupakan jenis bangunan tertua di Palembang, bentuknya seperti rakit dan berada di tepian Sungai Musi. Bangunan dengan atap berbentuk menyerupai pelana ini mengapung selayaknya rakit.

37. G Art Studio

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Hobi berswafoto? G Art Studio yang berlokasi di lantai dua gedung Gramedia World Palembang bisa jadi rekomendasi untuk Teman Traveler. Museum kekinian ini menawarkan spot foto tricky eyes tiga dimensi yang menakjubkan. Yakin, bakalan betah.

38. Kedai Tiga Nyonya

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Wisata Palembang tak lepas dari kulinernya, salah satunya adalah Kedai Tiga Nyonya. Lokasinya berada di Jl. Kartini No. 6A Palembang. Konsep dari tempat makan ini adalah tempo dulu dan merupakan perpaduan tiga budaya berbeda, ada Indonesia, Belanda, dan juga Tionghoa. Menu yang ditawarkan di sini sangat beragam dan kaya akan rempah, misalnya saja papeda, asam-asam iga, laksa dan beberapa pilihan lain.

39. Taman Pelangi Palembang


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian

Taman Pelangi Sriwijaya adalah tempat wisata kekinian yang ditawarkan oleh Palembang untuk memikat rourists lokal dan tourists luar. Taman Pelangi Sriwijaya ini mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 28 september 2014. Tempat ini dinamakan taman pelangi karena dengan luasnya sekitar 16 hektar dengan permainan-permainan yang di penuhi pancaran cahaya warna-warni pada malam hari. lokasinya di Jalan Gubernur H Bastari, 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

40. Pagoda Pulau Kemaro

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Masih terletak di tempat Pulau Kemaro, 1 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan untuk ke tempat ini anda perlu menaiki perahu atau pun speed boat dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

41. Bukit Golf

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Lokasi: Jl. AKBP Cek Agus No.200, 8 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan

42. Pelabuhan Tanjung Api-api

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Lokasi: Kab. Banyuasin, Rimau Sungsang, Palembang,  Sumatera Selatan

43. Sekanak Sidewalk

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Selain Taman Kambang Iwak Besak, ada juga Sekanak Side Walk yang menarik dengan jalanan bercat warna-warni. Tembok di kawasan Sungai Sekanak ini juga dilukis mural.

44. Seoul Restaurant

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Buat generasi muda yang gemar kuliner khas Negeri Gingseng tak perlu khawatir, Palembang juga menyuguhkan tempat makan dengan konsep Korea. Nama tempatnya adalah Seoul Restaurant yang berada di Jl. Mayor Santoso No. 1540 C/D, Ilir Timur 1. Menunya berbagai kuliner khas Korea, mulai dari bibimbab, daging BBQ, dan lain-lain.

45. Sushi So

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Di Palembang juga ada tempat makan yang menawarkan kuliner ala Jepang, namanya adalah Sushi So. Lokasinya berada di Palembang Trade Center yang berada di Jl. Rajawali No. 1174, Ilir Timur II. Di sini menyediakan sushi, bento dan beberapa makanan khas Jepang.

46. Lorong Basah Night Culinary

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
ribuan orang penuhi lorong basah Night Culinary yang terletak di jalan Masjid Lama, Palembang, mulai dari depan dekat air mancur sampai kebelakang pasar 16.
Guna melihat destinasi wisata makanan malam baru ini.

47. Sudirman walk

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Sepanjang Jl. Jenderal Sudirman ini belakangan tampak selalu dipenuhi warga lokal, maupun wisatawan dari luar negeri. Jalanan yang berganti wajah menjadi Sudirman Walk ini sepintas seperti Malioboro, Jogja yang mengajak pengunjungnya untuk berjalan dari ujung ke ujung. Namun ternyata, Sudirman Walk memiliki konsep yang berbeda. “Sebenarnya konsep yang dicontoh Palembang itu kiblatnya, Singapura, bukan kota-kota lain di Indonesia.

48. Rumah Makan Sri Melayu

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Tempat lain yang bisa jadi jujukan saat perut keroncongan adalah Rumah Makan Sri Melayu. Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun No. 1, Palembang. Menu utama yang ditawarkan di sini adalah sop pindang udang sungai. Untuk menu lainnya antara lain pindang udang, pindang ikan, pindang tulang dan masih banyak yang lainnya.

