Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru 2020

38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru 2020

Meskipun sama-sama dilewati sungai besar, yakni Sungai Ogan dan Sungai Komering tapi tetap saja berbeda dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kabupaten Ogan Komering Ulu atau disingkat OKU sebagai tempat hulu dari kedua sungai besar tersebut. Walaupun tidak memiliki obyek wisata bahari, tapi wisata alamnya tidak akan kalah eksotisnya dengan Kabupaten OKI. Beberapa tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup ikonik bisa ditemukan di Kabupaten OKU. Dan berikut ini destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Kabupaten OKU yang berpusat Kota di Baturaja.


wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru

1. Air Panas Gemuhak


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru 2020


Destinasi wisata di Ogan Komering Ulu ini memang sangat jauh dan membutuhkan stamina yang cukup prima untuk mengunjunginya. Lokasinya yang berada di perbukitan dengan ketinggian hampor 400 mdpl memaksa kamu harus berjalan kaki dan menaiki perbukitan selama 3 hingga 4 jam. Jaraknya sendiri dari desa terdekat sejauh 6 km, memang dikhususkan bagi pecinta alam atau yang memiliki jiwa petualangan. Tapi yang sangat menarik adalah pesona alamnya yang begitu asri sepanjang perjalanan selalu dihiasi panorama perbukitan nan hijau dan juga diselimuti udara yang sangat sejuk. Air Panas Gemuhak ini cukup unik, selain berdekatan dengan sungai tiap 15 detik selalu menyemburkan gletser yang panasnya mencapai 100 derajat celcius. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sebaiknya sembari nge-camp di area terseebut. Secara administratif Air Panas Gemuhak ini berada di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan.

2. Air Terjun Bukit Langgar


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong masih baru, dan baru beberapa tahun saja ditemukan, tetapi animo warga OKU yang sangat penasaran dengan keindahaannya, jadi semakin ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun Bukit Langgar, tapi warga sekitarnya menyebutnya dengan Cuhup Langgah. Sangat unik untuk air terjun yang satu ini, meskipun memiliki ketinggian 30 meter, tapi tidak terjal dan konturnya lebih mirip seperti tangga atau undakan. Jadi wisatawan bisa bersantai duduk di di undakan bebatuan sembari merasakan nikmati diguyur air yang tanpa henti. Untuk lokasinya sendiri, Air Terjun Bukit Langgar ini terletak di Desa Gedung Pakuan, yang berada di Kecamatan Lengkiti.

3. Air Terjun Desa Kuripan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Suasananya yang sangat alami dan juga asri benar-benar akan kamu rasakan ketika mengunjungi Air Terjun Desa Kuripan. Dan memang belum begitu banyak wisatawan yang mendatangi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Sementara untuk Desa Kuripan ini memiliki setidaknya ada 4 air terjun yang memang belum tereksplorasi, dan hanya warga juga para petualang saja yang tahu lokasinya. Untuk mengunjungi air terjun ini, kamu harus menggunakan pemandu dari Desa Kuripan. Meskipun tidak begitu jauh lokasinya atau hanya membutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan, tapi medannya memang masih cukup rumit. Jadi untuk menghindari salah arah lebih baik menggunakan jasa penunjuk jalan dari Desa Kuripan, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Semidang Aji.

4. Air Terjun Desa Tanjung Karang


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Lokasi air terjun yang satu ini berada di tengah hutan dan nyaris tidak terlihat karena cukup lebatnya huta di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Baturaja Barat. Tidak begitu tinggi memang air terjunnya, tapi yang sangat menarik adalah kolamnya yang begitu luas, dengan kedalaman sedang, menjadi spot favorit wisatawan utnuk berenang atau hanya sekedar berendam. Pepohonan yang mengelilingi air terjun ini seakan menjadi peneduh alami bagi wisatawan yang ingin bersantai tapi tidak ingin kepanasan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, dan biasanya ketika akhir minggu atau pas musim liburan.

