Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir 2020

Kabupaten ini dimulai dari tahun 2003 dari hasil pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Asal mula dinamakan Kabupaten Ogan iIlir karena berada di aliran Sungai Ogan, salah di bagian hilir, jadilah Ogan Ilir. Sungai Ogan ini salah satu sungai terbesar dari sembilan sungai yang berada di Kabupaten Ogan Ilir. Sudah bisa dipastikan banyak destinasi wisata air yang ada di Kabupaten yang pusat kotanya di Indralaya. Dan berikut ini tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.


Wisata di Ogan Ilir Terbaru

1. Agro Techno Park


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik yang berada di Indralaya, Ogan Ilir adalah Agro Techno Park. Inilah pengembangan agrowisata yang berbasis teknologi yang hingga kini terus dikembangkan. Mulai dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan menjadi terpadu di Agro Techno Park. Selain pengembangan di sektor tersebut juga bisa menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa dijadikan tempat untuk edukasi sekaligus berwisata. Wisatawan yang datang akan dikenalkan dengan berbagai macam pengembangan di sektor pertanian, perkebunan dan lain-lainnya yang ada di Agro Techno Park.

2. Danau Teluk Putih


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Wisata air memnag menjadi primadona di Kabupaten Ogan Ilir, dan salah satunya adalah Danau Teluk Putih yang terletak di Sakatiga yang masih di Kecamatan Indralaya. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga untuk relaksasi. Sembari bersantai di bawah mohon menikmati hembusan angin dari Danau Teluk Putih. Ketika senja mulai tiba, sangat cocok memang untuk menyusuri danau menggunakan perahu yang ada di sekitaran danau milik warga. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, namun sayang fasilitas untuk bermain di air belum terpenuhi.

3. Danau Teluk Seruo


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Tempat wisata di Sumatera Selatan berikut ini menjadi destinasi andalan yang dimiliki Kabupaten Ogan Ilir, Danau Teluk Seruo namanya. Tak lengkap wisata kamu jika berkunjung di Ogan Ilir tanpa mengunjungi Danau Teluk Seruo, karena memang cukup ikonik. Bagi kalangan anak muda Ogan Ilir, danau ini menjadi spot selfie kekinian dengan background warna air danau yang membiru semakin cantik foto kamu. Di obyek wisata ini juga dilengkapi jogging track, pedestrian, dan juga spot bersantai menikmati keindahan danau. Namun sayang wahana permainan airnya hingga kini belum ada, padahal bisa lebih banyak menyedot wisatawan lagi. Lokasinya cukup berdekatan dengan Kompleks Perkantoran Pemerintah, yang berada di daerah Tanjung Senai.
mungkin juga nantinya ingin berkunjung ke wisata ogan komering ilir.

4. Makam Arya Penangsang15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020


Ada yang menarik di Kabupaten Ogan Ilir, yakni adanya Makam Arya Penangsang di Indralaya, Ogan Ilir. Padahal banyak masyarakat Jawa yang meyakini bahwa Arya Penangsang itu mati terbunuh. Akan tetapi berdasarkan cerita masyarakat di Ogan Ilir, Arya Penangsang hijrah ke Sumatera Selatan hingga akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Indralaya. Arya Penangsang sempat mengganti namanya menjadi Sariman Raden Kuning. Di makam tersebut juga berbaring istrinya yang bernama Siti Rukiah. Kini makam tersebut menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khusunya wisata sejarah yang memang masih simpang siur terutama bagi masyarakat tanah Jawa.

5. Makam Pangeran Sido Ing Rajek


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Inilah makam Raja Palembang XI yang dikebumikan di Sakatiga. Dalam sejarahnya, beliau diangkat menjadi Raja Palembang setelah menggantikan ayahnya yang bernama Pangeran Sido Ing Pasarean pada tahun 1653 – 1659 M. Pangeran Sido Ing Rajek ini sangat berani dalam melawan kolonialisme Belanda sejak itu. Dan melakukan berbagai pertempuran dengan Belanda, tapi pada tahun 1659 Keraton Kuto Gawang tempat singgasananya hancur, dan beliau akhirnya berpindah ke Sakatiga dan menjadi Sultan Indralaya. Makam ini juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata ziarah yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

6. Masjid Al-Falah


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Bangunan masjid yang masih kokoh berdiri hingga kini dibangun pada abad 13 oleh K.H Abdul Hamid yang lebih dikenal dengan Usang Sang Sungging. Dan beliau ini adalah keturunan dari salah satu Kerajaan di Pulau Jawa. Karena beliau memiliki keahlian mengukir da juga memahat, maka dibuatlah sebuah masjid, yang kini dikenal dengan Masjid Al-Falah. Yang sangat menarik pada masjid ini adalah pada kubahnya yang terdapat ukiran yang sangat artistik. Selain menjadi tempat peribadahan Masjid Al-Falah juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan khususnya wisata religi bagi umat Islam. Lokasi masjid terletak di Kelurahan Tanjung Batu.

7. Masjid Bajumi Wahab


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Nama Masjid Bajumi Wahab ini diambil dari nama seorang pengusaha yang sangat terkenal di Palembang yang mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid. Dan yang membangun masjid itu sendiri juga anak turunnya dari H. Bajumi Wahab sebagai bentuk terima kasih dan juga penghormatan kepada ayahnya. Masjid yang sangat indah ini akan membawa kamu terasa di tanah Arab, karena ada banyak pohon kurma yang tumbuh di lingkungan masjid. Selain itu suasana klasik sangat terlihat dengan masih adanya areal persawahan dan juga rumah ada yang tidak jauh dari lingkungan masjid. Masjid yang juga menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan ini khususnya wisata religi umat Islam cukup ikonik dan menjadi identitas Kabupaten Ogan Ilir.