49. Pempek Lince

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Siapa yang tidak kenal dengan pempek, kuliner khas Palembang yang sudah sangat populer di Indonesia. Di Palembang sendiri ada banyak lokasi yang begitu populer untuk menyantap pempek, salah satunya adalah Rumah Makan Pempek Lince. Lokasinya berada di Jl. Tugu Mulyo No. 2398, 20 D. I, Ilir Timur Palembang.

50. Sate Wak Din

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Sate Wak Din merupakan salah satu legenda kuliner di Palembang. Pasalnya, tempat kuliner ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Lokasinya berada d Jl. Azhari 7 Ulu, Palembang. Sate di sini terbuat dari daging sapi dan menggunakan bumbu kecap saja. Ukurannya yang cukup besar membuat para penikmatnya kegirangan. Hanya makan beberapa tusuk saja sudah kekenyangan.

51. Mie Celor 26 Ilir

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Buat Teman Traveler yang ingin menyantap seporsi mie celor dengan rasa mantap, Mie Celor 26 Ilir bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Lokasinya berada di Jl. K.H Ahmad Dahlan, dekat Pasar 26 Ilir. Mie celor di sini memiliki ciri khas kuah kentalnya yang memiliki aroma udang yang sangat kuat.

52. Martabak HAR

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Martabak HAR merupakan singkatan dari Haji Abdul Rozak yang merupakan saudagar keturunan India yang telah meninggal pada 2001 yang lalu. Namun Rumah Makan Martabak HAR masih bertebaran di Palembang. Ini merupakan kuliner yang begitu legendaris di Palembang. Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah yang terdapat di Jl. Jenderal Sudirman, 18 Ilir, Palembang.

53. Pindang Sophia Kertapati

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Pindang merupakan kuliner yang banyak tersebar di Palembang. Banyak rumah makan yang menawarkannya. Salah satunya adalah Pindang Sophia yang berlokasi di Kertapati, tepatnya berada di Jl. KH M Asyik Palembang. Tempat makan satu ini populer dengan udang galah berukuran jumbo. Selain udangnya, menu lain yang turut digemari para pengunjung yang datang adalah pindang baung, pindang patin, dan aneka sambal.

54. Rumah Makan H. Abuk

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Jika Teman Traveler merasa bosan menyantap nasi pindang di Palembang, ada alternatif lain yang bisa dicicipi kelezatannya. Tempatnya adalah Rumah Makan H. Abuk yang menawarkan menu utama nasi minyak. Perpaduan antara nasi dan mintak samin benar-benar memanjakan lidah. Nah, lokasi tempat kuliner satu ini berada di Jl. Dr. M Isa, 8 Ilir, berdekatan dengan Pasar Kuto Palembang

55. Warung Kopi H. Madina Kuto

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Tempat lainnya yang menyuguhkan ragam kuliner khas Palembang dengan rasa yang juara adalah Warung Kopi H. Madina Kuto. Lokasinya berada di Jl. Dr M Isa, juga di sekitaran Pasar Kuto Palembang. Menu yang ditawarkan sangatlah beragam, namun kebanyakan kuliner khas Palembang. Sebut saja seperti halnya laksa, celimpungan, burgo, nasi uduk dan lain-lain.

56. Kopi Roda

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Bangunan tua yang masih terjaga ini terletak di Jalan Segara 14 Ilir Palembang. Kopi Roda yang berdiri sejak tahun 1930 tersebut, dulunya merupakan tempat penggilingan kopi. Sayangnya, bangunan berarsitektur Belanda ini tak lagi beroperasi.

57. Pempek Saga Sudi Mampir

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Pempek Saga Sudi Mampir juga salah satu lokasi berburu pempek yang layak dicoba. Lokasinya berada di Jl. Merdeka, No. 22, Ilir, Bukir Kecil, tepatnya di seberang Kantor Walikota Palembang. Seperti namanya, tempat makan ini menyediakan menu utama pempek, tapi es kacang merahnya perlu dicoba juga.