5. Air Terjun Dumas


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Sangat menarik untuk dikunjungi memang Air terjun Dumas ini, karena air terjun ini memiliki dua air terjun sekaligus dengan debit air yang sama besarnya. Meskipun tidak tingg yang hanya 2 hingga meter saja tingginya, tapi dengan adanya kolam yang cukup luas dan juga dalam, menjadi daya tarik tersendiri. Banyak juga wisatawan yang berdatangan, padahal untuk menuju ke lokasi air terjun cukup menguras tenaga, yang mengharuskan kamu untuk berjalan beberapa jam. Tapi rasa lelah kamu akan segera hilang seketika setelah tiba di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Dan yang pasti kamu ga bakalan sabar melihat jernihanya air di kolam alaminya, sudah pengin cepet-cepet nyebur. Untuk lokasinya sendiri tepatnya terletak di Desa Bandar Jaya, yang masih berada di dalam Kecamatan Lengkiti.

6. Air Terjun Hanajauwan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Destinasi wisata ini juga tergolong masih baru beberapa tahun saja mencuat di media sosial dan akhirnya cukup ramai dikunjungi para pemuja piknik. Air Terjun Hanjauwan ini airnya tidak begitu deras dengan ketinggian hampir 10 meter dengan tebingnya yang sangat terjal. Yang menarik selain air terjun adalah adanya goa dibalik air terjun, seakan menjadi spot menarik untuk bersantai memandang air yang jatuh ke kolam. Air tejrun ini juga memiliki kolam meskipun tidak besar dan juga tidak dalam, tapi lumayan lah buat berendam sembari menikmati hijaunya pepohonan yang berada di sekitar air terjun. Tempat wisata di Sumater Selatan ini terletak di Desa Pedataran yang masih di wilayah Kecamatan Ulu Ogan.

7. Air Terjun Kambas


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Inilah salah satu ait terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu, tinggi Air Terjun Kambas ini berkisar 50 meter. Debit airnya cukup deras, hingga di bawahnya seakan penuh dengan buih embun yang cukup tebal. Lokasinya yang berada di perbukitan dan di kawasan hutan, membuat udara semakin sejuk malah cenderung sedikit dingin. Tebingnya yang menjulang tinggi penuh dengan tanaman dan lumut hijau semakin menambah kesan eksotis. sangat wajar jika tempat wisata di Sumatera Selatan ini menjadi destinasi favorit warga OKU. Perjalanan menuju Air Terjun Kambas juga sangat menyenangkan dengan melewati perkebunan kopi, dan sungai yang penuh bebatuan menjadi tidak begitu terasa lelahnya berjalan selama kurang lebih 45 menit. Yang menarik jika pas musim durian kamu bisa membelinya langsung dengan harga yang murah dari warga yang memiliki kebun durian yang cukup dekat dengan air terjun. Lokasinya sendiri terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan.

8. Air Terjun Kambas Bawah


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Siapapun akan takjub ketika mengunjungi Air Terjun Kambas Bawah, yang aliran airnya masih sama dengan Air Terjun Kambas, dan Air Terjun Tengah. Meskipun air terjunnya paling rendah yang hanya beberapa meter saja, justru membuat wisatawan bisa melakukan jumping ke kolam dengan kedalamannya yang masih sangat aman buat terjun. Kolamnya pun juga cukup luas, yang sangat memungkinkan untuk berenang kesana-kemari. Pepohonan dengan dedaunan yang rimbun menghijau semakin menghiasi tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Undakan air terjun menjadi spot favorit bagi wisatawan yang ingin merasakan guyuran air tiada henti. Untuk lokasinya sendiri masih terletak di Desa yang sama yakni di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan.
 anda juga mungkin ingin berkunjung ke wisata ogan komering ilir.