8. Monumen Perjuangan Rakyat


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Tak lengkap rasanya ketika kamu berkunjung di Kabupaten Ogan Ilir tanpa menyempatkan diri untuk mengunjungi saksi bisu dari perjuangan rakyat Ogan Ilir. Inilah sebuah bukti bahwa banyak masyarakat Ogan Ilir yang mempertaruhkan nyawa dalam melawan kolonialisme Belanda waktu itu. Kamu bisa mendokumentasikannya dengan selfie pastinya, karena memang cukup menarik. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup bersih dengan rerumputan hijau di bawahnya dan dengan patungnya yang memakai pedang menggambarkan begitu berapi-apinya para pejuang kala itu.

9. Pantai Jodoh


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020
Tambahkan teks

Jika dilihat dari kejauhan memang sangat mirip dengan pantai pada umumnya. Hamparan pasirnya yang cukup luas, serta berjajarnya pepohonan di pinggiran membuatnya terlihat benar-benar seperti pantai. Ada cerita unik tentang Pantai Jodoh ini, yakni setiap pasangan muda-mudi yang mengunjungi pinggiran sungai di Kelurahan Tanjung Raja ini hubungannya akan langgeng dan akan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Dan memang seperti itulah adanya banyak pasangan yang tetap langgeng seperti sekarang. Mungkin tempat wisata di Sumatera Selatan ini sangat tepat jika menjadi spot pengambilan foto prewed, selain hasil photo dengan background sungai yang eksotis, dan juga melanggengkan hubungan pernikahan. Lokasi tepatnya berada tidak jauh dari pusat Kecamatan Tanjung Raja, yang hanya berjarak sekitar 600 meter.

10. Pantai Supi


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Sungai Pinang yang cukup lebar dengan hamparan pasir yang sangat luas di pinggirnya akhirnya mendapatkan julukan Pantai Supi. Hal ini dikarenakan hamparan pasir sungai yang cukup luas bak pantai pada umumnya. Inilah tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi favorit para wisatawan lokal. Wisatawan bisa bermaianan air di pinggiran sungai atau melakukan segala aktifitas di atas pasir sungai yang hampir sama lembutnya dengan pasir pantai. Airnya cukup jernih jadi memang layak untuk berenang atau hanya sekedar berendam menikmati panorama Sungai Pinang. Lokasinya terletak di Desa Sungai Pinang 1 yang masih berada di Kecamatan Tanjung Raya.

11. Sungai Ogan


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020

Tak lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Kabupaten Ogan Ilir tanpa menyusuri Sungai Ogan yang menjadi dasar nama Kabupaten Ogan Ilir. Kamu bisa menyewa perahu motor milik warga seputaran Sungai Ogan menyusuri ke arah desa, makam kamu akan disuguhi panorama pinggiran Sungai Ogan yang cukup mempesona. Lebih lengkap lagi jika kamu sembari memancing ikan-ikan yang hidup di Sungai Ogan. Atau hanya sekedar berada di pinggiran Sungai Ogan menikmati hembusan semilir angin Sungai Ogan.

12. Tanjung Putus


15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020



Destinasi wisata alternatif bagi warga Indralaya, yakni Tanjung Putus. Cukup menarik sebenarnya di kawasan Tanjung Putus ini, karena ketika musim penghujan akan dipenuhi air dan menjadi danau dadakan karena lokasinya yang berada di dataran rendah. Tapi ketika musim kemarau berubah menjadi padang rumput nan hijau yang cukup luas, membuat siapapun bisa melakukan berbagai aktifitas di tempat wisata di Sumatera Selatan ini. Waktu terbaik memang ketika hari mulai senja bisa menjadi spot untuk bersantai bersama keluarga menikmati indahnya senja di Tanjung Putus.

13. Makam Pahlawan Said Umar Baginda Sari

Said Umar Baginda Sari adalah tokoh penyebar agama islam di daerah Tanjung Batu. Dalam kegiatan sehari-hari, disamping mengajarkan gama Islam, Said Umar Baginda Sari juga berdagang. Selanjutnya dari sini agama Islam menyebar ke daerah-daerah lain.

Mahkam Pahlawan Said Umar Baginda Sari beralamatkan di  Tj. Atap, Tj. Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30664.

14. Universitas Sriwijaya

Ya memang ini adalah Universitas. Akan tetapi, tidak sedikit dari penduduk kabupaten ogan ilir yang mengklaim bahwa Universitas Sriwijaya merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi.

Setiap sorenya, baik hari libur maupun tidak sangat banyak orang yang berkunjung ke Universitas Sriwijaya untuk bersantai, berolahraga, kumpul komunitas, dan tidak sedikit mahasiswa-mahasiswa yang membuka stand jualan.

15. Danau Lebung Karangan

 Masih dalam kategori wisata perairan, Danau Lebung Karangan menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Akan tetapi, warga setempat mengatakan tempat ini mulai tidak layak untuk dijadikan tempat wisata. hal ini dikarenakana akses jalan ke Danau Lebung Karangan yang kurang mendukung.

Akan tetapi, kalau kalian beramai-ramai sangat disarankan untuk mampir kesini. Terlepas dari sejuk nan asri, aura alamnya terasa banget.

Danau Lebung Karangan beralamatkan Di desa Sejaro Sakti Kecamatan Indra Laya, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan.


bosan dengan wisata di ogan ilir mungkin anda perlu mencoba datang ke wisata di kabupaten Oku

Post a Comment for "15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ogan Ilir TERBARU 2020"