58. Es Kacang Merah Mamat

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Ini termasuk salah satu kuliner legendaris di Palembang karena sudah berjualan sejak tahun 1984. Lokasinya berada di Jl. Kebon Manggis, Kepandean Baru, Ilir Tim. I, Palembang. Seporsi es kacang merah yang menyegarkan. Boleh dicoba saat jelajah di Palembang.

59. Pindang Patin Ibu Ucha

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Lokasi lain yang bisa dicoba untuk dicicipi kenikmatan kulinernya adalah Pindang Patin Ibu Ucha. Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun, No. 14, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang. Menu utama di sini adalah pindang patin yang sangat kaya rempat dengan citarasa yang begitu istimewa. Kuah kaya rempahnya bikin nafsu makan meningkat hebat.

60. Pempek Candy

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Lokasi lain menyantap pempek adalah di Pempek Candy. Lokasi ini terkenal menyuguhkan pempek yang garing di luar dan empuk di dalalam. Outletnya banyak tersebar di penjuru kota Palembang. Namun salah satu lokasi yang cukup populer adalah yang berada di Jl. Letjen Harun Sohar, Kebun Bunga, Sukarami, Palembang.

61. Serendipity Cafe

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Jika sebelum-sebelumnya disuguhkan banyak tempat kuliner khas, ini ada tempat hangout yang menyuguhkan banyak menu yang enak. Lokasinya bernuansa outdoor yang menyatu dengan alam. Menunya antara lain baked pasta, chicken wings, dan lain-lain. Alamatnya berada di Jl. AKBP Cek Agus, No. 284, Ilir Timur II.

62. B777 Sky Kitchen

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Ini merupakan restoran yang memiliki konsep yang begitu unik. Desain interiornya disulap menjadi kabin pesawat. Menu yang ditawarkan antara lain spicy noodle, ufo tom yum, seafood noodle, mie ayam kuah cha cha, dan lain-lain. Lokasinya berada di Komplek Palembang Square yang ada di Jl. Angkatan 45, Lorok Pakjo.

63. Rumah Makan Musi Rawas

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Tempoyak merupakan salah satu kuliner hasil fermentasi yang juga terkenal di Palembang. Rumah Makan Pindang Musi Rawas dikenal memiliki tempoyak paling enak. Lokasinya berada di Jl. Angkatan 45, No. 18, Lorok Pakjo, Ilir Barat, Palembang. Seperti namanya, selain tempoyak, tempat kuliner satu ini juga menawarkan pindang yang lezat.

64. Chicken Story

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Ini merupakan restoran bergaya kafe yang berlokasi di Palemang Icon, yang berada di Jl. POM IX, Ilir Barat I. Menu-menu yang ditawarkan antara lain ayam goreng, ayam bakar, nasi goreng, lele, bahkan roti bakar juga ada. Bisa delivery jika Teman Traveler tak sempat berkunjung. Kuliner Palembang yang ada di sini termasuk juara deh.

65. Klenteng Kwam Im

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Klenteng yang terletak di Pulau Kemaro ini dibangun karena di sana ada makam salah satu Panglima Perang palembang keturunan Tionghoa yang bernama Ju Sin Kong atau biasa disebut Apek Tulong, yang sebenarnya dia beragama islam.

66. Water sport center


69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Water sport center di Jakabaring ini nggak akan buat kamu kecewa, dari kejahuan tempat ini bikin kamu ingat sesuatu.

67. Penangkaran Rusa

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Penangkaran Rusa di Komplek PT Pupuk Sriwijaja Palembang (Pusri) destinasi wisata yang selalu ramai.

68. Kolam Renang Lumban Tirta

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Bagi wisatawan yang ingin berenang dengan tarif hemat, maka kolam renang ini bisa menjadi pilihan terbaik. Aset pemerintah ini buka setiap hari dari jam 08.30-17.00 dengan tarif cukup murah yaitu Rp 15.000 saja. Lokasi: Jl. POM Kampus No.9, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

69. Palembang Bird Park

69 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang 2019 kekinian
Menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata ini dan kamu pun bisa mengenalkannya kepada putra-putri tercinta sebagai sarana edukasi yang menyenangkan. Lokasi: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
mungkin anda juga ingin mengunjungi wisata pagar alam.

1 comment for "69 tempat nongkrong di palembang yang asik terbaru dan kekinian"