9. Air Terjun Lubuk Leban


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Unik, menarik, dan eksotik, itulah gambaran dari Air Terjun Lubuk Leban ini. Air terjun ini seperti sebuah patahan dasar sungai yang satu sisinya lebih ke bawah. Saking uniknya air terjun, tak jarang sering dijadikan sebagai spot nature photography yang hasilnya membuat siapapun ingin mengunjunginya.  Uniknya lagi di sekitaran kolam ada pasir yang berwarna coklat yang serasa berada di pinggiran pantai. Ditambah lagi lebatnya pepohonan disamping kiri dan kanan akhirnya membetuk payung alami yang sangat meneduhkan. Selain kamu bisa berendang merasakan segarnya air, kamu juga bisa nge-camp di pinggiran sungai agar lebih dekat lagi dengan alam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Lubuk Leban, dan berada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

10. Air Terjun Pahatan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui adanya air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Pelawi, yakni Air Terjun Pahatan namanya. Tidak terlalu tinggi sebenarnya dan kurang dari 10 meter. Akan tetapi ada yang sangat menarik dengan air terjun ini, yakni kolamnya yang cukup luas dengan kedalaman yang sedang akan membuat wisatawan serasa dimanjakan oleh alam. Pepohonan nan hijau mengelilingi kolam Air Terjun Pahatan, dan juga adanya bebatuan yang ada di dekat air terjun biasanya sebagai spot jumping para traveler. Bisa juga kamu mencoba untuk berkemah di area air terjun agar lebih dekat dengan alam. Secara administratif Air Terjun Pahatan ini berada di Kecamatan Baturaja dan berada di tengah-tengah dari keempat desa yang masuk di dalam Bukit Pelawi.

11. Air Terjun Pisang


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Lokasi air terjun ini cukup dekat dengan Air Terjun Kambas, tepatnya berada di sungai bawahnya. Jadi aliran airnya juga bersumber dari Air Terjun Kambas. Meskipun tidak setinggi Air Terjun Kambas, Air Terjun Pisang ini memiliki pesona tersendiri. Dipayungi oleh dedaunan yang berada di kanan dan kiri air terjun, semakin terlihat jelas kecantikan air terjun ini. Hiasan bebatuan yang berada di pinggir dan di tengah sungai bisa menjadi background nature photography yang tiada duanya. Meskipun kolamnya tidak begitu lebar dan dalam, tapi sangat asyik sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan untuk berendam dan bermain air. Secara administratif, air terjun ini masuk di Desa Kelumpang, dan berada di wilayah Kecaman Ulu Ogan.

12. Air Terjun Siang Bulan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Jaraknya hanya sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari Baturaja, tepatnya di Desa Ulak Lebar yang masih berada di dalam Kecamatan Ulu Ogan. Air Terjun Siang Bulan ini memiliki ketinggian hampir 10 meter dengan tebing yang kokoh dan juga terjal. Air terjunnya cukup lebar, dan inilah yang memang disukai oleh kebanyakan wisatawan, mencoba merasakan mandi di bawah shower alami. Airnya sangat jernih dan juga cukup dingin yang mengalir ke kubangan sungai yang tidak begitu besar, tetapi tetap cukup untuk berendam. Untuk meuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup mudah karena jaraknya sangat dekat beberapa meter saja dengan perkebunan milir warga setempat.

13. Air Terjun Suku Indah


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Masih tergolong sepi pengunjung karena memang belum begitu banyak yang mengetahui akan keberadaan Air Terjun Suku Indah. sangat berbeda dari air terjun kebanyakan, Air Terjun SUku Indah ini berkontur landai dan tidak terjal. Jadi siapapun bisa mendakinya hingga ke puncak air terjun. Aliran airnya sangat deras hingga memenuhi kolam-kolam kecil di bawahnya. Ornamen bebatuan dan juga ranting dahan yang penuh dedaunan seakan menjadi payung bagi air terjun ini. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Dan lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh, yang hanya membutuhkan beberapa menit saja berjalan kaki. Terletak di Desa Bedegung, yang berada di wilayah Kecamatan Semidang Aji.

