Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Agar Tidak Berhenti Menulis Artikel

6 Cara Agar Tidak Berhenti Menulis Artikel

6 cara agar tidak berhenti menulis artikel
cari ide dimana bos

Cara Agar Tidak Berhenti Menulis Artikel

Kebahagian bagi anda seorang penulis dan content kreatif ialah pada saat anda memiliki ide yang mengalir bagaikan air jernih di sungai yang bersih dan terawat. Di dalam air tersebut terdapat banyak ikan yang sesekali muncul di permukaan. Belum lagi dari suara gemericik air yang mengalir. Yang akan membuat anda selalu tertarik untuk terus mendekat dan menyentuhnya. Begitu juga dengan ide anda yang akan membuat jari jemari tangan anda terus menulis dan membuat artikel seakan-akan anda sangat menikmati akan tulisan anda tersebut. Jika anda saja menikmati artikel yang anda buat begitu juga dengan para pembaca anda.

Namun demikian dalam keadaan nyatanya, terkadang moment tersebut tidak muncul begitu saja. Bahkan terkadang anda bisa berhenti membuat artikel atau berhenti dalam mencari ide menulis. Jika pun ada ide untuk menulis karena anda tidak menikmati proses pembuatannya hasilnya artikel anda seperti ada yang kosong atau hampa datar begitu saja tidak ada interaksi dengan para pembaca artikel anda. bahkan artikelnya pun menjadi tidak berisi dan bermakna. Jika sudah demikian bagaimana dengan para pembaca artikel anda?.
Terkadang ide menulis itu muncul begitu saja disemua pikiran kepala anda semua. Namun juga ada saat anda mengalami kebuntuan untuk membuat dan menulis artikel anda. terus jika anda sudah mengalami kebuntuan anda  perlu mendapatkan dan menerapkan tips dari saya ini. Insya allah anda tidak akan mengalami berhenti menulis artikel anda. sehingga pengunjung akan senantiasa kembali dan membaca update dari blog anda. ada 5 cara agar tidak berhenti menulis artikel tersebut.

1. Kenalilah dimana ide anda biasa muncul

6 cara agar tidak berhenti menulis artikel
nulis aja susah
Cara yang pertama ialah anda harus mengenal diri anda terlebih dahulu. Pada saat apa saja anda banyak mendapatkan ide untuk menulis artikel. Dalam situasi dan kondisi seperti apa anda menemukan cara agar bisa menulis artikel. Terkadang ada orang yang bisa menemukan ide ditempat yang penuh keramaian ada juga yang membutuhkan tempat yang sepi dan menyendiri agar bisa mendapatkan ide untuk menulis artikel. Jika memang anda masih saja tidak  menemukan ide tersebut maka anda mungkin perlu waktu untuk bersantai sejenak keluar dari rumah anda dan pergi jalan-jalan ke entah beratah ke tanah yang belum anda kunjungi.

2. Catatlah ide anda yang muncul untuk dijadikan artikel

Terkadang anda mendapatkan bahan atau ide untuk menulis artikel secara tidak terduga. Bahkan sejuta ide judul artikel muncul dikepala anda. namun hal ini bisa berlalu begitu saja tanpa meninggalkan kesan atau bekas sedikit pun dikepala anda. hal ini akan anda jumpai pada saat anda hendak membuat artikel yang berada didepan laptop atau handphone seketika ide anda yang muncul tadi hilang entah kemana. Jika sudah demikian semua ide dari hasil pemikiran anda tadi menjadi percuma. Oleh karena itu agar anda mengingat dan tidak hilang anda catatlah semua ide yang muncul dikertas ataupun bisa di note handphone anda.

3. Ketauhi Jam Produktif menulis artikel anda

6 cara agar tidak berhenti menulis artikel
konsentrasi bos
Ada orang yang terbiasa menulis dan membuat artikel pada pagi hari, ada juga pada siang hari bahkan ada yang malam hari semua tergantung pada diri pribadi orang tersebut. Begitu juga dengan anda ketauhi jam produktif yang paling efektif bagi anda untuk menulis dan membuat artikel anda. namun saran saya jika jam produktif anda membuat artikel pada malam hari jangan sampai terlarut malam karena akan menggangu kesehatan dan aktifitas anda diesok hari. Jam malam yang efektif membuat artikel ialah dari jam 08.30 sampai jam 10.30 selebihnya gunakan waktu anda untuk beristiharat agar pikiran dan tubuh anda menjadi fresh pada esok paginya.

4. Simpan ide anda jika belum bisa dibuat artikel

Jika anda sudah mencatat ide menulis artikel anda, namun anda masih belum bisa mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah artikel yang baik maka simpanlah ide tersebut didalam handphone atau laptop. Yang mungkin diwaktu senggang anda berikutnya anda bisa membuka kembali file tersebut dan kemudian anda melanjutkannya kembali menulis dengan membuat kerangka terlebih dahulu.

5. Bergabunglah dengan komunitas penulis

Agar ide dan gaya penulisan anda tidak begitu-begitu saja anda harus bergabung dengan komunitas penulis agar anda mendapatkan sesuatu hal yang baru yang belum anda temui saat anda hanya menulis artikel sendiri. Selain itu juga dengan bergabung dengan komunitas akan ada orang yang akan membantu anda baik menyemangati anda maupun membantu memecahkan permasalahan yang anda hadapi dalam menulis. Begitu juga dengan semangat anda akan sangat terpacu untuk menulis karena ada saingan dengan para anggota.

6. Jadwalkan artikel yang akan dipublish

Jika anda terkadang masih mengalami kebuntuan untuk menulis, maka saran dari saya ialah pada saat anda memiliki banyak ide dan waktu anda untuk membuat artikel. Maka simpanlah beberapa artikel yang anda miliki agar pada saat anda mengalami kebuntuan untuk menulis anda masih memiliki stock untuk mengupdate blog atau pun website anda.
Itu saja untuk pembahasan kali ini dari saya. Hal tersebutlah yang biasa saya lakukan ketika saya mengalami kebuntuan untuk membuat sebuah artikel. Bagaimana dengan anda sendiri jika mengalami kebuntuan? Apa yang biasa anda lakukan?.

1 comment for "6 Cara Agar Tidak Berhenti Menulis Artikel"

  1. betul gan, waktu produktif memang diperlukan agar artikel jadi bagus

    ReplyDelete