14. Air Terjun Sundingan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Suasana yang begitu alami dan juga asri benar-benar tersaji di Air Terjun Sundingan atau Air Terjun Mindanan ini. Bahkan di area air tejrun masih banyak batang kayu besar yang berserakan yang kemungkinan terseret arus sungai. Air terjun ini tergolong cukup tinggi yang pasti ketinggiannya lebih dari 10 meter. Membutuhkan stamina yang cukup ekstra memang untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, setidaknya harus berjalan kaki menyusuri kebun dan juga lebatnya pepohonan. Tetapi rasa lelah tetap hilang seketika setelah sampai di Air Terjun Sundingan ini. Secara administratif air terjun ini masuk masuk di wilayah Kecamatan Muara Jaya.

15. Air Terjun Talang Aman


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Mungkin masih banyak traveler yang belum tahu air terjun yang dekat banget dengan perkotaan tepatnya hanya beberapa menit saja dari Polres Kabupaten OKU. Namanya Air Terjun Talang Aman, eksotismenya tak kalah dengan air terjun-air terjun yang ada di pelosok atau di tengah hutan. Bahkan suasana sekitarnya pun juga sangat asri, begitu juga dengan airnya yang sangat jernih serta beberapa kolam yang bisa memanjakan kamu dengan berendam. Uniknya lagi di lokasi yang berdekatan juga terdapat beberapa airt terjun lagi yang sama-sama memiliki keunikan. Mungkin kedepannya bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa lebih banyak lagi menyedot wisatawan untuk datang.

16. Air Terjun Tembulun


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Cukup unik juga Air Terjun Tembulun ini yang berada di perbukitan tapi konturnya tidak terjal. Dengan ketinggiannya yang hampir 30 meter ini ada beberapa tingkatan air terjun yang konturnya landai. Bahkan sangat memungkin kamu untuk berada di tingkatan pertama dengan hanya berjalan di pinggir air terjun. Kamu juga bisa bersantai menikmati panorama sekitar air terjun di gazebo yang telah disediakan tepat di tingkar paling atas air terjun. Kolam di bawah air terjun cukup dalam, hampir 4 meter jadi untuk pemula atau yang tidak bisa berenang dilarang bermain di kolam yang juga ckup lebar. Rapatnya pepohonan serta dedaunan nan hijau semakin membuat sejuk kasawan tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tidak begitu jauh dan hanya beberapa menit saja menuju lokasi air terjun yang ada di Desa Tanjung Kurung, yang berada di Kecamatan Semidang Aji.

17. Air Terjun Tengah


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Aliran airnya sama dengan Air Terjun Kambas, yang lokasinya berada di bawahnya. Meskipun masih kalah tinggi dengan Air Terjun Kambas, tetapi debit airnya sama-sama besar. memang tidak memiliki kolam yang besar, tapi aliran sungai di bawahnya serta adanya kubangan bebatuan tetap bisa menjadi spot berendam yang nyaman. Rimbunanya pepohonan yang berada di samping kanan dan kiri air terjun dan sungai membuat suasana semakin begitu adem dan nyaman buat bersantai. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini masih berada di Desa Ulak Lebar, yang juga masih di dalam Kecamatan Ulu Ogan.

18. Arung Jeram Sungai Ogan


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Salah satu potensi yang luar biasa yang dimiliki Kabupaten OKU adalah wisata olahraga, seperti arung Jeram Sungai Ogan. Begitu panjangnya Sungai Ogan dan juga derasnya aliran airnya cukup eman jika tidak dinikmati atau digunakan sebagai arung jeram. Kamu bisa memulai arung jeram di Sungai Ogan dari Desa Padang Bindu yang berada di Kecamatan Semidang Aji sampai ke Kota Baturaja. Arusnya cukup deras yang akan menjajal adrenalin kamu, dan selain itu kamu juga akan disuguhi pesona alam pedesaan yang ada di Kabupaten OKU, pepohonan rindang, hijaunya areal persawahan dan perbukitan. Sangat wajar akhirnya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang mampu menyedot perhatian wisatawan yang datang dari luar Kabupaten OKU.

19. Arung Jeram Sungai Ogan Mendingin


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Jika kamu ingin menikmati indahnya Sungai Ogan tepat di hulu sungainya maka kamu harus mengunjungi Desa Mendingin. Benar-benar sungguh memukau dan berpotensi menjadi desa wisata jika dikembangkan lebih lanjut. Tidak hanya arus dari Sungai Ogan saja yang bisa kamu nikmati tapi juga pesona alam hutan yang menyimpan begitu banyak jenis flora dan juga fauna di dalamnya. Terkadang kamu bisa menemui monyet putih dan berbagai suara indah burung yang ada di hulu Sungai Ogan. Kamu akan melewati tebing yang ditumbuhi pepohonan nan hijau dan juga areal persawahan yang menghijau selama berarung jeram. Dan untuk jaraknya berarung jeram bisa mencapai 15 km yang berawal dari Desa Mendingin hingga ke Kota Baturaja. Tempat wisata di Sumatera Selatan tepatnya berada di Desa Mendingin, yang masih masuk di dalam Kecamatan Ulu Ogan.

20. Arung Jeram Sungai Saka



Kabupaten OKU memang memiliki potensi wisata olahraga arung jeram yang sangat luar biasa dan slah satunya adalah olahraga arung jeram. Hampir ada beberapa sungai yang ada di Kabupaten OKU bisa dijadikan spot untuk rafting, karena arusnya yang cukup deras dan juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Selain Sungai Ogan, ada Sungai Saka yang terletak di Desa Negeri Sindang, yang masih di wilayah Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Memang tergolong baru beberapa tahun saja menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang sangat wajib dikunjungi bagi yang suka olahraga arung jeram. Tetapi kedepannya akan lebih banyak lagi minat wisatawan yang akan mengunjungi Desa Negeri Sindang yang ingin menaklukkan keganasan arus Sungai Saka.

21. Bukit Balau


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Salah satu destinasi wisata favorit warga Baturaja dan juga warga OKU adalah Bukit Balau. Inilah spot terbaik untuk menikmati keindahan beserta sunrise yang sangat menawan. Memang kamu harus nge-camp dulu di puncak Bukit Balau agar semakin dekat dengan alam.  Pepohonannya yang rindang, serta panorama perbukitan menjadi sajian utama tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Tak heran jika akhir minggu sudah dipenuhi anak-anak muda yang ingin nge-camp dan menikmati keindahan sunrise di pagi harinya.

22. Bukit Kapur


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Lokasinya cukup dekat dengan Kota Baturaja, yang hanya beberapa kilometer dengan lama tempuh sekitar beberapa jam saja. Bukit Kapur benar-benar menjanjikan keindahan alam yang jempolan. Memang waktu yang paling tepat adalah menjelang senja, kamu akan disuguhi panorama sunset yang sungguh memukai di Bukit Kapur. Temaram cahaya matahri yang mulai surut di balik perbukitan menjadi background selfie yang sangat eksotis. Cukup sering wisatawan yang datang di tempat wisata di Sumatera Selatan ini selalu nge-camp semalam agar lebih dekat lagi dengan alam. Untuk lokasinya sendiri, berada di Air Karang, Tanjung Baru.

23. Bukit Khiang


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Pengin menghirup udara segar nan bersih, sembari menikmati hijaunya persawahan? Datang saja ke Bukit Khiang atau Bukit Puyang Rau yang berada di Desa Gunung Meraksa yang masih di dalam wilayah Kecamatan Lubuk Batang. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah siswa-siswa sekolah atau berbagai kegiatan Pramuka. Hal ini karena lokasinya juga mudah untuk diakses dan kendaraan juga bisa mendekati puncak Bukit Khiang. Maka ketika hari libur banyak sekalai wisatawan yang berada di bukit ini, untuk menikmati panorama alam perbukitan yang indah.

24. Bukit Puyang Rau Tengah


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Tidak hanya kaya akan air terjunnya saja, tapi Kabupaten Oku juga memiliki banyak destinasi wisata perbukitan, dan salah satunya adalah Bukit Puyang Rau Tengah. Waktu yang paling tepat di bukit ini adalah ketika masa tanam padi atau sebelum panen padi yang ada di Desa Tangsi, Kecamatan Pengandonan. Maka tidak hanya hijau perbukitan saja yang kamu lihat, tapi hijaunya areal persawahan berpadu dengan sungai yang ada di tengah-tengahnya menjadi pemandangan yang nyaris tiada duanya. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang spot terbaik untuk bersantai di sore hari. Dan yang tidak ketinggalan sudah pasti kewajiban selfie tidak boleh ditinggalin ya.

25. Bukit Pelawi


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Ingin mencoba lebih dekat dan menyatu dengan alam, kamu harus mengunjungi Bukit Pelawi yang sangat kaya akan flora dan juga faunanya. Cukup banyak hewan yang menghuni di kaki Bukit Pelawi, mulai dari macan dahan, kera dengan beberapa jenis, babi hutan, serta menjangan banyak hidup di kawasan Bukit Pelawi. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memiliki ketinggia 900 mdpl, jadi udara yang sangat sejuk bakal selalu menyelimutimu. Ketika berada di puncak Bukit Pelawi kamu tidak hanya disajikan panorama alam perbukitan saja, tapi Kota Baturaja sangat jelas terlihat dari ketinggian. Bukit Pelawi ini mencakup 4 desa yang ada di Kecamatan Baturaja, mulai dari Desa Laya, Desa Karang Agung, Desa Pusar, dan Desa Batu Kuning. Dan tak jauh dari Bukit Pelawi kamu bisa menemukan air terjun yang sangat eksotis, yakni Air Terjun Pahatan.

26. Curug Langgar


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Pemandian alam yang sungguh mempesona ini memang layak dijadikan tujuan utama ketika musim liburan. Kamu tidak hanya sekedar menikmati panorama alam yang ada di Desa Kungkilan, yang masih di daerah Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Yang sangat menarik di tempat wisata di Sumatera Selatan ini adlah kolamnya yang sangat luas juga kedalamannya yang sedang, sangat cocok memang menjadi wisata keluarga. Anak-anak juga bisa mainan air dengan menggunakan pelampung jadi lebih aman. Selain itu lokasi Curug Langgar ini juga bisa menjadi spot yang sangat bagus untuk fotografi. Karena memang alamnya masih sangat asri dengan dikelilingi pepohonan yang cukup lebat.

27. Danau Hijau Bukit Kapur


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Asal mulai terbentuknya Danau Hijau Bukit Kapur ini dikarenakan adanya pertambangan batu kapur yang ada di daerah Baturaja. Dan unik kubangan yang bekas galian tambang itu justru airnya berwarna hijau yang banyak dari pengunjung selalu menyempatkan selfie di pinggir danau yang airnya berwarna hijau tersebut. Selain itu di Bukit Kapur kamu bisa melihat panorama alama yang begitu indah, serta background ornamen bebatuan kapur ini juga selfieable banget. Yang pasti benar-benar banyak spot-spot indah yang bisa kamu jadikan sebagai spot selfie kekinian. Tak heran tempat wisata di Sumatera Selatan ini mendadak menjadi viral dan semakin banyak anak-anak muda yang mengunjunginya.

28. Goa Harimau


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Tidak hanya menghadirkan keindahan relief dinding goa dan juga dtalagmit dan stalagtit saja ketika kamu di Goa Harimau. Yang paling menarik adalah Goa Harimau ini dahulunya sebagai tempat tinggal Homo Sapien yang kemungkinan sudah 14 ribu tahun yang lalu. Banyak sekali ditemukan bukti-bukti adanya peradaban di Goa Harimau. Misalnya seperti tulang-tulang manusia, dan juga tulang binatang seperti monyet, gajah, babi, rusa, yang disinyalir dikonsumsi oleh Homo Sapien. Selain itu juga banyak ditemukan artefak, seperti alat pipisan, batu obsidian, dan juga alat penumbuk yang semuanya terbuat dari batu. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat menarik untuk dikunjungi dan konon katanya termasuk situs pra sejarah yang tertua di Indonesia. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Goa Putri, yang terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

29. Goa Putri


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Ada banyak keunikan yang ada di dalam Goa Putri ini, dan goa ini sudah menjadi destinasi wisata yang ikonik di Kabupaten OKU. Beberapa keunikannya adalah sebelum masuk ke goa wisatawan diharuskan untuk mengetuk dinding goa sebanyak 3 kali sebagai tanda salam kepada leluhur. Dan di dalam Goa Putri kamu akan menjumpai banyak bebetauan yang menyerupai manusia dan juga beberapa hewan. Di dalam goa juga ada sungai bawah tanah, yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa membuat wajah kamu awet muda. Jadi tunggu apalagi cepat ambil air lalu buat cuci muka agar awet muda yaa. Menurut sejarah, tempat wisata di Sumatera Selatan ini dahulunya memang digunakan sebagai tempat tinggal manusia pra sejarah. Karena didalamnya banyak sekali ditemukan berbagai tulang manusia, hewan, dan juga berbagai benda peninggalan yang menguat sebagai bukti tersebut. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Padang Bindu, yang berada di wilayah Kecamatan Semidang Aji.

30. Jembatan Ogan Baturaja


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Mungkin terlihat hanya seperti jembatan pada umumnya ketika siang hari sebagai akses untuk mempermudah warga tanpa harus menggunakan perahu atau rakit. Tapi ketika hari sudah mulai senja atau di malam hari, jembatan yang biasa di siang hari ini menjelma menjadi obyek yang sangat eksotis dengan siluet pencahayaan lampu di jembatan yang terlihat begitu cantik. Akhirnya di sekitaran Jembatan Ogan Baturaja ini menjadi tempat nongkrong untuk menghabiskan malam paling romantis mungkin di Kota Baturaja. Selain sebagai tempat nongkrong yang asyik, tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga bisa dijadikan spot fotografi untuk menghasilkan karya seni yang sangat indah.

31. Lesung Bintang


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Obyek wisata berikut ini tidak hanya menghadirkan panorama alam perbukitan saja, tapi juga sebagai wisata sejarah agar lebih mengenal asal usul Baturaja. Dan salah satu yang sangat menarik adalah ditemukannya lesung yang berbentuk bintang sebagai barang peninggalam dari Marga Bindung Langit Lawang Kulon. Selain ini jugada ada Batu Berukit dan batu yang lebih menyerupai bentuk telapak kaki. Dan benda-benda peninggalan ini benar-benar sangat berharga dan sangat layak untuk dijadikan sebagai benda cagar budaya. Selain wisata sejarah sudah pasti kamu akan melihat keindahan Baturaja dai tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Dengan berada di puncak Lesung Bintang kamu bisa melihat tata kota Baturaja. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Laya, yang masih berada di dalam Kecamatan Baturaja Barat.

32. Makam Puyang Pangeran Lambang


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Jika kamu sudah mengunjungi hampir semua destinasi wisata alam di Kabupaten Ogan Komering Ulu, sempat saja untuk berwisata ziarah. Ada salah satu makam yang ada di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan yang cukup sering dikunjungi oleh warga. Yakni Makam Puyang Pangeran Lambang, dan beliau ini adalah seorang Pangeran dari Desa Mendingin. Kebanyakan para peziarah berdoa di sekeliling makam, dan biasanya di hari-hari tertentu cukup ramai dikunjungi peziarah.

33. Museum Si Pahit Lidah


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan mulai dari era pra sejarah hingga Kerajaan Sriwijaya di Museum Si Pahit Lidah. Misalnya dari arca-arca yang ditemukan di berbagai belahan Kabupaten OKU dan juga berbagai peninggalan perdaban mulai Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan-Kerajaan setelahnya. Lokasinya sendiri berada di dekat Goa Putrid an juga Goa Harimau, tepatnya di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

34. Sungai Lengkayap


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Masih juga dalam satu aliran air sungai dengan Sungai Tanjung Lengkayap yang juga sangat indah dan cocok buat camping. Sedikit berbeda dengan Sungai Lengkayap yang ada di Desa Bandar, Kecamatan Sosoh Buay Rayap. Memang sangat minim rerumputan di pinggir sungainya, tapi bebatuan yang ada di pinggir sungai tidak kalah eksotisnya. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat cocok untuk berenang, berendam, dan juga aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan rakit atau perahu karet. Mungkin juga bisa kamu gunakan untuk pengambilan photo prewed, hijaunya air Sungai Lengkayap menambah kesan romantis keitka di cetak di kertas photo.

35. Sungai Mandi Hawa


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Unik dan juga eksotik, itulah Sungai Mandi Hawa atau Sungai Komering yang terletak di Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti. Yang sangat menarik adalah ornamen bebatuan yang ada di sungai yang sangat tertata oleh alam. Airnya yang sangat jernih dengan kedalaman sedang akan memanjakan siapapun yang data di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Bahkan tak jarang banyak wisatawan yang nyebur dari tingginya bebatuan, cukup mengasyikkan memang. Untuk lokasinya sendiri juga tidak begitu jauh dari Desa Tualang, yang hanya butuh beberapa menit saja untuk menuju pemandian alam. Selain spot pemandian alami juga sangat bagus sekali untuk dunia fotografi, karena keunikan bebatuan yang berapdu dengan jernihnya air sungai.

36. Sungai Saka Rantau Kumpai


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Di Desa Rantau Kumpai terdapat Sungai Saka yang pesonanya begitu indah dan menarik untuk dikunjungi. Air sungainya sangat jernih, dan terasa seperti berada di perbukitan atau pegunungan. Berjajarnya pepohonan nan hijau di sepanjang sungai semakin membuat suasana begitu asri. Aktifitas yang sangat menarik untuk dilakukan ketika berada di tempat wisata di Sumatera Selatan adalah nyebur. Kamu bisa mandi sepuasnya di Sungai Saka yagn tidak terlalu dalam dan bisa juga river tubing sembari menikmati alam pedesaan. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Rantau Kumpai, yang berada di dalam Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

37. Sungai Tanjung Lengkayap


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu

Keindahan Sungai Tanjung Lengkayap ini sungguh memukau, siapapun yang datang mengunjunginya akan dibuat takjub akan panorama alamnya yang nyaris tiada duanya. Aliran sungainya yang sangat jernih dengan riaknya yang sangat tenang, berpadu dengan rerumputan nan hijau di pinggirnya membuatnya begitu indah dipandang mata. Dan hampir sepanjang sungai ditumbuhi pepohonan yang cukup rapat dan menjulang tinggi. Tak jarang banyak wisatawan yang nge-camp di pinggiran sungai sembari memancing ikan tawar yang hidup di Sungai Lengakyap. Aktifitas seperti menyusuri sungai menggunakan perahu karet akan membuat pengalaman wisata kamu semakin berkesan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti.

38. Taman Kota Baturaja


38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu


Liburan kamu tidak akan lengkap ketika berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu tanpa mengunjungi destinasi wisata ikonik Taman Kota Baturaja. Dulunya taman kota ini adalah lapangan sepak bola lalu dirombak dan dijadikan Taman Kota Baturaja. Dengan berubahnya fungsi tersebut justru memberikan dampak yang sangat positif bagi warga. Setidaknya memberikan kesempatan bagi para pedagang untuk mengais rejeki di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Cukup banyak fasilitas yang ada di dalam taman kota ini, seperti tersedianya hostpot gratis dan jug ataman bermain anak-anak. Dan tidak ketinggalan wisata kuliner banyak tersaji di pinggiran Taman Kota Baturaja.
sebelum anda ke oku mungkin anda ingin mampir terlebih dahulu ke wisata di prabumulih

Post a Comment for "38 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru 2020"